Tanggal:26 February 2024

5 Tips untuk Memilih Kantor

Tak jarang suatu perusahaan memerlukan suatu kantor untuk operasional. Kelebihan lain dari adanya kantor adalah memudahkan pengawasan karyawan di perusahaan saat bekerja.

Dalam memilih kantor kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Memiliki gedung kantor yang nyaman dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang merupakan impian dari semua perusahaan. Maka dari itu pimpinan perusahaan perlu memikirkan hal ini dengan sangat matang.

Untuk memiliki suatu gedung memang memerlukan biaya yang besar, tetapi jika kamu belum memiliki modal untuk membeli gedung, kamu bisa menyewa bangunan yang lebih kecil untuk dijadikan kantor.

Keterbatasan modal merupakan suatu tantangan bagi kamu yang ingin memiliki kantor yang tepat.

Buat kamu yang saat ini sedang memiliki usaha dan berkeinginan untuk memiliki suatu kantor perusahaan, merasa beruntunglah karena sudah menemukan artikel ini.

Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu tips untuk memilih kantor. Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

1. Lokasi yang strategis

location

Lokasi kantor yang strategis – @rawpixel.com

Wajib hukumnya untuk memiliki kantor di lokasi yang paling strategis. Kriteria penting lokasi kantor yang strategis yaitu berada di sekitar pemukiman warga atau daerah padat, jalan besar atau jalan raya, dekat dengan tempat tinggal pelanggan dan akses mobilitas yang baik bagi karyawan maupun pelanggan.

Gedung kantor yang memiliki akses perjalanan yang mudah akan mendatangkan lebih banyak pelanggan kedepannya. Tips agar kamu bisa dengan mudah menemukan tempat yang strategi yaitu memilih tempat/kawasan/wilayah yang populer. Pada dasarnya, tempat yang populer akan memiliki akses mobilitas yang padat karena terdapat banyak kendaraan umum, jalan tol dan lain sebagainya.

Baca Juga:

2. Luas

Tips untuk memilih kantor yang tepat selanjutnya adalah mempertimbangkan secara matang luas kantor yang kamu butuhkan. Luas kantor yang akan kamu gunakan harus menyesuaikan dengan keperluan bisnis kamu.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menyusun rencana berapa jumlah sumber daya manusia yang akan beroperasi di lingkungan kantor, lebar gudang yang bisnis kamu butuhkan, ruang tamu atau showroom atau front office yang ideal, ruang negosiasi dengan klien yang proposional dan beberapa ruangan penting lainnya.

Gunakan rancangan tersebut segai acuan dalam menentukan luas kantor yang diperlukan perusahaan kamu.

Baca Juga:

3. Keamanan

fingerprint

Perhatikan keamanan di dalam dan luar kantor – @rawpixel.com

Tips yang ketiga untuk menentukan kantor adalah memilih gedung kantor yang berlokasi di kawasan aman. Keamanan dalam gedung maupun di luar gedung. Untuk keamanan di luar gedung kamu harus memperhatikan security system, keamanan pintu masuk kantor, dan ;ain sebagainya. Sedangkan untuk yang di luar kantor, kamu wajib memperhatikan satuan keamanan yang bertugas di lingkungan sekitar kantor, penjagaan di luar gedung, tetangga rumah tangga maupun bisnis lain serta situasi kriminalitas di lingkungan setempat.

Informasi mengenai keamanan kantor dan lingkungan bisa kamu dapatkan dengan cara bertanya kepada orang yang sudah tinggal di sana terlebih dahulu, bertanya kepada petugas keamanan dan memperhatikan sendiri secara langsung.

Baca Juga:

4. Harga sewa

harga

Sesuaikan harga dan fasilitas yang diberikan – @rawpixel.com

Tidak bisa dipungkiri harga menjadi salah satu hal yang paling pertama kamu lihat dalam mencari tempat kantor. Pastikan jika harga yang kamu keluarkan sesuai dengan fasilitas yang tersedia di gedung kantor maupun di lingkungan sekitar kantor seperti parkir dan lain-lain.

Jangan hanya mencari tempat yang menawarkan harga sangat murah tetapi fasilitas yang disediakan murahan. Hindari harga sewa yang terlalu tinggi karena seiring berjalannya waktu perusahaan bisa mengupgrade kantor menjadi lebih baik.

Wajib hukumnya untuk selalu menawar harga menjadi lebih murah sebelum melakukan deal dengan pihak penyewa.

Baca Juga:

5. Kontrak sewa yang jelas

Penipuan sewa gedung kantor makin marak. Kasus penipuan dipengaruhi oleh kurang jelinya penyewa dalam membaca surat kontrak. Perhatikan surat kontrak sewa dengan seksama. Buatlah perjanjian sewa yang kamu inginkan. Bacalah semua persyaratan dan ketentuan terhadap fasilitas yang berikan.

Demikian adalah beberapa tips yang akan membantumu untuk mendapatkan kantor perusahaan yang tepat. Buat kamu yang belum mempertimbangkan kelima tips diatas cobalah menerapkannya. Semoga Bermanfaat !

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman.

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *