Tanggal:19 May 2024

5 Cara Efektif Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Menabung merupakan salah satu cara mengelola keuangan dengan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk mencapai sebuah keinginan. Kebiasaan menabung membutuhkan waktu untuk membangunnya, baiknya kebiasaan ini diterapkan sejak dini. Edukasi menabung sejak dini merupakan hal positif yang kelak dapat menjadi suatu pola kebiasaan bagi anak untuk menentukan kehidupan dan pencapaiannya di masa mendatang. Oleh sebab itu, kamu sebagai orang tua harus paham mengenai cara mengajarkan anak menabung. 

Sebelum mengajari menabung, orang tua bisa mengenalkan warna, bentuk, dan nominal uang secara bertahap dengan bahasa yang sederhana kepada anak. Setelah mereka sudah mengenal nominal uang, barulah ajari cara menabung. Tentunya dengan bekal pemahaman mengenai manfaat menabung juga. Tidak perlu menggunakan cara yang terlalu kaku untuk mengajari anak menabung. Kamu hanya perlu membiasakan anak untuk menyisihkan uang jajannya untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Bagaimana caranya? Simak artikel lebih lanjut, yuk! 

1. Beri Penjelasan Manfaat dari Menabung

Sebelum mengajarkan anak menabung, beri penjelasan terlebih dahulu manfaat dari menabung. Jelaskan kepada anak secara sederhana bahwa dengan menabung ia nanti dapat membeli mainan yang disukainya. Hal ini akan lebih baik karena dalam memenuhi keinginannya, anak tidak terus meminta secara instan kepada orang tuanya. Namun, mereka mendapatkannya dengan cara menabung.

Menabung memberi banyak manfaat untuk diri sendiri secara finansial sehingga dapat menunjang segala kebutuhan dan keinginan. Dengan menabung sejak dini, anak dapat mewujudkan apa yang diinginkannya. Berikan pemahaman ini kepada anak hingga menumbuhkan keinginan untuk menabung dalam dirinya.

Ilustrasi Celengan Karakter (Freepik)

2. Berikan Anak Celengan Lucu

Memberikan anak celengan dengan bentuk lucu akan menarik perhatiannya secara psikis. Dengan memberikan anak celengan lucu, nantinya anak akan mengetahui fungsi dari celengan dan membuatnya semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang. Celengan dengan bentuk lucu akan lebih membuat anak semangat menabung dibanding celengan biasa. Dengan begitu, hal ini menjadi kesuksesan orang tua dalam memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mendidik anak untuk menabung sejak dini.

Baca Juga | 10 Manfaat Menabung Untuk Masa Depan Yang Baik

3. Berikan Target Menabung

Jika ingin mengajarkan anak menabung, pancing terlebih dahulu dengan pertanyaan uangnya akan digunakan untuk membeli apa. Apakah uangnya ingin dibelikan mainan, sepatu, atau yang lain? Dengan begitu, buatlah target tertentu hingga anak ingin menyelesaikannya sampai uangnya terkumpul. Tidak perlu dengan nilai yang besar, mulailah dari nilai yang kecil, misalnya Rp100 ribu. 

Sebagian besar anak sulit memahami pentingnya menabung bahkan justru mengeluh karena lamanya waktu menabung yang dibutuhkan untuk mendapatkan mainan kesukaan mereka. Oleh karena itu, memberikan pemahaman mengenai target menabung sangat penting.

Berikan pengertian kepada anak berapa lama waktu yang  diperlukan untuk membeli mainan atau barang yang diinginkannya. Hal ini penting dilakukan agar anak termotivasi dan bersemangat, sedikit lagi uangnya terkumpul untuk membeli mainan kesukaannya. 

Ilustrasi Menabung Sejak Dini (Freepik)

4. Janjikan Hadiah

Terkadang anak mudah merasa bosan dalam menabung.  Anak harus menunggu uang tabungannya terkumpul agar dapat membeli mainan atau barang yang diinginkannya dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini terkadang membuat anak merasa bosan dan putus asa dalam menyimpan uangnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, orang tua bisa menjanjikan hadiah untuk anak di setiap tahapan menabung. Misalkan, tabungan anak sudah mencapai 25% dari target yang ingin dicapai, kamu sebagai orang tua dapat memberikan hadiah. Hal ini dilakukan agar anak lebih semangat untuk menabung hingga mencapai target awal.

Baca Juga | 8 Cara Efektif Menabung Untuk Menikah Hemat, Bahagia, Dan Anti-Boncos!

5. Jangan Langsung Berikan Semua Keinginan Anak

Tujuan utama orang tua bekerja adalah untuk mencukupi kebutuhan anaknya. Walaupun demikian, orang tua perlu mengajarkan anak untuk mendapatkan sesuatu dengan usaha terlebih dahulu. Jika kamu tipe orang tua yang memberikan segala keinginan anaknya secara instan atau tanpa bersusah payah, alangkah baiknya perlahan mulai dikurangi. Buatlah anak berusaha atau bahkan menunggu beberapa saat sampai keinginannya terpenuhi dengan tujuan untuk melatih anak agar mau berusaha dan bekerja keras sejak dini. Lalu, bagaimana caranya?

Dengan berlatih menabung, kamu bisa mengajarkan anak untuk berusaha dan menunggu waktu beberapa saat agar keinginannya terpenuhi. Misalnya, jika anak ingin membeli boneka atau robot, lebih jangan langsung dibelikan begitu saja. Namun, kamu bisa mengajarinya dengan menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. Dengan ini, anak akan menjadi terlatih untuk berusaha terlebih dahulu dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan. 

Baca Juga | 8 Cara Mudah Menabung Untuk Beli Rumah Impian

Itu lah dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajari buah hati menabung sejak dini. Melatih kebiasaan menabung memberi banyak dampak positif bagi anak di masa depan. Anak menjadi terbiasa berusaha dan bekerja keras terlebih dahulu untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Mereka juga akan tumbuh menjadi anak yang mandiri, tidak hanya bergantung pada orang tua.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *