Tanggal:29 April 2024

7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

Kamu pastinya pernah mendapatkan luka secara fisik entah mungkin karena terjatuh, tergores, memar, atau yang lainnya. Namun bagaimana jika luka ini bukan berbentuk secara fisik, tapi luka yang berada di dalam hati. Pernahkah kamu merasakannya ? Ataukah kamu sedang mengalaminya sekarang ?. Jika kamu masih mengalaminya, self healing dapat membantu dirimu untuk menyembuhkan luka tersebut.  Yuk, simak manfaat self healing ini bagi kehidupanmu!

Apa Sih Self Healing Itu ?

Self healing adalah proses pemulihan diri terhadap luka batin, maupun luka mental yang pernah di alami. Sedangkan self healing menurut ilmu psikologi adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari penderitaan yang pernah dialami dan memulihkan diri dari luka batin. 

Self healing ini dapat membantumu menyembuhkan luka masa lalu kamu. Luka masa lalu ini bisa didapati dari perasaan sedih, kecewa, pengalaman disakiti yang sudah lama terpendam. Luka terpendam ini akan menumpuk dihatimu jika tidak segera disembuhkan. Akibatnya kamu terus terjebak, dan sulit untuk keluar dari keadaan itu. Maka dari itu, kamu harus melakukan self healing. Agar kamu bisa menghilangkan segala perasaan yang menyesakkan itu. Selain itu self healing ini memiliki beragam manfaat. Mau tau apa saja ? yuk baca ulasan di bawah ini!

Baca Juga | Alasan Mengapa Self Reminder Penting Bagi Diri Sendiri

7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

1. Membuatmu Mencintai Dirimu Sendiri

Ilustrasi Seorang Wanita Membuat Simbol Cinta Di Tangan(pexels.com/hassan ouajbir)

Karena terlalu sering memfokuskan diri mencintai orang lain, terkadang kita lupa bahwa hati kita juga membutuhkan perlakuan yang sama. Nah dengan melakukan self healing, kamu akan dapat mengenali dirimu sendiri. Dan hal itu yang akan memunculkan rasa akan menghargai dan cinta pada dirimu sendiri. 

Mencintai diri sendiri juga dapat membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat dan tegar. Sehingga ketika ada sesuatu hal yang menimpa pada dirimu kamu akan memiliki sebuah benteng yang siap untuk membuatmu selalu menjadi pribadi yang kuat dan tegar.

Selain dapat membuatmu menjadi sosok yang kuat dan tegar, mencintai diri sendiri akan membuat kamu menjadi pribadi yang terbuka pada dirimu sendiri. Dengan kamu menjadi terbuka terhadap diri sendiri. Kamu akan bisa mengexplore kemampuanmu. Sehingga hal itu akan meningkatkan kualitas hidupmu.

Baca Juga | Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menerima Diri Sendiri Agar Terjauh Dari Insecurity

2. Membuat Kamu Lebih Percaya Diri

Ilustrasi Seorang Wanita Tersenyum(pexels.com/emmy e)

Jika kamu melakukan self healing kamu akan lebih percaya diri pada dirimu sendiri. Mengapa? Karena self leadership membantu kamu untuk dapat mengenali dirimu sendiri. Seseorang yang mengenal dirinya secara baik. Maka seseorang tersebut percaya bahwa diri nya bisa melakukan apa saja sesuai apa yang diinginkannya.

Selain itu percaya diri ini dapat membangkitkan semangat yang ada pada jiwamu. Sehingga semangat tersebut membuatmu terpacu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga | Tips Diterima Dengan Baik Di Lingkungan Kerja Baru!

3. Menyembuhkan Luka Hatimu

Ilustrasi Bunga Berbentuk Hati(pexels.com/pixabay)

Luka di hati memang membuat perasaan sesak di dada. Seringkali luka di hati ini menjadi sebuah kelemahan yang ada pada diri seseorang. Kelemahan dari luka di hati ini sangat berbahaya apabila tidak segera disembuhkan. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan self healing.

Dengan melakukan self healing, kamu bisa menyembuhkan luka hatimu. Kebanyakan orang, sangat tertutup dengan apa yang di alaminya. Maka dari itu jika kamu sedang merasakan rasa sakit, kecewa, trauma, maupun luka hati lainnya. Dan kamu tidak ingin untuk membaginya kepada siapapun, kamu bisa melakukan self healing ini. Self healing ini akan membantumu untuk mengurangi rasa sakit dan kecewamu perlahan-lahan. Dan pada akhirnya rasa sakit dan kecewa itu akan hilang seiring waktu.

Baca Juga | Mengenal Self Care: Pengertian, Jenis, Dan Cara Melakukannya

4. Membuatmu Nyaman Akan Hidupmu

Ilustrasi Secangkir Kopi Dengan Sebuah Buku(pexels.com/isabelle taylor)

Setiap orang pasti ingin sekali memiliki kenyamanan dalam hidupnya. Namun kenyamanan itu tidak perlu di gapai dengan susah payah, seperti memiliki kehidupan yang mewah misalnya. Namun kenyamanan itu bisa dibentuk dari dirimu sendiri. Dengan kamu selalu melakukan self healing atas segala bentuk kekecewaan yang hadir pada hidupmu. Maka kamu akan bisa menerima semua hal dengan perasaan ikhlas. Sehingga kamu juga bisa menikmati hidupmu dengan lebih santai.

Baca Juga | Kenali Aktualisasi Diri, Karakteristik Dan Penerapannya

5. Mengurangi Beban Pikiranmu

Ilustrasi Seorang Pria Menikmati Hidupnya(pexels.com/kelvin valerio)

Setiap manusia pasti memiliki yang namanya beban pikiran. Namun beban pikiran yang terlalu berat maka akan membuat orang yang menghadapinya bisa mengalami stress. Salah satu cara untuk mengurangi beban pikiran adalah dengan melakukan self healing.

Self healing dapat membantu kamu untuk menjadi seseorang yang lebih menikmati hidup. Jika kamu sudah menikmati hidupmu maka beban pikiran yang ada di kepalamu juga pastinya akan berkurang.

6. Membuatmu Lebih Produktif

Ilustrasi Seorang Pria Yang Sedang Bekerja(pexels.com/ivan samkov)

Jika kamu memiliki beban emosi, dan luka di hati pastinya itu akan mengganggu aktivitas keseharianmu. Yang seharusnya kamu bisa lebih berkonsentrasi. Namun karena adanya perasaan sedih, kecewa, maupun trauma yang sedang kamu hadapi kamu jadinya tidak bisa mengerjakan segala sesuatu dengan baik.

Oleh karena itu, self healing bisa membantu kamu untuk menghilangkan segala bentuk kecemasan yang ada pada dirimu. Sehingga kamu bisa lebih produktif, baik itu di sekolahmu ataupun di pekerjaanmu.

Baca Juga | Bangun Pikiran Positif Dengan Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris!

7. Kamu Berani Mengambil Tantangan

Ilustrasi Seseorang Yang Sedang Mendaki Bukit(pexels.com/pixabay)

Self healing dapat membuatmu menjadi pribadi yang percaya diri dan bisa mengexplore diri. Kedua hal tersebut yang bisa membuat seseorang berani mengambil tantangan. Karena dia tahu kemampuannya, dan juga percaya pada dirinya sendiri bahwa dia mampu melakukan apapun yang dia inginkan.

Nah itu tadi tujuh manfaat dari self healing jika menerapkannya dikehidupanmu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Teruntuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana tips-tips self healing bisa membaca artikel di bawah ini!

Baca Juga | 9 Cara Untuk Terapi Self Healing, Perlu Isolasi Diri?

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *