Tanggal:25 April 2024

Mengenal Black Campaign Dalam Marketing

Apa Itu Black Campaign?

Ketatnya persaingan dunia bisnis makin hari makin menjadi-jadi, untuk memikat hati konsumen segala cara pun mereka lakukan. Namun, makin kesini makin banyak perusahaan yang menggunakan cara yang di luar batas. 

Yaitu dengan melakukan black campaign. Nah kira kira apa ya black campaign itu? mengapa bisa dikatakan sebagai cara yang tak sesuai dengan etos berbisnis. Oleh karena itu artikel ini akan membahas secara lengkap apa itu black campaign.

Bagi pelaku bisnis yang profesional, kemungkinan kecil mereka melakukan black campaign. Namun bisa saja hal itu terjadi, sebab persaingan yang semakin kuat satu sama lain. 

Jika kita lihat artinya, black campaign merupakan strategi yang digunakan untuk menjatuhkan sebuah brand, baik disengaja ataupun tidak. Biasanya mereka melakukan teknik ini menggunakan sosial media maupun media konvensional. 

Mereka akan menunjukkan kekurangan dan menjatuhkan produk yang dimiliki kompetitornya. Dengan berkembangnya media sosial, hal ini pun membuat black campaign sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Dengan melakukan strategi black campaign ini tentunya akan mempengaruhi pandangan atau persepsi seseorang kepada produk kompetitor yang dijelek-jelekan tersebut. 

Sehingga konsumen pun beralih menggunakan produk mereka, sehingga banyak perusahaan yang menggunakan strategi black campaign karena memberikan keuntungan yang instan.

Jenis – Jenis Black Campaign

Ada beberapa jenis black campaign yang biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk menjatuhkan kompetitornya. Biasanya berupa isu-isu negatif yang kebenarannya belum valid atau yang biasa kita sebut sebagai hoax, seperti review palsu di beberapa marketplace

Hal itu dilakukan untuk menggiring opini agar konsumen berpendapat bahwa produk tersebut. Sehingga dapat merugikan masyarakat secara luas, dan bisnis pun kehilangan kepercayaan dari para konsumennya. 

Sehingga tujuan mereka pun tercapai dalam melakukan black campaign yaitu membuat pelanggan dari brand tersebut beralih ke brand kompetitor.

Dampak Dari Black Campaign

Banyak dampak yang diakibatkan oleh black campaign. Dampak yang kemungkinan terjadi jika usaha kita terkena black campaign adalah.

  • Menghilangkan Kepercayaan Konsumen

Dampak utama dari adanya black campaign adalah hilangnya kepercayaan konsumen terhadap produk yang kita miliki. Kepercayaan pelanggan merupakan kunci utama kesuksesan bisnis kita. 

Karena itu kepercayaan menjadi hal yang harus dijaga. Sebab mendapatkan kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Hal itu akan mempengaruhi penjualan dari bisnis yang kita jalani.

  • Menurunkan Reputasi Brand

Hilangnya kepercayaan pelanggan, pastinya hal itu akan sangat berpengaruh pada reputasi brand kita. Semakin banyaknya black campaign yang menyerang bisnis kita, pastinya konsumen akan memandang sebelah mata bisnis kita. Dengan begitu secara perlahan reputasi bisnis kita turun signifikan.

  • Mempengaruhi Purchasing Behavior Konsumen

Konsumen dimasa sekarang ini semakin kritis terhadap produk yang mereka gunakan. Apalagi dengan hal yang berkaitan dengan isu-isu penting seperti eco-friendly, animal cruelty free, sampai isu sosial. 

Sehingga apabila produk tersebut diterpa opini yang negatif, apalagi bersinggungan dengan value yang mereka miliki. Hal ini akan sangat mengancam penjualan mereka, karena konsumen enggan membeli produk itu lagi.

Cara Mengatasi Black Campaign

Walaupun banyak dampak yang diakibatkan dari black campaign sendiri, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi black campaign.

  • Tanggap terhadap kekhawatiran dan keluhan pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk tanggap terhadap keluhan dan kekhawatiran pelanggan dan mencoba untuk memperbaikinya dengan segera. Hal ini menunjukkan sikap serius dalam memperbaiki kualitas produk atau layanan, dapat mengurangi kemungkinan untuk menjadi sasaran black campaign.

  • Bangun hubungan positif dengan pelanggan

Memiliki hubungan yang kuat dengan pelanggan, mereka akan merasa lebih nyaman untuk menghubungi Anda langsung jika mereka memiliki masalah atau kekhawatiran, daripada memperburuk situasi dengan menyebarkan informasi palsu di media sosial atau di tempat lain.

  • Gunakan media sosial untuk memperbaiki reputasi

Gunakan media sosial untuk memperbaiki reputasi dengan cara yang positif. Klarifikasi tentang produk dan fokus pada kelebihan yang dimiliki. Pada akhirnya, dapat mengatasi black campaign dengan cara yang baik dan membangun reputasi yang positif.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang black campaign. Bagi Sobat Vocasia yang ingin mengetahui lebih banyak hal-hal yang berkaitan dengan dunia bisnis, kalian bisa mengikuti kelas online Vocasia yang membahas tentang tips bisnis dan materi-materi yang mengedukasi lainnya. Yuk, mumpung lagi ada promo langsung aja daftar, yaitu caranya langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *