Tanggal:29 April 2024

Cara Cek Traffic Website, Kamu Wajib Tahu!

Halo sobat Vocasia, tentu traffic website menjadi hal penting bagi rekan-rekan yang memiliki website. Lalu bagaimana cara mengecek traffic website secara gratis?

Akhir-akhir ini semua bidang usaha telah memasuki tahap pemasaran digital atau yang lebih dikenal dengan digital marketing. Banyak usaha yang memiliki situs website sendiri untuk melakukan transaksi jual beli.

Tentu saja sebagai pebisnis perlu mengetahui bagaimana cara mengecek traffic website secara gratis agar dapat memangkas biaya juga dengan menggunakan tools untuk mengecek traffic website dengan gratis. Berikut penjelasannya.

1. Google Analytics

Sumber: towardsdatascience.com

Website pertama yang dapat digunakan untuk mengecek traffic website dengan gratis adalah menggunakan Google Analytics. Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Dengan menggunakan Google Analytics, kita dapat mengetahui data dalam website; seperti dapat mengetahui jumlah kunjungan dan durasi kunjungan. Lalu bagaimana cara menggunakan alat Google Analytics, berikut tata cara menggunakan Google Analytics:

  1. Pertama, kita harus memiliki akun Google untuk masuk ke dashboard Google Analytics.
  2. Setelah masuk dashboard, kamu bisa melihat grafik data utama yang ada di website kita, yaitu:
    1. User : jumlah pengunjung yang melihat website kamu.
    2. Sessions : jumlah kunjungan ke website kamu.
    3. Bounce rate : persentase dari pengunjung yang keluar dari website kamu tanpa membuka halaman lain.
    4. Session duration : durasi pengunjung melihat website kamu
  3. Dengan menggunakan Google Analytics, kamu juga bisa mengatur rentang grafik waktu yang ingin kamu tampilkan.
  4. Dalam dashboard juga terdapat kolom Active User Right now dimana kamu bisa melihat jumlah kunjungan website secara real time.
  5. Kamu juga bisa melihat informasi yang lebih detail di dalam menu Audience Overview yang berada di bawah grafik utama juga tertera beberapa data yang bisa kamu lihat seperti:
    1. New Users
    2. Pages/Session
    3. Number of Session
  6. Jika ingin melihat informasi yang jauh lebih detail lagi, kamu bisa mengakses menu Audience di sebelah kiri layar. Menu Audience mengandung indikator yang jauh lebih detail seperti gender, umur, dan minat pengunjung.

2. Ubersuggest

Sumber: thehumancapitalhub.com

Selain Google Analytics, ada situs untuk mengecek traffic gratis lainnya yang bernama Ubersuggest. Ubersuggest sangat menarik karena selain menyediakan fitur untuk analisis SEO yang lumayan lengkap, situs ini juga memiliki tampilan (interface) yang mudah untuk para pengguna. Situs Ubersuggest sendiri dapat diakses secara gratis, tetapi kamu bisa meningkatkan level akun kamu untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Jika kamu ingin menggunakan Ubersuggest, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah sini:

  1. Masuk ke dalam laman Ubersuggest kemudian ketik domain yang ingin kamu ketahui jumlah traffic-nya.
  2. Ubah opsi negara menjadi negara Indonesia kemudian cari.
  3. Di kolom Overview kamu bisa melihat grafik traffic website yang kamu cari dengan gratis, tetapi kamu hanya bisa melihat riwayat traffic website 5 bulan ke belakang saja.
  4. Kamu juga dapat mengetahui laman situs yang memiliki jumlah traffic terbanyak dengan menekan tombol Top Pages.

3. Alexa

Alat cek traffic website secara gratis lainnya adalah Alexa. Alexa sendiri adalah alat yang digunakan untuk menganalisis SEO dan digunakan sebagai web analytics yang dikembangkan oleh Amazon. Website Alexa sendiri populer karena terdapat fitur Website Traffic Statistics yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui target dari pengunjung.

Dengan menggunakan website Alexa kamu dapat melihat beberapa data, seperti keyword, statistic web, dan insight audience.

Mengetahui data-data di atas dapat menjadi evaluasi untuk kamu yang memiliki website agar dapat mengetahui target pengunjung yang lebih cocok sehingga dapat melakukan perbaikan ke depannya.

4. Similar Web

Sumber: similarweb.com

Similar Web adalah situs yang menyediakan jasa web analytics. Selain menyediakan jasa web analytics, Similar Web juga mempunyai fitur gratis bernama website traffic estimator yang bisa kamu gunakan di menu utama.

Untuk menggunakan Similar Web sendiri kamu bisa mengunjungi situs Similar Web, kemudian kamu bisa memasukan domain/website yang ingin kamu analisis. Setelah itu akan muncul beberapa informasi seperti data jumlah pengunjung website, topik yang paling banyak dibahas, kategori yang sedang populer, sebaran daerah kunjungan website, dan informasi umum lainnya.

Tak hanya itu, Similar Web bisa digunakan untuk melihat perbandingan performa website kamu dengan website orang lain. Dengan fitur itu kamu dapat melihat keunggulan dan kekurangan dari website kompetitor.

5. SE Ranking

Sumber: seekpng.com

SE Ranking adalah alat yang juga bisa kamu gunakan untuk melihat estimasi traffic secara gratis. Di dalam SE Rangking sendiri memiliki analisis yang cukup lengkap. Dengan SE Ranking kamu bisa melihat kunjungan dan juga dapat memperoleh rekomendasi keyword.

Kamu bisa melakukan analisis traffic berdasarkan negara, tetapi website SE Ranking sendiri memiliki kekurangan, yaitu tidak ada opsi untuk negara Indonesia di dalamnya. Dengan tidak adanya opsi ini, tentu kamu tidak dapat melihat traffic yang berasal dari Indonesia.

Dalam dashboard utama, kamu dapat melihat organic traffic dan juga paid traffic. Selain bisa melihat perbandingan dari organic traffic dan paid traffic; kamu juga dapat melihat informasi yang lebih detail, seperti info keyword utama di traffic masing-masing website dan daftar kompetitor dari website yang sejenis dengan milikmu.

Menggunakan SE Ranking tidak hanya akan membantumu untuk menganalisis traffic, tetapi juga dapat membantu kamu untuk melakukan riset terhadap keywords.

Tunggu apalagi, cek traffic website kamu sekarang

Sobat Vocasia, bagaimana isi konten artikel ini? Karena kamu sekarang sudah tahu bagaimana dan dimana untuk mengecek traffic website, kamu bisa langsung mempraktikkan wawasan yang sudah kita bagikan di situs Vocasia untuk membuat website kamu lebih baik lagi ke depannya dan kamu juga dapat mengawasi website kompetitor.

Semoga wawasan yang kita bagikan ini bisa membantu kamu untuk mengembangkan website kamu dan dapat membantu bisnis digital ataupun website milikmu agar lebih baik ke depannya.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *