Tanggal:21 May 2024

8 Cara Efektif Menabung Untuk Menikah Hemat, Bahagia, dan Anti-boncos!

Menikah merupakan salah satu momen bahagia yang dinantikan semua orang. Namun, satu hal yang membuat pernikahan sedikit struggle untuk dilaksanakan. Bukan karena usia sudah matang tapi belum ada pasangan, melainkan usia sudah pas tapi modalnya yang belum siap. Hal ini dikarenakan modal menikah memang tidak sedikit. Apalagi bagi sebagian orang, menikah perlu dirayakan karena itu merupakan momen sekali seumur hidup.

Inilah yang membuat sebagian pasangan bimbang, bagaimana caranya agar tetap bisa merayakan pernikahan dengan modal yang berkecukupan? Berikut beberapa tips yang bisa menjadi solusinya.

Baca juga: 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menikah, Calon Manten Wajib Baca!

1. Membuat Skala Prioritas

Membuat to do list untuk rencana pernikahan (Sumber: Unsplash)

Saat berniat menabung untuk menikah maka pengeluaran tidak bisa digunakan semean-mena seperti sedia kala. Memuat skala prioritas perlu dilakukan agar uang tabungan tidak habis karena alasan khilaf. 

Misalnya, pembagian gaji untuk beberapa keperluan, seperti kebutuhan sehari-hari, transportasi kerja, dan mungkin juga untuk orang tua. Nah, jika dulu sisa uang gaji bisa untuk foya-foya, sekarang mulai disisihkan pula sebagai modal menikah kecual jika ada keperluan mendadak dan harus diprioritaskan. Namun, jangan sering-sering juga mengeluarkan uang berkedok darurat. Perlu juga diskusi dengan pasangan mana yang harus dipersiapkan lebih dulu agar tujuan menabung lebih spesifik.

2. Menentukan Budget Pernikahan

Menentukan besaran modal untuk menikah (Sumber: Pexels)

Wedding seperti apa yang diinginkan, mau konsep yang bagaimana, dan detail lainnya juga perlu dibicarakan dengan pasangan, loh. Hal ini untuk mencocokkan antara pernikahan yang diinginkan seperti apa dengan budget yang dimiliki.

Misal, berkeinginan untuk pernikahan berkonsep A maka bisa perlahan menabung agar bisa menutup biaya pernikahan tersebut. Semakin rincinya perhitungan tentang konsep pernikahan  yang dibuat, semakin tepat pula budget yang didapat sehingga pernikahan berjalan sesuai keinginan dan budget tentunya.

Tapi, jika memang perhitungannya tidak memungkinkan untuk mewujudkan konsep pernikahan tersebut maka bisa jadi budget-lah yang akan menentukan pernikahan tersebut seperti apa.

Baca juga: 9 Inspirasi Konsep Pernikahan Impian, Mana Impian Kamu?

3. Vakum Liburan dan Jajan

Puasa liburan untuk sementara (Sumber: Unsplash)

Anak muda sekarang jika merasakan adanya tekanan sedikit, pasti langsung kepingin healing baik itu traveling, belanja, maupun jajan. Ini mungkin sepele. Namun, sebenarnya justru inilah yang membuat uang cepat habis. Keluar uang sedikit demi sedikit dengan alasan karena tekanan kantor, dan lain-lain. Padahal nyatanya itu hanyalah boros dengan gaya.

Liburan dan jajan ini perlu ditahan jika ingin wedding dream benar-benar terwujud. Boleh jika ingin healing dari penatnya kehidupan, tapi harus tetap ingat tentang skala prioritas yang telah dibuat sebagai persiapan menikah.

4. Mengecilkan Budget Prewedding

Anggaran prewedding yang [erlu dikurangi (Sumber: Unsplash)

Sebenarnya dalam pernikahan, prewedding tidaklah wajib. Tapi, mungkin karena perkembangan zaman juga yang membuat orang-orang sekarang membuat foto prewedding untuk dipajang pada saat resepsi. Apalagi foto prewedding sampai mengeluarkan biaya yang sebenarnya over budget tapi tetap saja dilakukan.

Hal itu sebaiknya dihindari, banyak ide kreatif yang bisa digunakan untuk foto prewedding tanpa harus keluar budget yang cukup menguras tabungan pernikahan. Misalnya, foto studio sederhana menggunakan dress code tertentu, foto casual saat jalan-jalan, bisa juga foto saat masa pacaran dulu, atau ide-ide anti mainstream lainnya yang tidak harus foto di tempat tertentu dan properti yang tentu tidak menambah biaya.

Baca juga: 5 Tema Foto Studio Bareng Pacar, Apa Aja, Ya?

5. Menerapkan Kencan Hemat

Mengurangi kencan yang bersifat hedon (Sumber: Unsplash)

Fokus menabung bukan berarti tidak bisa kencan seperti dulu lagi, ya, melainkan lebih ke arah mengubah konsep kencan saja. Jika sebelumnya kencan harus di tempat mewah, jauh, mencari tempat wisata yang sebenarnya tidak begitu penting maka kali ini konsep kencan bisa diakali dengan kegiatan lain, seperti kencan di rumah. 

Banyak hal yang bisa dilakukan bersama saat kencan di rumah, seperti masak lalu makan bersama, atau  bisa juga membuat camilan lalu menonton film bersama di rumah. Sekarang juga didukung dengan adanya platform film streaming yang bisa diakses di mana saja, jadi tidak perlu menonton film di bioskop untuk sementara. Kencan di rumah juga tidak mengurangi kesan romantis, loh.

6. Hindari Membeli Hadiah Mahal

Hadiah bisa diganti dengan seserahan pernikahan (Sumber: Unsplash)

Baca juga: 13 Ide Kado Pernikahan yang Bermanfaat 

Mungkin beberapa pasangan rutin memperingati hari jadi mereka (anniversary) dengan cara merayakannya dengan hedon. Atau saat pasangan sedang berulang tahun sehingga perlu menyiapkan kadonya. Hal itu boleh saja dilakukan, namun, jika kedua pihak telah bersepakat untuk menabung bersama sebagai modal pernikahan maka lebih baik jika merayakan anniversary atau ulang tahun secara sederhana. Apalagi jika hadiah itu hanya sesuatu yang diinginkan saja, bukan yang dibutuhkan.

Ada salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengganti hadiah saat perayaan ini. Misalnya, mengganti budget yang seharusnya untuk membeli hadiah dengan pembelian seserahan. Dengan begini, perayaan anniversary atau ulang tahun tetap bisa saling memberi sesuatu, di sisi lain seserahan juga bisa ikut terkumpul.

Baca juga: 13 Isi Seserahan Pernikahan yang Harus Ada 

7. Komitmen Dengan Pasangan

Butuh komitmen antara kedua pihak (Sumber: Pexels)

Pernikahan merupakan kesepakatan antara dua pihak. Oleh karena itulah dibutuhkan komitmen diantara keduanya tentang apa saja yang ingin diraih bersama, dan bagaimana cara meraih keinginan itu bersama-sama termasuk konsep pernikahan. Dengan adanya komitmen ini dapat memudahkan tujuan jangka panjang telah tersusun.

Komitmen ini membuat pasangan seperti memiliki tanggung jawab dan tugas dalam kehidupan masa depan. Apalagi pasangan yang telah mantap memutuskan akan menikah, adalah mereka yang memiliki niat untuk melanjutkan hubungan ke arah yang serius. Oleh karena itulah, komitmen akan masa depan bersama perlu dilakukan. 

8. Konsisten Dalam Menabung

Konsisten dalam menabung bersama (Sumber: Unsplash)

Setelah membuat komitmen bersama, hal yang cukup sulit dilakukan selanjutnya, yaitu konsisten. Misalkan, pasangan telah berkomitmen untuk menabung sekian rupiah selama sebulan dengan konsep pernikahan yang cukup mewah. Dengan rencana itulah yang seharusnya membuat pasangan bersemangat untuk menabung bersama.

Jika suatu saat ada keperluan mendadak yang mengharuskan keluar uang tabungan maka masih bisa dimaklumi. Tapi, jika di tengah jalan tabungan tersebut berhenti terisi, hal ini yang perlu dipertanyakan karena dengan terhambatnya tabungan, maka terhambat pula pernikahan impian yang ingin diwujudkan bersama dan terlaksana tepat waktu.

Itu tadi sedikit ulasan tentang tips menabung untuk mewujudkan pernikahan impian. Sebenarnya banyak jasa wedding organizer (WO) yang bisa menyesuaikan budget pernikahan yang dimiliki pasangan, loh. Karena mereka biasanya memiliki paket pilihan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kliennya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *