Tanggal:13 June 2024

8 Cara Mudah Menabung untuk Beli Rumah Impian

Bagaimana cara menabung untuk beli rumah impian? Setiap orang pasti memiliki rumah impian. Untuk mewujudkannya tentu bukanlah hal yang mudah. Mengingat harga rumah setiap tahunnya terus meningkat. 

Cara menabung untuk beli rumah

Rumah Impian (freepik)

Banyak orang yang pesimis untuk bisa membeli rumah impiannya. Namun, ketahuilah bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita ingin berusaha. Lalu, langkah apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya?

Yap, menabung! Meskipun terlihat gampang, tetapi menabung membutuhkan kekonsistenan dalam melakukannya, lho. Supaya berhasil, yuk simak beberapa cara menabung untuk beli rumah impian berikut ini!

Cara Menabung untuk Beli Rumah Impian

Cara Menabung untuk Beli Rumah (freepik)

1. Kuatkan tekad

Tekad dibutuhkan setiap orang ketika ingin mewujudkan suatu hal. Tak terkecuali ketika ingin menabung untuk membeli rumah impian. Tekad yang kuat akan membuatmu lebih konsisten dalam menjalaninya. Tentunya hal itu harus dibarengi dengan perencanaan keuangan agar pengeluaranmu tetap terkontrol.

2. Menentukan kapan harus membeli rumah

Membeli rumah bukanlah hal yang sepele. Kamu perlu untuk memikirkannya dengan matang. Misalnya kamu ingin memiliki rumah di usia 30 tahun. Jika saat ini usiamu adalah 20 tahun, kamu wajib menabung selama 10 tahun untuk membayar DP rumah impianmu. Untuk itu, sebelumnya kamu harus tahu berapa besaran DP rumah tersebut, ya. Setelah itu, mulailah menyisihkan 10-20 persen dari gajimu untuk tabungan DP rumah impian.

3. Memiliki dua rekening

Saat mulai menabung untuk membeli rumah, pastikan kamu memiliki dua rekening yang berbeda, ya. Kamu dapat membedakan antara tabungan untuk membeli rumah dan tabungan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini secara spesifik juga akan membantu kamu dalam mengontrol pengeluaran. Pastikan tabungan untuk membeli rumah tersebut dapat mencapai target yang diinginkan. 

4. Menabung di awal bulan

Awal bulan adalah waktu paling menyenangkan karena merupakan waktu rata-rata orang gajian. Terkadang kita suka terlena dan ingin menghabiskannya untuk hal-hal yang menyenangkan pula. Tetapi, kamu harus ingat tujuanmu. Ya, rumah impian! Untuk itu, segera tabung 10-20 persen dari gajimu untuk rumah impianmu, ya. Jangan sampai kamu menabung dengan sisa uangmu di akhir bulan. Hal itu akan menyebabkan setoran untuk tabungan rumah impianmu menjadi dinamis. Tentunya kesempatan untuk membeli rumah impian akan menjadi lebih sulit dan lama.

5. Menambah penghasilan

Selain mengandalkan gaji utama untuk menabung, kamu juga bisa menambah penghasilan lainnya, lho. Kamu bisa menjajal berbagai pekerjaan sampingan seperti berbisnis online, menjadi freelance writer, ataupun membuat konten lainnya yang bisa menghasilkan uang. Penghasilan yang bertambah akan mempercepat kamu meraih target untuk membeli rumah impian.

6. Berinvestasi 

Investasi juga bisa kamu jadikan cara selanjutnya untuk menambah pemasukanmu. Sebelumnya, kamu bisa mencari informasi seputar investasi seperti emas, deposito, reksadana, dan lain-lain. Belajar investasi kini cukup mudah. Kamu bisa belajar melalui Youtube atau mengikuti kelas seputar investasi. Setelah paham akan investasi, selanjutnya kamu bisa mencoba memulainya dengan dana yang minim terlebih dahulu. Pastikan juga kamu sudah memahami segala kekurangan dan risiko dari investasi, ya.

7. Lunasi utang

Langkah selanjutnya adalah lunasi utang yang kamu miliki. Hal itu tentunya akan meringankan beban finansialmu sekaligus mempermudah kamu untuk memiliki rumah impian. Kamu menjadi lebih fokus untuk menabung tanpa memikirkan utang-utang yang ada.

8. Menerapkan gaya hidup hemat

Cobalah untuk menerapkan gaya hidup hemat. Kamu bisa memulainya dengan beberapa langkah sederhana. Contohnya saja membuat rancangan keuangan setiap bulannya. Kamu juga bisa memangkas pengeluaran yang menurutmu kurang efektif. Gaya hidup hemat akan mempercepat prosesmu dalam mewujudkan rumah impian.

Baca juga | 7+ Cara Mewujudkan Impian, yuk Terapkan dalam Hidup Kamu!

Itulah beberapa cara menabung untuk beli rumah impian. Bagi kamu yang ingin membeli rumah, cobalah cara-cara di atas, ya. Tetap semangat dan konsisten dalam menabung. Dengan begitu, rumah impian kamu akan segera kamu dapatkan dan bukan angan belaka lagi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *