Tanggal:17 May 2024

Cara-Cara Menyikapi Gagal Naik Jabatan!

Saat kamu sudah yakin bahwa kamu akan naik jabatan dan mendapatkan promosi dari atasan, pastinya kamu merasa sangat senang atas apa yang telah kamu capai selama ini. Tetapi bagaimana kalau hal tersebut gagal terjadi? Apakah kamu masih memiliki kinerja dan motivasi yang sama? Atau berubah drastis karena ekspektasi yang hilang begitu saja? 

Pastinya normal untuk merasa kecewa dan sedih dengan situasi seperti itu. Bagaimana cara kamu menyikapinya-lah yang penting. Karena jika kamu salah melakukannya saja sedikit, akan mengubah cara pandang kamu dengan pekerjaan kamu yang sekarang hingga kedepannya. Ingin tahu cara-cara ampuhnya? Yuk kita simak di list berikut!

Baca Juga | Yuk Simak! Tips Untuk Memilih Kantor

1. Ambil Sisi Positifnya 

Dalam setiap peristiwa, pasti selalu ada sisi negatif dan positifnya. Kamu jangan terlalu fokus dengan sisi negatifnya, karena itu akan membuatmu menjadi orang yang negatif kedepannya. Melainkan, kamu ambil sisi positifnya dan anggap saja ini adalah awal dari sesuatu yang akan kamu dapatkan di kedepannya.

Baca Juga | 7 Cara Mengatasi Overthinking, Yuk Coba!

2. Jangan Jadikan Ini Titik Akhirmu 

Banyak orang kalau sudah gagal, mereka sangat terpuruk dan sangat kecewa dengan apa yang telah terjadi. Tugas kamu di kasus ini adalah untuk tidak membuat kegagalan ini menjadi titik rendah kamu. Masih banyak rintangan di hidup, jangan membuat hal ini memakanmu.

Baca Juga | 7 Cara Membuat Action Plan

3. Tenangkan Diri 

Tenangkan diri dengan tarik nafas, minum air putih, dekatkan diri dengan tuhan, hingga curhat ke teman dekatmu. Apapun itu caranya, kamu harus bisa menenangkan diri agar kamu tidak memiliki amarah dan emosi yang kamu ingin gunakan, karena itu tidak ada gunanya.

Baca Juga | 7 Cara Efektif Mengendalikan Emosi

4. Meminta Masukkan 

Ada baiknya kamu meminta masukkan kepada atasan dan rekan-rekan kerja kamu agar kamu tahu apa yang mungkin dapat tingkatkan dan perbaiki kedepannya dalam pekerjaan. Dengan kamu melakukan ini, kamu sudah mengambil jalan yang sangat tinggi, mengetahui atasan kamu yang menggagalkan kenaikan jabatan kamu.

Baca Juga | Apa Itu Growth Mindset? Pengertian, Manfaat, Penerapan, Dan Bedanya Dengan Fixed Mindset

5. Evaluasi Diri  

Saatnya kamu melakukan evaluasi diri untuk diri kamu sendiri. Setelah tahap-tahap di atas kamu ikuti, kamu juga memerlukan evaluasi kepada diri kamu sendiri. Apakah kamu sudah benar-benar siap untuk naik jabatan? Apakah kamu harus masih ada yang diperbaiki dan sebagainya? Apa yang harus dilakukan setelah ini. Semua jawabannya sudah ada, hanya kamu saja yang menentukannya.

Baca Juga | Evaluasi Diri: Pengertian, Pentingnya, Dan Cara Melakukannya

Jika kamu gagal, bukan berarti itu adalah akhir dari segalanya. Masih banyak kesempatan kedepannya. Tetap semangat!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *