Tanggal:21 July 2024
BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia

BTS Sebagai Brand Ambassador Tokopedia

Di era industri yang serba digital ini, membuat kecanggihan internet semakin berkembang sehingga dalam hal perekonomian muncul bisnis online atau salah satunya E-Commerce. Selain itu, adanya internet membuat masyarakat merasa mudah untuk bertransaksi, tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang lama sehingga bisnis online dan E-Commerce ini sangat digemari oleh masyarakat. 

Munculnya berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Hal ini menimbulkan adanya persaingan diantara para penjual dan juga e-commerce dalam mempromosikan produk yang mereka tawarkan dengan menjadikan tokoh-tokoh terkenal sebagai brand Ambassador untuk membantu mereka dalam melakukan promosi dan meningkatkan penjualan. 

Brand Ambassador memiliki arti yaitu duta merek. Brand Ambassador merupakan seseorang yang diajak bekerjasama oleh suatu perusahaan untuk menjadi ikon dari sebuah brand. Selain itu, Brand Ambassador juga merupakan orang-orang yang dikontrak oleh perusahaan sebagai promotor untuk mempromosikan suatu brand dan produk untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong penjualan. 

Selama beberapa tahun belakangan ini, banyak perusahaan di Indonesia yang bekerjasama dengan artis Korea Selatan sebagai Ambassador atau bintang tamu pada event tertentu. Hal ini terjadi karena semakin banyak masyarakat, khususnya Indonesia yang tertarik pada industri entertainment negara Korea Selatan sehingga Tokopedia pun mengambil kesempatan dari peluang tersebut untuk menggaet BTS sebagai Brand Ambassador Tokopedia. 

BTS merupakan salah satu Boygroup asal Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar dari berbagai dunia. Ia juga telah melakukan kolaborasi dengan beberapa penyanyi asal Amerika dan lagu-lagu yang dibawakan oleh BTS menjadi sangat populer dan mendapatkan banyak perhatian.

Salah satunya pada saat tampil di festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) Tokopedia yang berada pada tanggal 29 Juli 2020. Menurut William Tanuwijaya yang merupakan CEO sekaligus pendiri Tokopedia, beliau mengatakan bahwa pada acara tersebut masyarakat dengan jumlah satu juta menonton dari video streaming “Tokopedia Play”. Adanya keinginan dan keantusiasan masyarakat yang tinggi membuat acara festival belanja bulanan WIB menjadi sangat luar biasa. Selama acara berlangsung dengan durasi dua jam, tercatat bahwa platform e-commerce tersebut telah dikunjungi 5 juta kali dan dalam waktu tersebut terdapat lebih dari 5 ribu barang yang terjual setiap menitnya. 

Berdasarkan hal itu, maka kita dapat lihat bahwa acara festival bulanan WIB Tokopedia diselenggarakan dengan sangat sukses dan setiap bulannya acara tersebut akan diadakan pada akhir bulan. Dalam waktu lima hari, platform e-commerce tersebut telah menerima kunjungan sebesar lebih dari 100 juta kali. 

Dengan adanya keterlibatan boy group asal Korea Selatan ini membuat program festival belanja bulanan WIB Tokopedia trending di media sosial. Bahkan acara festival belanja bulanan Waktu Indonesia Bersama ini sempat menempati peringkat pertama tren, baik di Indonesia maupun dunia. 

Dengan adanya brand ambassador dari Korea Selatan yaitu BTS dan acara festival belanja bulanan WIB, maka hal ini juga bisa menjadi peluang bagi Tokopedia sebagai upaya untuk memperkenalkan makanan khas, budaya, dan bahasa Indonesia. Selain itu, pemilihan BTS sebagai Brand Ambassador Tokopedia merupakan suatu kesempatan bagi perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan baru yang sesuai dengan segmentasi pasar.

Kenapa Tokopedia memilih BTS sebagai Brand Ambassador? Seorang External Communications Senior Lead Tokopedia menambahkan bahwa sebenarnya ada banyak pertimbangan perusahaan dalam memilih BTS sebagai Brand Ambassador. Beliau merinci bahwa pencapaian dan visi BTS serta pesan-pesan konsisten yang disampaikan oleh BTS dalam karya mereka adalah kerja keras untuk mewujudkan mimpi, anti-perundungan, dan pesan positif lain. Hal ini selaras dengan keinginan Tokopedia untuk membuat para pengusaha di Indonesia tetap bekerja keras dalam mewujudkan mimpinya untuk menjalankan bisnis walaupun di tengah pandemi melalui platform online. 

Selain itu, dengan adanya keberadaan idol grup sebagai brand ambassador yang memiliki popularitas yang luar biasa mampu meningkatkan brand awareness, meningkatkan kepercayaan publik, adanya daya tarik kepribadian, value dan lifestyle, dan power yang dimiliki idol grup tersebut untuk mempengaruhi para penggemarnya. 

Beberapa keuntungan yang diperoleh oleh Tokopedia memilih brand Ambassador dari idol grup asal Korea Selatan, diantaranya yaitu Meningkatkan jumlah kunjungan platform Tokopedia dan hal ini dapat membantu peringkat aplikasi atau situs di mesin pencarian, mendorong penjualan mitra Tokopedia, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand, memperluas jangkauan pelanggan dengan memanfaatkan popularitas idol grup. Dengan hal ini, maka Tokopedia juga dapat dikenal lagi. Keuntungan lainnya yaitu membuat pelanggan menjadi loyal dan membantu memasarkan produk dan brand ambassador penting untuk reputasi Online. 

Dengan melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap kolaborasi dengan Tokopedia, harapannya masyarakat di seluruh indonesia berjuang untuk melakukan yang terbaik setiap hari bersama Tokopedia. Karena fitur Tokopedia yang mudah digunakan, banyak pilihan dalam melakukan pembayar yang mana hal ini memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi, tersedianya gratis ongkir, dan promo.

Oleh karena itu, bagi para pengusaha yang ingin menjual produk melalui platform Online, Tokopedia pilihan yang tepat untuk berjuang dan melakukan yang terbaik setiap hari bersamamu. Segera, daftarkan diri Anda sebagai Seller di Tokopedia!

Penulis: Dhea Veronica (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *