Tanggal:25 May 2024

10+ Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang

Ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang adalah bagian dasar yang Anda butuhkan saat belajar bahasa asing (termasuk bahasa Jepang). 

Selain itu, orang Jepang sekarang populer di kalangan orang-orang Indonesia melalui industri hiburan mereka. Belajar bahasa Jepang dapat diselesaikan dengan berbagai cara. Anda dapat mempelajarinya dengan menonton anime atau film, membaca komik, mendengarkan musik dan mempelajari situs web khusus Jepang. 

Untuk pemula, salah satu kata yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana berterima kasih kepada orang Jepang. Berikut ini adalah 10+ Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang, yang dapat digunakan untuk kalimat dan contoh kalimat.

10+ Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Ada berbagai bentuk atau alternatif untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang mulai dari bentuk yang paling sederhana hingga yang dianggap cukup rumit untuk diucapkan oleh penutur bahasa Indonesia. Bahasa Jepang mempunyai bahasa yang standar dan bahasa non-standar.

Sama halnya dengan ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang, ada sapaan yang dianggap formal dan ada juga ucapan yang dianggap tidak formal sehingga bisa digunakan saat berkomunikasi dengan orang tertentu saja.

Berikut ini adalah beberapa ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang:

1) ありがとう (Arigatou) – Terima kasih 

Ini adalah cara paling umum dan sederhana untuk mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang. Kata “arigatou” berasal dari dua kata Jepang, “ari” yang berarti “keberadaan” dan “gatou” yang berarti “syukur”. Jadi kata tersebut secara harfiah berarti “bersyukur”. Sebagai bagian dari penggunaan, “arigatou” dapat digunakan dalam situasi resmi atau resmi.

2) ありがとうございます (Arigatou gozaimasu) – Terima kasih banyak 

Ini adalah bentuk “arigatou” yang lebih formal dan sopan. Kata-kata terima kasih ini lebih umum digunakan dalam situasi formal, seperti situasi bisnis, wawancara kerja, atau saat berbicara dengan orang tua atau orang yang dihormati. “Arigatou gozaimasu” berasal dari kata “gozaimasu” yang menunjukkan rasa hormat dan hormat.

3) どうもありがとうございます (Doumo arigatou gozaimasu) – Terima kasih banyak-banyak 

Ini adalah bentuk yang berlebihan dari “arigatou gozaimasu”. “Doumo” ialah kata yang menunjukkan rasa kagum atau kekaguman, sehingga “doumo arigatou” secara harfiah berarti “terima kasih yang sangat-sangat”. Ucapan terima kasih ini seringkali digunakan pada saat acara informal dan dapat digunakan untuk mengekspresikan rasa terima kasih yang lebih besar.

4) お礼を申し上げます (Orei wo moushiagemasu) – Saya menyampaikan terima kasih 

Ini adalah bentuk ucapan terima kasih yang lebih formal. “Orei” adalah kata yang berarti “terima kasih”, sedangkan “moushiagemasu” adalah kata yang menunjukkan rasa hormat dan hormat. Afirmasi ini lebih umum digunakan dalam bisnis atau situasi formal lainnya.

5) 心より感謝します (Kokoro yori kansha shimasu) – Saya bersyukur dari hati 

Ini adalah ucapan terima kasih yang sangat formal dan sopan. “Kokoro yori” artinya “dari hati” dan “kansha shimasu” artinya “bersyukur”. Kata-kata terima kasih ini menunjukkan rasa terima kasih kami yang dalam dan tulus dari lubuk hati kami.

6) おかげさまで (Okagesama de) – Berkat Anda

Ini adalah bentuk terima kasih yang sedikit berbeda. “Okagesama” secara harfiah berarti “berkah”, sedangkan “kata” adalah kata yang menunjukkan bahwa sesuatu terjadi karena sesuatu. Jadi “okagesama dari” artinya “untuk restumu”. Ungkapan terima kasih ini digunakan ketika seseorang merasa beruntung atau sukses berkat bantuan atau dukungan orang lain.

7) ご厚意に感謝します (Go kou i ni kansha shimasu) – Saya bersyukur atas kebaikan Anda 

Ungkapan ini digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan atau kebaikan seseorang. “ご厚意” (go kou i) berarti “kebaikan” atau “kebaikan” dan “感謝します” (kansha shimasu) berarti “Saya bersyukur”.

8) 助けていただきありがとうございます (Tasukete itadaki arigatou gozaimasu) – Terima kasih banyak karena telah membantu saya 

Frase ini mengungkapkan terima kasih karena seseorang telah membantu kita. “助けていただき” (tasukete itadaki) berarti “telah membantu saya” dan “ありがとうございます” (arigatou gozaimasu) berarti “terima kasih banyak”.

9) ありがとうございました (Arigatou gozaimashita) – Terima kasih banyak (digunakan setelah selesai) 

Ungkapan ini digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur di akhir suatu acara atau kegiatan. “ありがとうございました” (arigatou gozaimashita) artinya “terima kasih banyak (akhir)”.

10) いつもお世話になっています (Itsumo osewa ni natte imasu) – Terima kasih banyak atas bantuan Anda selalu

Ungkapan ini digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada seseorang yang selalu membantu atau peduli pada kita. “いつも” (itsumo) artinya “selalu”, “お世話になっています” (osewa ni natte imasu) artinya “kamu banyak membantuku”.

11) もうけっこうです (Mô kekkou desu) – Terima kasih, sudah cukup

Ungkapan bahasa Jepang sering digunakan untuk menolak tawaran atau permintaan dengan sopan. Secara harfiah, frasa ini dapat diterjemahkan sebagai “cukup” atau “tidak perlu”. 

Contoh penggunaan frasa ini adalah ketika seseorang menawari kita sesuatu, seperti makanan atau minuman, tetapi kita merasa kenyang atau tidak mau menerimanya. Dalam situasi ini, seseorang dapat menggunakan frasa “Mô kekkou desu” untuk menolak tawaran dengan sopan dan menghargai usaha orang tersebut. 

Ungkapan “Mo kekkou desu” juga dapat digunakan ketika seseorang menawarkan bantuan atau bertanya apakah kita membutuhkan sesuatu, tetapi kita merasa tidak membutuhkannya. Dalam hal ini, ungkapan tersebut juga dapat dipahami sebagai ungkapan rasa terima kasih atas kebaikan hati orang yang menawarkannya, namun ditolak dengan halus.

Nah, Sobat. Itulah 10+ Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Jepang yang harus Anda ketahui. Ucapan ini adalah bentuk dasar dari bahasa Jepang.

Kalau ingin mempelajari lebih lengkapnya, Anda bisa ikuti Kursus di Vocasia yang membahas tentang “Kursus Bahasa Jepang: Pemula 2 | Bahasa Jepang di Kehidupan Sehari-hari” dengan menekan tombol di bawah ini!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *