Tanggal:21 February 2024

15 Tips Cara Belajar Bahasa Inggris Dari Nol

Halo Sobat Vocasia!

Mempelajari bahasa Inggris adalah kegiatan yang membutuhkan waktu banyak untuk menjadi mahir. Kemampuan bahasa Inggris terdapat 4, yaitu kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan melakukan percakapan. Agar sobat mampu melakukan keempat kemampuan tersebut, mimin akan menyampaikan 15 tips belajar Bahasa Inggris yang sobat bisa terapkan.

Mau tahu lebih lanjut? Ayo simak tips-tips di bawah ini!

Skills dalam bahasa Inggris. Sumber: Vocasia

Tips-Tips dalam belajar bahasa Inggris

Ilustrasi tips dalam mempelajari bahasa Inggris (Urutan tips 1-8 sesuai dengan di artikel). Sumber: Vocasia

1) Mempelajari kosakata baru

Mulailah dengan mempelajari kosakata dasar dalam bahasa Inggris, seperti kata-kata sehari-hari, kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Anda bisa menggunakan kamus online, aplikasi, atau buku kosakata bahasa Inggris.

2) Berbicara dalam bahasa Inggris

Tentunya tips satu ini harus dilakukan, yaitu berbicara bahasa Inggris. Latihan berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman, mentor, atau melalui aplikasi berbicara online untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan percaya diri dalam berkomunikasi.

3) Membaca buku atau artikel dalam bahasa Inggris

Baca buku atau artikel dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman kosakata, tata bahasa, dan pemahaman konteks. Mulailah dengan bacaan yang sesuai dengan tingkat pemahaman Anda dan tingkatkan secara bertahap.

4) Mendengarkan materi berbahasa Inggris

Dengarkan berbagai materi dalam bahasa Inggris, seperti lagu, podcast, atau video dengan subtitle dalam bahasa Inggris untuk melatih pendengaran dan pemahaman bahasa Inggris dalam konteks nyata.

5) Menulis dalam bahasa Inggris

Cobalah untuk menulis catatan atau tulisan singkat dalam bahasa Inggris untuk berlatih tata bahasa, kosa kata, dan gaya penulisan dalam bahasa Inggris.

6) Menyusun target belajar

Tetapkan target belajar bahasa Inggris yang realistis, seperti mempelajari sejumlah kosakata baru setiap minggu, mendengarkan berita dalam bahasa Inggris setiap hari, atau berbicara dalam bahasa Inggris selama beberapa menit setiap hari.

7) Menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

Gunakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang banyak tersedia, seperti Duolingo, Babbel, atau Memrise yang dapat membantu Anda mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

8) Mengikuti kursus atau kelas bahasa Inggris

Daftar di kursus atau kelas bahasa Inggris di lembaga pendidikan atau pusat kursus bahasa Inggris untuk memperoleh bimbingan langsung dari pengajar berpengalaman.

Ilustrasi tips dalam mempelajari bahasa Inggris (Urutan tips 9-15 sesuai dengan di artikel). Sumber: Vocasia

9) Menggunakan media sosial dalam bahasa Inggris

Menggunakan media sosial dalam bahasa Inggris, seperti mengikuti akun-akun yang berbicara dalam bahasa Inggris, dapat membantu Anda terbiasa dengan kosakata, ungkapan, dan gaya bahasa Inggris yang digunakan dalam konteks sosial media.

10) Berpartisipasi dalam kegiatan bahasa Inggris

Mengikuti kegiatan bahasa Inggris, seperti klub bahasa Inggris, program pertukaran budaya, atau volunteering dalam lingkungan berbahasa Inggris, dapat memberikan Anda kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris secara aktif dan mempraktikkan keterampilan bahasa Inggris dalam konteks nyata.

11) Membaca berita dalam bahasa Inggris

Membaca berita dalam bahasa Inggris dari sumber berita terpercaya dapat membantu Anda memperoleh informasi aktual, mempelajari kosakata baru, dan meningkatkan pemahaman tentang tata bahasa dan gaya penulisan dalam bahasa Inggris.

12) Menonton film atau acara TV berbahasa Inggris

Menonton film atau acara TV berbahasa Inggris dengan subtitle dalam bahasa Inggris dapat membantu Anda memperluas kosakata, mengasah pendengaran, dan memahami konteks bahasa Inggris dalam situasi yang berbeda.

13) Mengikuti kelas percakapan bahasa Inggris

Bergabung dengan kelas percakapan bahasa Inggris yang berfokus fokus pada berbicara dan berinteraksi dalam bahasa Inggris dengan pengajar dan peserta lainnya.

14) Menggunakan aplikasi kamus

Menggunakan aplikasi kamus dapat membantu Anda memahami arti kata-kata baru, ungkapan, atau frasa dalam bahasa Inggris ketika Anda sedang membaca, mendengarkan, atau berbicara.

15) Berlatih secara konsisten

Tips terakhir adalah bersikap Konsisten. Konsistensi adalah kunci dalam belajar bahasa Inggris atau bahasa apapun. Berlatih secara teratur dan konsisten akan membantu Anda memperoleh kemajuan yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.

Itulah 15 tips yang bisa sobat terapkan dalam mempelajari bahasa Inggris. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.

Mau belajar grammar bahasa Inggris agar lancar? Ayo ikuti kursus “PROMO BEDUG (Belajar Dapat Untung) Belajar Grammar Untuk Pemula”. Kebetulan lagi ada promo Ramadhan. Langsung klik tombol di bawah ini untuk bergabung!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *