Tanggal:06 May 2024

Jenis Usaha Online yang Bisa Bikin Kamu Untung!

Usaha berbasis online sudah menjadi tren saat ini. Sudah 7 tahun Indonesia maju dalam bidang penjualan secara online. Usaha online memang sangat menguntungkan lebih dari usaha yang dilakukan secara offline ataupun pekerjaan karyawan. Usaha online bisa dikatakan seperti itu karena penjual dapat berinovasi.

Pengusaha online akan mendapatkan lebih banyak keuntungan karena sistem penjualan dapat disesuaikan kapanpun, di manapun, dan bagaimanapun. Tidak ada minimal stok barang ataupun jasa, tidak seperti toko offline.

Ada berbagai jenis usaha online dan kamu bisa memilih di antaranya yang menurutmu lebih mudah dan menguntungkan. Calon pengusaha online, yuk simak berbagai jenis usaha online yang bisa bikin kamu untung!

1. Online Shop

Toko online adalah proses pembelian barang atau jasa melalui internet dari seseorang yang menjual barang atau jasa. Penjual dan pembeli belum pernah bertemu atau melakukan kontak fisik, barang yang diperdagangkan ditawarkan melalui tampilan gambar pada toko maya.

Setelah itu, pembeli dapat memilih barang yang diinginkan dan kemudian membayar penjual melalui rekening bank yang bersangkutan. Setelah menerima proses pembayaran, kewajiban penjual adalah mengirimkan barang pesanan pembeli ke alamat tujuan.

Baca Juga :

2. Reseller

Pengecer menjual kembali barang dari pemasok, tetapi tidak menyimpan barang, dan komisi ditentukan oleh mereka sendiri atau pemasok.

Biasanya, dealer baru membeli inventaris saat pesanan tiba. Dalam beberapa kasus, pengecer terkadang juga menyediakan barang, tetapi biasanya dalam jumlah yang relatif terbatas (yaitu pengecer).

Tip terpenting untuk menjadi dealer adalah jangan pernah menjual barang yang tidak Anda miliki. Keuntungan dari dealer adalah pedagang dapat mengetahui spesifikasi produk terlebih dahulu, sehingga lebih mudah untuk menjualnya.

Baca juga:

3. Dropship

Dropship artinya sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang).

Dengan skema bisnis yang sederhana, bisnis dropship juga bisa dilakukan di mana pun asalkan memiliki koneksi jaringan internet.

Saat ini, banyak orang terjun ke bisnis satu ini. Barang yang bisa dijual pun sangat banyak lantaran saat ini sudah banyak penyedia atau pemasok barang berbagai produk yang menyediakan penjualan dropshipping untuk para mitranya antara lain kosmetik, makanan dan minuman, obat, pakaian, dan elektronik.

Baca Juga :

4. Pay Per Click

Pay Per Click (PPC) adalah saluran pemasaran digital yang kompleks. Jenis pemasaran ini menghadirkan peluang signifikan bagi pemasar digital untuk meningkatkan metrik lalu lintas dan konversi. Namun, kampanye pemasaran bayar per klik dapat menyebabkan masalah besar jika Anda tidak menggunakan strategi yang cerdas dan taktik yang tepat.

Iklan yang berada di mesin pencarian adalah salah satu bentuk PPC yang paling populer. Pada PPC, Anda akan menerima bayaran untuk setiap klik yang dihasilkan oleh pengunjung. Besaran komisi akan sangat bergantung pada penyedia bisnis PPC. Beberapa penyedia layanan PPC adalah Google AdSense, Adsensecamp.com, atau sitti.co.id.

5. Afiliasi

Program afiliasi atau referral pada dasarnya memberi Anda komisi jika Anda berhasil mengajak konsumen untuk menggunakan produk penyedia program afiliasi.

Mengetahui afiliasi adalah langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mendaftar ke perusahaan yang menawarkan kesempatan untuk menjual produknya kepada konsumen melalui afiliasi untuk mendapatkan keuntungan seperti yang disepakati bersama.

Sistem pemberian dan jumlah yang diberikan sangat bergantung pada besar kecilnya usaha dan kemudahan memperoleh konsumen. Bisnis ini tentu cocok bagi mereka yang memiliki jejaring sosial luas dan kemampuan mengundang orang lain.

Baca Juga :

Kursus digital marketing
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *