Tanggal:20 June 2024
Membuka bisnis dengan modal kecil tetapi untung besar menjadi keinginan semua orang.

8 Bisnis dengan Modal Kecil, Untung Besar

Ketika memulai suatu bisnis, masalah modal menjadi hambatan paling besar yang dirasakan oleh para calon pembisnis. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Adanya kesulitan ekonomi juga berdampak padanya. Dalam menghasilkan biaya hidup sehari-hari saja sudah sulit untuk dilakukan, lalu bagaimana untuk membaginya dengan tabungan modal bisnis yang akan dibuatnya nanti? Apalagi ketika melihat kondisi di lapangan, banyak usahawan yang terpaksa harus gulung tikar karena bisnisnya itu terdampak pandemi. Langkahmu untuk menjadi usahawan dan membuka bisnis sendiri akhirnya menjadi goyah karena modal dan ketakutan akan kegagalan tersebut. Nah, untuk mengatasi kedua permasalahan di atas, kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis dari salah satu daftar berikut ini. Selain modal yang dikeluarkan tak banyak, keuntungan yang akan kamu dapatkan pun justru tergolong besar. Berikut beberapa bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu coba.

Baca Juga | Usaha Yang Cocok Untuk Pemula, Tak Perlu Banyak Modal Dan Mudah Menjalankannya!

1. Bisnis Warkop

Bisnis modal kecil dengan membuka warung kopi.
Bisnis modal kecil dengan membuka warung kopi. Sumber: Tima Miroshnichenko/Pexels

Pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan membuka usaha warkop atau warung kopi. Dengan terkendalanya modal yang kamu miliki, kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan ini di rumahmu sendiri, lho! Kamu juga bisa menjual berbagai makanan dan minuman yang tentunya tak membutuhkan modal yang banyak untuk dikeluarkan. Kamu bisa mulai menjual kopi, teh, es, mie instan, ataupun camilan berupa gorengan. Biasanya bisnis warkop ini dijalankan ketika malam hari, dan menyasar target pada anak-anak muda yang sedang menongkrong ataupun bapak-bapak yang sedang berjaga pos ronda. Nah, meskipun bisnis ini tak memerlukan modal yang besar, tetepi tenang saja karena justru kamu akan mendapatkan keuntungan yang berbanding terbalik.

Baca Juga | 7 Ancaman Bisnis Coffe Shop Yang Bisa Merugikanmu!

2. Bisnis Cuci Motor

Bisnis modal kecil dengan membuka jasa cuci motor.
Bisnis modal kecil dengan membuka jasa cuci motor. Sumber: Sourav Mishra/ Pexels

Bisnis modal kecil kedua yang bisa dicoba selanjutnya yaitu menjalankan bisnis cuci motor. Sama seperti bisnis warkop, kamu pun bisa menjalankan bisnis ini di rumahmu sendiri. Jadi, kamu tak perlu memikirkan biaya sewa tempatmu membuka bisnis cuci motor ini. Nah, menimbang fakta bahwa jumlah kepemilikan kendaraan motor sekarang ini sangat banyak, tentunya hal itu merupakan peluang yang sangat baik untukmu segera membuka bisnis cuci motor ini. Modal yang dikeluarkan pun tentunya tak besar. Jika kamu kebanjiran pelanggan, hal itu justru akan membawa keuntungan yang besar bagimu.

Baca Juga | Sangat Menjanjikan, Berikut 9 Cara Membuka Usaha Cuci Mobil Dan Motor

3. Jasa Semir dan Sol Sepatu

Bisnis modal kecil dengan membuka jasa semir dan sol sepatu.
Bisnis modal kecil dengan membuka jasa semir dan sol sepatu. Sumber: Pixabay

Bisnis dengan modal kecil selanjutnya yaitu dengan membuka jasa semir dan sol sepatu. Jika kamu mempunyai kemampuan dalam mengesol sepatu, bisnis ini tentunya sangat cocok untuk kamu lakukan. Modal yang akan kamu keluarkan pun cenderung kecil, sedangkan keuntungan yang akan didapatkan berbanding terbalik. Nah, kamu bisa menawarkan jasa ini ke tetangga-tetanggamu atau kamu pun bisa membuka sewa ini di tempat yang ramai seperti pasar.

Baca Juga | 5 Barang Yang Banyak Diminati Masyarakat, Peluangmu Memulai Bisnis!

4. Jasa Pengetikan dan Print Out

Bisnis modal kecil dengan membuka jasa pengetikan dan print out.
Membuka jasa pengetikan dan print out. Sumber: Startup Stocks Photos/Pexels

Jasa pengetikan dan print out merupakan salah satu bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu jajaki. Kedua bisnis ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan laptop dan mesin print yang dimiliki. Kamu bisa membuka bisnis ini ke tetangga-tetangga atau teman-temanmu yang masih bersekolah. Kamu bisa menyewakan jasamu dalam mengetik untuk pengerjaan tugas, proposal, ataupun surat-surat yang diinginkan. Ketika menjalankan bisnis ini pun, kamu tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk kertas print out dan tintanya. Adapun mengenai keuntungan, kamu bisa mematok harga semaumu untuk jasa tersebut. Yang terpenting, harga yang kamu tetapkan masih dibatas kewajaran ya!

Baca Juga | Mengenal Content Writer, Profesi Penulis Yang Paling Dicari

5. Jasa Desain Grafis

Bisnis modal kecil dengan membuka jasa desain grafis.
Bisnis modal kecil dengan membuka jasa desain grafis. Sumber: Tranmautritam/Pexels

Nah, bisnis dengan modal kecil kelima yang bisa dicoba olehmu adalah dengan membuka jasa desain grafis. Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang desain dan bisa menjalankan software untuk keperluan editing dengan baik, bisnis satu ini sangat cocok untuk kamu jajaki. Kamu bisa mulai bisnis desain grafis ini dengan membuka desain untuk kartu nama, logo brand ataupun usaha lain, dan sebagainya. Nah, saat menjalankan bisnis ini yang kamu butuhkan adalah tingkat kreatifitasmu. Modal yang dikeluarkan pun cenderung kecil, justru jika bisnis desain grafismu ini banyak diminati dan kebanjikan order, kamu akan mendatangkan keuntungan yang tak terkira.

Baca Juga | 7 Jenis Desain Grafis Yang Dapat Menunjang Usaha Kamu!

6. Bisnis Jahit Baju

Bisnis modal kecil dengan membuka jasa jahit baju.
Membuka jasa jahit baju. Sumber: Leticia Riberio/Pexels

Kamu memiliki kemampuan dalam menjahit baju? Kamu juga memiliki mesin jahit di rumah? Manfaatkan kedua hal tersebut untuk membuka bisnismu sendiri. Dengan membuka bisnis jahit baju, kamu bisa meningkatkan penghasilan sehari-harimu. Bisnis dengan modal kecil ini bisa kamu coba lakukan di rumah dengan membuka jasa untuk menjahit baju yang sobek, memasang kancing, resleting, dan sebagainya. Kamu bisa menawarkan jasa ini pada tetangga-tetanggamu yang lain. Kamu pun bisa mematok harga sewajarnya ketika menjalankan bisnis ini. Nantinya, jika bisnismu tersebut menjadi berkembang, kamu bisa meningkatkannya dengan mulai menjahit model bajumu sendiri untuk dijual.

Baca Juga | Fashion Design: Definisi, Tipe, Skill Yang Diperlukan

7. Bisnis Handmade

Bisnis modal kecil dengan membuka bisnis handmade.
Membuka bisnis handmade. Sumber: Artem Beliaikin/Pexels

Nah, jika kamu suka membuat kerajinan tangan di rumah, manfaatkan hasilnya untuk membuka bisnis rumahanmu sendiri. Misalnya saja jika kamu menggilai kegiatan membuat kaligrafi, kamu bisa membuka bisnismu dengan menjual hasil kerajinan kaligrafi tersebut. Bisnis handmade dengan modal kecil ini sudah banyak dilakukan, loh. Berbagai hasil olahan tangan seperti masakan, guci, rajutan dan sebagainya menjadi contoh produk handmade yang bisa dijual. Kamu bisa memanfaatkan relasi, media sosialmu dalam memasarkan bisnis handmademu tersebut.

Baca Juga | 7 Ragam Tips Yang Dapat Kamu Contek Untuk Membuat Sebuah Brand

8. Bisnis Dropship

Bisnis modal kecil dengan menjadi seorang dropshipper.
Menjadi seorang dropshipper. Sumber: Rodnae Productions/Pexels

Bisnis dengan modal kecil terakhir adalah dengan membuka bisnis dropship. Bisnis dropship adalah bisnis di mana kamu hanya akan memasarkan produk milik penjual lain. Ketika memasarkannya, kamu juga bisa merubah harga produk dalam batas sewajarnya. Hal itu supaya ketika ada pembeli yang tertarik, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari pembelian tersebut. Di dalam bisnis ini, kamu tak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, hal itu karena semua akan ditanggung oleh si penjual. Selengkapnya mengenai bisnis dropship ini bisa kamu simak di 4 Ide Usaha Dropship dan Mekanisme Kerjanya.

Baca juga | 7 Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Shopee

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *