Tanggal:18 May 2024

Rekomendasi Bank Tanpa Biaya Admin, Dijamin Ramah di Kantong!

Salah satu produk perbankan yang paling lama dan tetap diminati oleh nasabah hingga sekarang adalah tabungan. Tabungan bank menjadi alternatif yang menarik karena memiliki jaminan keamanan yang baik dan mudah. Saat ini banyak produk tabungan bank tanpa biaya admin yang ditawarkan oleh berbagai bank di Indonesia, namun sebagai nasabah kamu harus jeli dalam memilih produknya.

Semakin beragamnya produk tabungan saat ini, maka akan beraneka ragam pula fitur dan keunggulan yang ditawarkan oleh produk tersebut. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah ada atau tidaknya biaya admin pada produk tabungan. Karena, tentunya biaya admin memiliki peranan penting selama kamu menabung.

Ada beragam produk bank yang nggak memberlakukan biaya administrasi bulanan. Tentu hal ini akan menarik karena nasabah bisa lebih menghemat dalam menabung. Dengan begitu, kamu nggak perlu takut uang yang ada di rekening dipotong biaya admin. Untuk lebih lanjut, berikut adalah ulasan mengenai daftar bank tanpa biaya admin yang ramah di kantong!

Daftar bank tanpa biya admin yang ramah di kantong. (Image: freepik)

1. TabunganKu

Dari berbagai macam produk tabungan di Indonesia, Tabunganku adalah salah satu produk tabungan yang memiliki syarat paling mudah dan batasan nominal setoran yang paling merakyat. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) memberikan kemudahan kepada para nasabah dengan menyediakan produk rekening TabunganKu tanpa dikenakan biaya administrasi bulanan dan saldo minimal rekening adalah Rp 20.000 serta setoran selanjutnya adalah minimal Rp 10.000. 

Meski sifatnya yang merakyat, tabungan ini dapat dimiliki siapa saja, baik dengan nominal kecil maupun besar. Jadi, apabila punya dana besar yang bisa ditabung, kamu nggak perlu malu untuk menabung di TabunganKu.

TabunganKu merupakan produk pemerintah yang diselenggarakan bank-bank yang ada di Indonesia dengan memakai aturan standarisasi yang telah ditetapkan Bank Indonesia (BI). Aturan tersebut termuat dalam fitur mandatory yang harus ditetapkan secara seragam oleh semua bank yang menyelenggarakan TabunganKu. Aturan tersebut berisi tentang minimal setoran awal, minimum setoran tunai, saldo minimum, dan sebagainya. Berikut adalah daftar fitur standar yang dimiliki TabunganKu:

  • Bebas biaya administrasi bulanan, penggantian buku tabungan, dan biaya penarikan.
  • Pembukaan rekening minimal setoran awal Rp 20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp 10.000 (BPR).
  • Minimal setoran tunai Rp 10.000.
  • Saldo minimum Rp 20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp 10.000 (BPR).
  • Biaya penalti saldo dorman Rp 2.000 per bulan (bank umum dan syariah) dan Rp.1.000 (BPR). Saldo dorman merupakan rekening yang tidak melakukan transaksi (pasif) selama enam bulan berturut-turut.
  • Minimal penarikan tunai di konter Rp 100.000 (bank umum dan syariah) dan Rp 50.000 (BPR).
  • Biaya penutupan rekening atas inisiatif sendiri Rp 20.000 (bank umum dan syariah) dan Rp 5.000 (BPR)
  • Ada bunga serta bonus hadiah jika beruntung.

Aturan di atas merupakan kategori fitur customized yang berarti berlaku di semua bank penyelenggara produk TabunganKu. Namun, setiap bank penyelenggara bisa juga menambahkan fitur-fitur lainnya, seperti lembar statement ataupun layanan jasa perbankan lainnya. Itulah mengapa terkadang setiap bank yang menyelenggarakan program tabunganKu memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda-beda.

2. Maybank Tabungan Women One

Maybank menyasar kalangan segmen para wanita untuk produk tabungan Women One. Setoran awal untuk membuka rekening ini adalah Rp 2.500.000 dengans setoran minimal selanjutnya adalah Rp 50.000. Saldo minimum untuk jenis produk tabungan ini sebesar Rp 2.000.000 dan saldo yang ditahan sebesar Rp 50.000.

Jika saldo tabungan di bawah minimum, akan dikenakan biaya sanksi administrasi sebesar Rp 15.000. Tarif atau biaya lain pada rekening ini antara lain adalah biaya penutupan rekening sebesar Rp 15.000 dan biaya dorman sebesar Rp 50.000.

Baca juga| Apa Itu Rekonsiliasi Bank?

3. OCTO Saver

CIMB Niaga meluncurkan produk tabungan OCTO Saver dengan kelebihan tanpa biaya administrasi bulanan. Produk ini diklaim bebas administrasi bulanan dengan setoran awal yang terjangkau, hanya dengan Rp 100.000. Setoran selanjutnya adalah minimal Rp 50.000. Bukan hanya itu, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan produk ini, yaitu:

  • Keuntungan 20x bebas biaya tarik tunai di ATM bank lain.
  • Layanan 20x bebas biaya transfer ke bank lain melalui OCTO Clicks dan OCTO Mobile.
  • Fitur 20x bebas biaya top-up e-wallet melalui OCTO Clicks dan OCTO Mobile.
  • Free banking features (transfer, tarik, top-up) jika saldo akhir bulan sebelumnya minimal Rp 2.000.000.

4. PermataMe

Permata memiliki produk tabungan unggulan yaitu PermataMe. Tabungan ini diklaim bebas dari biaya administrasi bulanan dengan proses pembukaan rekening yang praktis hanya dengan aplikasi PermataMobile X saja.

Tidak hanya itu, nasabah PermataMe juga bisa menikmati cashback sebesar 10% untuk setiap transaksi transportasi online, cashback 20% untuk belanja online, dan cashback 30% untuk transaksi nonton bioskop atau minum kopi.

Tabungan adalah salah satu produk bank yang paling banyak digunakan oleh konsumen. (Image: Freepik)

5. Danamon LEBIH

Produk bank tanpa biaya administrasi bulanan lainnya adalah Bank Danamon dengan produk Danamon LEBIH. Dalam hal ini kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan atau penalti apabila saldo rata-rata rekening di atas Rp 1.000.000.

Setoran awal produk ini adalah minimal Rp 250.000 dan saldo yang ditahan sebesar Rp 50.000, sedangkan saldo minimal yang harus ada di rekening adalah Rp 500.000.

6. Easy Wadi’ah

Bank Syariah Indonesia (BSI) juga menyediakan layanan rekening tanpa biaya admin dan nama produknya adalah tabungan Easy Wadi’ah. Saat membuka rekening, kamu hanya perlu biaya setoran awal minimal Rp 100.000. Adapun saldo minimalnya adalah sebesar Rp 50.000.

7. Bank Jago

Bank Jago merupakan salah satu bank digital yang nggak memberlakukan biaya admin. tidak hanya itu, Bank Jago juga membebaskan biaya pembukaan, biaya penutupan, biaya dorman, dan gratis transfer ke bank lain.

Dengan fitur tersebut, nasabah bisa jadi lebih diuntungkan, bahkan akan mendapat bunga dari uang yang ditabung. Adapun untuk suku bunganya sendiri terbilang besar, disadur dari laman resminya jumlahnya adalah sebesar 3,5% hingga 4%.

Baja juga| Apa Itu Mobile Banking? Pengertian, Fitur, Fungsi, Dan Cara Kerja

8. Cermat Ponsel

Bank yang memiliki produk tanpa biaya administrasi selanjutnya adalah BTN (Bank Tabungan Negara). Kamu bisa membuka rekening yang bernama Cermat Ponsel dari Bank Tabungan Negara untuk menikmati layanan gratis biaya administrasi. Bahkan produk ini tidak memberlakukan saldo minimal dan batasan tertentu. Setoran awalnya juga terbilang sangat murah, yakni nilai dari Rp 3.000 saja, sedangkan maksimal setorannya adalah Rp 20.000.000.

9. Digibank

DBS Indonesia memiliki produk Digibank yang memudahkan nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Bahkan nasabah juga memungkinkan untuk membuka rekening tabungan melalui aplikasi.

Digibank tidak memiliki biaya administrasi bulanan apabila saldo minimal nasabah adalah sebesar Rp 5.000. Sedangkan jika saldonya kurang dari Rp 5.000 akan dikenakan biaya penalti sebesar Rp.10.000.

10. Saving Plus

Bank Standard Chartered juga memiliki produk tabungan tanpa biaya admin yang bernama Saving Plus. Produk ini memang membebaskan biaya administrasi bulanan namun dengan catatan harus memenuhi ketentuan minimum Total Relationship Balance.

Keistimewaan lainnya yang ditawarkan tabungan Saving Plus dari Standard Chartered ini adalah:

  • Gratis transaksi melalui ATM di Indonesia maupun luar negeri.
  • Akses tanpa batas.
  • Fasilitas pembayaran tagihan dan pembelian pulsa.
  • Suku bunga yang dihitung secara progresif berdasarkan saldo harian nasabah.

Baca juga| 7+ Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Tanpa Biaya Admin

Nah, itu dia beberapa rekomendasi rekening tabungan tanpa biaya admin yang ramah di kantong. Tabungan yang sesuai tujuan keuangan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi kamu sebagai nasabah. karena itu, kamu harus merencanakannya terlebih dahulu tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Persiapkan sematang mungkin rencana tersebut. Lalu, cari tahu sebanyak dan secermat mungkin tabungan yang dirasa cocok dengan tujuan keuangan. Buatlah daftarnya dan pilih yang sekiranya memungkinkan tujuan keuangan dapat tercapai. 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *