Tanggal:20 July 2024

Begini Tata Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Orang Tua

Sedari kecil kita di rawat dan di besarkan dengan baik oleh orang tua kita. Tanpa kenal lelah dan rasa pamrih orang tua kita selalu melakukan hal-hal terbaik untuk kita. Mulai dari tumbuh kembang kita, pendidikan, dan semia keinginan kita di berikan oleh mereka. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita memperlakukan orang tua kita dengan sebaik-baiknya.

Seringkali kita terlibat pertentangan dengan orang tua. Mulai dari kesalahpahaman, maupun perbedaan pandangan. Walaupun begitu, tidak pantas untuk kita berbicara kasar dengan orang tua. Kita harus selalu berkomunikasi dengan mereka dengan menggunakan tutur kata yang baik. Komunikasi yang baik dengan orang tua itu penting. Karena orang tua adalah harta terbesar dalam hidup kita. Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana tata cara komunikasi yang baik dengan orang tua. Kamu bisa baca ulasan dibawah ini, simak ya!

8 Tata Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Orang Tua

1. Berkomunikasi Dengan Menggunakan Bahasa Yang Baik

Ilustrasi Tulisan Hello(pexels.com/maria tyutina)

Ketika berkomunikasi dengan orang tua kita harus berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik. Bahasa yang baik itu meliputi bahasa tubuh, nada bicara, dan pemilihan kata. Bahasa tubuh kita harus bisa serileks mungkin saat kita berkomunikasi dengan orang tua, hal ini akan membantumu untuk lebih dekat dengan orang tuamu.

Selanjutnya nada bicara, gunakan nada bicara yang lembut. Orang tua kita akan merasa tersinggung jika nada bicaramu tidak enak di dengar. Apalagi jika orang tua kita sudah memasuki usia senja, kondisi fisik dan emosi mereka juga sudah tidak lagi prima. Kamu sebagai harus paham dengan kondisi orang tuamu.

Kemudian gunakan kalimat yang mudah di pahami, jangan berbelit-belit. Dengan kamu menggunakan kalimat yang mudah di pahami, hal ini akan menghindarkan dari  segala bentuk kesalahpahaman yang akan terjadi.

2. Mengajak Orang Tua untuk Berbincang-Bincang Ringan

Ilustrasi Orang Tua(pexels.com/tristan le)

Salah satu caramu untuk dapat membahagiakan kedua orang tuamu adalah dengan sering-sering mengajak mereka untuk mengobrol. Terkadang kita sebagai seorang anak terlalu fokus pada diri kita sendiri. Alhasil kita jarang bekomunikasi secara intens dengan orang tua. Untuk itu mulailah mengajak orang tua kita untuk berbincang-bincang ringan. Seperti dengan membicarakan mengenai kegiatan sehari-harimu, ataupun bisa membicarakan hal-hal yang disukai oleh orang tuamu.

3. Memberitahukan Keinginanmu Dengan Baik

Ilustrasi Bunga(pexels.com/niita)

Jika kamu memiliki perbedaan pandangan dengan orang tuamu, seperti misalnya apa yang kamu inginkan untuk dirimu di masa depan. Kamu harus bisa mengkomunikasikannya dengan baik dengan orangtuamu. Beri tahukan dengan jelas dan juga perlahan-lahan agar orang tuamu bisa memahami maksud dari keinginanmu. Selain itu juga komunikasikan keinginanmu dengan sungguh-sungguh.Sehingga orang tuamu merasa yakin bahwa kamu benar-benar sudah bertekad untuk melakukannya.

4. Dengarkan Mereka Sebelum Kamu Berbicara

Ilustrasi Mendengarkan Orang Tua(pexels.com/andrea piacquadio)

Cobalah untuk mendengarkan orang tua mu. Temukan maksud dari tujuan orang tuamu berbicara, sebelum kamu merespon mereka. Jangan sela perkataan mereka sebelum mereka selesai mengutarakannya. Walaupun kamu kesal, tapi jangan memotong pembicaraan orang tuamu yaa. Orang tuamu akan merasa tersinggung jika kamu tidak mendengarkan mereka terlebih dahulu.

5. Meminta Pendapat Orang Tua

Ilustrasi Tulisan Ask For Help(pexels.com/brett jordan)

Tidak ada salahnya melibatkan orang tua dalam segala keputusan yang ada di kehidupanmu. Orang tuamu akan merasa senang jika kamu menanyakan bagaimana pendapat mereka. Mereka akan merasa di hargai jika kamu berprilaku seperti itu. Tidak menampik bahwa setiap orang tua selalu menganggap anaknya sebagai anak kecil yang selalu membutuhkan perlindungannya. Namun sekarang kamu sudah dewasa tentu kamu bisa memutuskan segala hal. Tapi alangkah lebih baiknya jika segala sesuatu kamu libatkan orang tuamu. Justru dengan kamu melibatkan orang tuamu. Kamu akan mendapatkan do’a dan restu, serta hidupmu akan menjadi lebih berkah.

6. Selipkan Candaan dan Juga Humor

Ilustrasi Tertawa dengan Orang Tua(pexels.com/monstera)

Ketika berkomunikasi dengan orang tuamu, cobalah untuk selipkan candaan dan juga humor. Candaan dan humor darimu akan mencairkan suasana. Sehingga ketika kamu ingin membahas suatu hal penting, orang tuamu dalam keadaan rileks. Ketika orang tuamu dalam keadaan rileks kamu bisa mengutarakan pembicaran lebih mudah.

Selain itu jika kamu sering memberikan candaan dan juga humor, maka akan membuat orang tuamu lebih bahagia. Mungkin bisa jadi pada saat itu mereka juga sedang ada masalah yang dipikirkan, Dan ketika kamu bersikap seperti itu, maka hal itu akan membuat orang tuamu merasa terhibur.

7. Lihat Situasi dan Kondisi

Ilustrasi Waktu(pexels.com/ron lach)

Ketika berkomunikasi dengan orang tua, pertimbangkan juga waktu dan situasi. Pilihlah waktu yang tepat saat sedang mengajak orang tuamu berbicara. Seperti misalnya saat mereka sedang santai, duduk nonton tv.

8. Pilih Jalan Keluar Yang Baik

Ilustrasi Jalan(pexels.com/pixabay)

Jikalau ada masalah dengan orangtuamu maka selesaikan permasalahan itu dengan baik. Berpikirlah yang dingin, dan sabar. Jangan meluapkan emosi pada orang tuamu yaa. Kalau bisa berusahalah cari jalan keluar yang baik agar terhindar dari segala masalah. Kamu juga bisa mencoba mengalah dengan orang tuamu, jika kamu masih bisa menemukan alternatif solusi lainnya.

Nah itu dia tadi delapan tata cara komunikasi yang baik dengan orang tua. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa membangun hubungan yang baik sengan orang tuamu yaa!. Selamat mencoba, dan salam sukses!

Baca Juga : 8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *