Tanggal:16 May 2024
Bisnis di kala pandemi.

6 Ide Bisnis di Kala Pandemi yang Menjanjikan

Di kala pandemi, terdapat dua kondisi berbeda yang saling bertolak belakang di antara masyarakat. Kondisi pertama adalah kondisi ketika usaha atau bisnis yang dijalankan menjadi surut, sedangkan kondisi kedua yaitu kondisi di mana seseorang ingin membuka bisnis baru guna menunjang kebutuhan sehari-harinya. Namun, fakta bahwa usaha di masa pandemi covid-19 ini banyak yang mengalami penurunan dari segi produktivitas usahanya, dan akhirnya mengalami ancaman gulung tikar seperti di kondisi pertama, hal itu kadang kala membuat pemula dalam bisnis menjadi pesimis ketika ingin membuka usahanya di masa seperti ini.

Angka penjualan yang tak meningkat karena tak adanya proses pembelian yang masuk menjadi kondisi yang mungkin akan dialami. Nah, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melihat peluang usaha yang menjanjikan di masa pandemi ini. Melihat peluang usaha tersebut menjadi salah satu proses yang harus dipertimbangkan dengan matang oleh para pemula dalam bidang bisnis ini. Mereka harus melihat dan memperhatikan secara jeli dan cermat tentang peluang usaha apa saja yang sekiranya bisa dilakukan dan memiliki masa depan yang menjanjikan di masa pandemi seperti sekarang. Nah, berikut akan diringkas beberapa ide bisnis di kala pandemi yang menjanjikan dan bisa kamu coba.

Baca Juga | Jenis Usaha Online Yang Bisa Bikin Kamu Untung! Yuk Simak

1. Bisnis Makanan Sehat

Bisnis di kala pandemi dengan membuat bisnis makanan sehat.
Bisnis di kala pandemi dengan membuat bisnis makanan sehat. Sumber: Ella Olsson/Pexels

Bisnis di kala pandemi yang bisa dicoba untuk digeluti adalah bisnis makanan sehat. Di masa pandemi seperti sekarang, tubuh yang sehat menjadi keinginan dan idaman bagi masing-masing orang. Tubuh yang sehat dengan daya imun yang kuat dibutuhkan semua orang guna bisa bertahan dari adanya penyebaran virus covid-19. Oleh karenanya, kegiatan agar bisa menghasilkan tubuh yang sehat dan kuat tersebut mulai dibiasakan. Salah satunya adalah dengan mulai mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Makanan yang mengadung banyak gizi dan vitamin akhirnya menjadi santapan yang mulai dikonsumi sehari-hari. Sayuran, daging, susu, buah, dan sebagainya menjadi contoh makanan harian yang biasa dikonsumisi.

Nah, adanya kondisi demikian bisa kamu manfaatkan untuk membuat bisnismu sendiri yaitu dengan membuka bisnis makanan sehat. Dengan dibukanya bisnis tersebut, dijamin akan banyak pelanggan yang datang untuk membeli produk jualanmu. Hal itu karena kamu menjual produk yang diinginkan oleh mereka. Nah, nantinya kamu akan mengalami peningkatan penjualan karena kondisi tersebut. Selain bisa menjual makanan sehat ini ke relasi-relasimu, kamu juga bisa untuk mempromosikannya di media sosialmu, loh!

Baca Juga | 5 Cara Membuka Usaha Makanan Sehat Yang Banyak Peminatnya, Yuk Coba!

2. Bisnis Masker Kain

Bisnis di kala pandemi dengan membuat masker kain.
Bisnis di kala pandemi dengan membuat masker kain. Sumber: August de Richelieu/Pexels

Bisnis di kala pandemi kedua yang bisa dilakukan olehmu adalah dengan membuat bisnis masker kain. Masker menjadi kebutuhan yang esensial di masa pandemi seperti ini. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sangat membutuhkan keberadaan benda satu ini. Apalagi dengan adanya kewajiban dari pemerintah untuk menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, tentu kondisi tersebut akan memberikanmu keuntungan jika membuka bisnis masker ini. Nah, jika kamu memiliki kemampuan menjahit dan memiliki mesinnya di rumah, kamu bisa langsung untuk memulai bisnis ini. Tentunya kamu akan rugi sendiri jika menyia-nyiakan peluang usaha membuat masker kain ini. Apalagi target pasarmu juga tak terbatas pada jenis kelamin ataupun usia, tentunya keuntungan yang akan didapatkan pun juga tak bisa dibayangkan.

3. Bisnis Perlengkapan Kesehatan dan Kebersihan

Bisnis di kala pandemi dengan menjual perlengkapan kesehatan dan kebersihan.
Bisnis di kala pandemi dengan menjual perlengkapan kesehatan dan kebersihan. Sumber: Sora Shimazaki/Pexels

Selain makanan sehat dan masker, barang paling esensial lain yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah perlengkapan kesehatan atau kebersihan. Di masa seperti sekarang, keperluan kesehatan dan kebersihan sangat dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tidak terjangkit virus. Kamu bisa mulai untuk menjual barang-barang seperti sabun cuci tangan, handsinitizer, tisu dan sebagainya. Kamu juga bisa menjualnya dengan memanfaatkan market place online yang ada di Indonesia. Dengan menggeluti bisnis ini, tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan banyak dan bisnismu tersebut bisa berkembang dan terus meningkat.

4. Bisnis Camilan

Bisnis di kala pandemi dengan menjual camilan.
Bisnis di kala pandemi dengan menjual camilan. Sumber: Leigh Patrick/Pexels

Nah, karena kebijakan pemerintahan yang mengharuskan pekerja ataupun pelajar untuk berkegiatan dari rumah, kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka suatu usaha. Seringnya berkegiatan di rumah tentu akan membawa kebosanan bagi masing-masing orang. Apalagi jika yang dilakukannya itu-itu saja, dan tidak adanya camilan yang bisa dimakan. Di situlah kamu bisa masuk dengan membuka bisnis camilan atau makanan ringan. Kamu bisa membuat camilan seperti keripik, kue kering, bolu, dan lain halnya. Menargetkan para pekerja dan pelajar yang berkegiatan di rumah, kamu bisa memperbesar bisnis camilanmu tersebut. Seperti ide bisnis yang lain, kamu juga bisa memasarkan bisnismu ini melalui media sosial atau kamu juga bisa bekerjsama dengan mitra layanan pesan antar loh!

5. Bisnis Bahan Pokok

Bisnis di kala pandemi dengan menjual baha pokok.
Bisnis di kala pandemi dengan menjual baha pokok. Sumber: Vie Studio/Pexels

Bahan pokok menjadi kebutuhan paling dasar yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat. Bahan pokok ini sangat penting untuk dimiliki karena menunjang kehidupan dan kelangsungan hidup manusia. Beras, gula, minyak, dan sebagainya menjadi contoh barang-barang pokok tersebut. Nah, menimbang betapa pentingnya barang-barang tersebut dan melihat adanya kebutuhan jangka panjang, ini tentunya bisa kamu manfaatkan dengan membuka bisnis bahas pokokmu sendiri. Memang modal yang nantinya akan dikeluarkan banyak, tetapi hal itu akan sebanding dengan hasil keuntungan yang akan didapatkan.

6. Bisnis Kursus Pelatihan dan Pendidikan

Bisnis di kala pandemi dengan membuka kursus pelatihan dan pendidikan.
Bisnis di kala pandemi dengan membuka kursus pelatihan dan pendidikan. Sumber: Polina Tankilevitch/Pexels

Dengan mengalihkan pendidikan secara daring, hal itu tak menjadikan kualitas pembelajaran yang akan didapatkan oleh pelajar sama baiknya dengan pembelajaran luring. Bahkan kondisi di mana kualitas pembelajaran yang semakin buruk pun bisa dialami dan didapatkan oleh pelajar tersebut. Guru yang tak menunaikan kewajibannya dengan baik, guru yang hanya memberikan tugas tanpa menjelaskan materi, murid yang tak fokus mendengarkan, dan macam-macam kondisi yang bisa dialami. Oleh karena itu, bisnis pelatihan dan pendidikan sangat cocok untuk dijalankan. Dengan membuka bisnis ini, kamu bisa menawarkan berbagai macam kursus, baik itu mengenai pembelajaran di sekolah ataupun di luar sekolah kepada pelajar tersebut ataupun masyarakat umum. Salah satu contohnya yaitu seperti kursus yang diadakan oleh Vocasia, salah satu platform pendidikan yang menawarkan pelatihan keahlian dan keterambilan secara online berikut ini.

Kursus online TOEFL di Vocasia.
Kursus online TOEFL di Vocasia. Sumber: Vocasia

Nah, kursus pelatihan Belajar TOEFL Secara Efektif ini bisa kamu dapatkan hanya di Vocasia. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diberikan ilmu-ilmu mengenai cara menjawab soal TOEFL di sesi reading, writing, ataupun listening. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan diskon sebesar 85%. Dengan kurikulum yang rinci dan lengkap, serta didampingi mentor yang berpengalaman, jangan sampai kamu menyesal karena tak mengikuti kursus ini.

Baca Juga | 9 Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online Yang Harus Kamu Ketahui!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *