Tanggal:05 May 2024

Ini Dia, Cara Hapus Akun Google dari Perangkat Android dan Laptop!

Akun Google adalah milik pribadi atau private dari setiap orang, sehingga ada beberapa situasi yang membuatmu ingin menghapus akun Google dengan alasan pribadi. Kamu bisa menghapus akun Google dari Hp Android, lho! Penasaran gimana caranya? Simak penjelasan berikut ini, ya. 

Akun Google saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat, terutama orang-orang yang sering menggunakan layanan internet. Dengan memiliki akun tersebut, kamu bisa mengakses banyak layanan, mulai perbankan hingga hiburan.

Cara hapus akun Google dibutuhkan saat kamu sudah tidak menggunakannya. Biasanya, seseorang akan menghapus akun Google kedua atau ketiga yang menjadi cadangan untuk berbagai kebutuhan, seperti bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya.

Akun Google ini dihapus berkaitan dengan akun Google Mail atau Gmail. Saat akun Gmail kamu masih aktif, tentunya setiap pesan tetap akan masuk, baik itu penting atau tidak. Menghapus akun Google bisa mengatasi masalah masuknya email tidak penting yang mengganggu.

Baca Juga: Cara keluar dari akun google!

Cara hapus akun Google tidak begitu sulit dilakukan. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya yang mudah, baik di hp ataupun di laptop. Akun Google yang sudah tidak kamu pakai lagi, tentu memang sudah seharusnya kamu hapus saja agar notifikasinya tidak mengganggu.

Sebelum mengetahui cara hapus akun Google, kamu tentu harus tahu konsekuensi saat kamu menghapus akun. Pasalnya, saat menghapus akun Google secara permanen, tentunya segala aktivitas kamu pada akun tersebut akan secara otomatis ikut terhapus juga. Berikut beberapa konsekuensi atau efek dari menghapus akun Google secara permanen:

  • Kamu akan kehilangan semua data dan konten di akun tersebut, seperti email, file, kalender, hingga foto.
  • Kamu tidak akan bisa menggunakan layanan Google tempat kamu login dengan akun tersebut, seperti Gmail, Drive, Kalender, atau Play.
  • Kamu akan kehilangan akses ke langganan dan konten yang dibeli dengan akun tersebut di YouTube atau Google Play, seperti aplikasi, film, game, musik, dan acara TV.

Lantas, bagaimana cara menghapus akun Google? Simak berikut penjelasannya.

Cara Hapus Akun Google dari Hp dan Laptop

Cara Menghapus Akun Google dengan Hp (Pexels)

Cara Hapus Akun Google di Hp

Bingung cara menghapus akun Google di hp? jangan khawatir! sebagai berikut caranya:

  1. Buka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ di hp Android.
  2. Klik ‘Accounts’ atau ‘Akun’.
  3. Pilih opsi Google.
  4. Akan muncul daftar akun Google yang login di hp Android kamu.
  5. Klik akun Google yang akan dihapus dari hp Android.
  6. Lalu klik ‘Remove Account’ atau ‘Hapus Akun’.
  7. Akun Google akan terhapus dari perangkat Android.

Cara Hapus Akun Google di Laptop

Kamu juga dapat menghapus akun Google melalui laptop, caranya pun mudah, tinggal ikuti langkah berikut: 

  1. Buka akun Google melalui Gmail yang akan dihapus.
  2. Pilih menu ‘Data & Privasi’ pada akun Google.
  3. Lalu scroll dan pilih menu ‘Opsi data & privasi Anda’.
  4. Setelah itu, pilih menu ‘Menghapus akun Google Anda’.
  5. Lalu ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan untuk menghapus akun kamu.

Selain aplikasi dan layanan, setelah akun Google dihapus, kamu akan kehilangan kontak yang hanya disimpan di akun dan tidak disimpan secara terpisah di perangkat. Data tidak akan disimpan ke Drive. Data tersebut meliputi foto yang diambil menggunakan perangkat kamu atau file yang di-download dari email. 

Baca Juga: Cara Agar Backlink Cepat Terindex Google

Kamu juga tidak bisa mengunduh atau mengunggah file ke akun yang dihapus. Perhatikan baik-baik hal yang terjadi jika kamu menghapus akun Google, baik dari hp Android maupun laptop. Sebab, kamu tidak bisa lagi memulihkan akun yang sudah lama terhapus.

Buat kamu yang ingin melakukan data analisis hanya menggunakan Google data studio? bisa banget ikut kursus vocasia ini. Selamat mencoba, ya.

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *