Tanggal:31 May 2024

7 Tempat Wisata Terbaik di Nusa Tenggara Timur

Indonesia kaya akan alam, sehingga memiliki jutaan tempat destinasi wisata di berbagai penjuru yang sangat memikat mata, salah satunya di Provinsi Nusa Tenggara Timur! Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki 3 pulau utama, yaitu Flores, Sumba, dan Timor Barat. Selain itu, provinsi dengan Ibu Kota Kupang ini, memiliki kurang lebih 550 pulau lainnya, seperti Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor, dan Palue. 

Setiap pulau yang masuk ke dalam NTT, memiliki banyak sekali destinasi wisata alam tentunya! Tak hanya itu, destinasi sejarah hingga wisata kulineran pastinya ada. Keadaan alam yang sangat terjaga dan asri, menyimpan banyak kekayaan yang mengundang wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk melihatnya.

Nusa Tenggara Timur sempat dinobatkan sebagai destinasi terbaik di dunia versi Lonely Planet. Berdasarkan kategori bernama Best Value, melihat Nusa Tenggara Timur merupakan destinasi yang akan sustainable. Gak heran, karena NTT menyimpan banyak keindahan alam yang menawan. Kamu bisa menjadikan NTT sebagai bucket list liburanmu selanjutnya. Ada apa saja di NTT? Yuk, simak berikut ini. 

Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur

Ini dia, beberapa destinasi keindahan wisata Nusa Tenggara Timur yang bisa kamu kunjungi, dijamin! Tidak akan bikin kamu menyesal setelah pergi kesana! Apa saja? Yuk, intip destinasi wisata berikut:

1. Danau Kelimutu

Wisata Danau Kelimutu NTT (@telkomselhalo)

Danau Kelimutu yang dikenal sebagai “Danau Tiga Warna” ini berada di Taman Nasional Kelimutu. Disebut sebagai “Danau Tiga Warna”, karena sering berubah-ubah warnanya jadi merah dan coklat tua.

Wisata Taman Nasional Kelimutu ini cukup terkenal, tidak hanya di kalangan wisata lokal namun juga internasional. Hal yang paling menarik di objek wisata NTT satu ini tentu saja keberadaan danau tiga warnanya yang amat cantik dilihat ketika matahari terbit. 

Komposisi warna yang sangat unik ini tentu merupakan salah satu fenomena alam luar biasa yang cuma bisa kamu temukan di Gunung Kelimutu. Kamu bisa menikmati keindahan danau ini, setelah mendaki Gunung Kelimutu yang berada di ketinggian 1631 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Hewan Di Indonesia Yang Terancam Punah 

2. Pulau Komodo

Wisata Pulau Komodo NTT (@explorepulaukomodo)

Satu lagi pilihan objek wisata di NTT yang popularitasnya telah mendunia adalah Pulau Komodo. Menjadi habitat asli bagi satwa komodo yang dilindungi, pulau ini masih menyimpan lebih banyak daya tarik wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi, seperti Pink Beach, menyebrang ke Pulau Padar, dan pulau-pulau kecil lainnya di sekitar Pulau Komodo, hingga menikmati indahnya alam bawah laut di perairan Pulau Komodo.

Dinamakan Pulau Komodo, karena di pulau ini terdapat hewan bersejarah yang masih hidup hingga kini, yaitu komodo. Pulau Komodo ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Komodo. Selain komodo, pulau ini memiliki ragam hayati di darat dan laut, sedikitnya ada 1000 jenis ikan, ratusan terumbu karang, dan masih banyak lagi. Selain itu, 19 jenis ikan paus dan lumba-lumba menjadi penghuni bawah laut pulau komodo.

3. Labuan Bajo

Wisata Labuan Bajo NTT (@tourkomodocom)

Saat kamu ingin wisata di Flores maupun di taman Nasional komodo, labuan bajo adalah pintu masuknya. Dengan begitu, kamu dapat memilih destinasi wisata pulau sekitar labuan bajo yang tak kalah cantik, lho! 

  Kamu dapat menyebrang ke beberapa pulau eksotis seperti pulau bidadari, pulau padar, pulau kanawa, pulau kukusan kecil, pulau serayu. Selain itu, tak heran jika labuan bajo menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena keberadaan gua eksotis yang bernama batu cermin, air terjun cinca rua, bukit cinta dan masih banyak lagi yang tentu sangat kurang waktunya jika dinikmati sehari saja.

Baca Juga:https://vocasia.id/blog/destinasi-wisata-terbaik-di-indonesia/ 

4. Pantai Pink

Wisata Pantai Pink NTT (@permadaangga)

Saat memasuki kawasan Taman Nasional Komodo, kamu bisa menemukan pantai yang sangat unik. Biasanya, hamparan pasir pantai berwarna putih atau hitam. Anehnya, pantai ini punya hamparan pasir yang berwarna merah muda. Warnanya mencolok banget, apalagi saat terkena sinar matahari. 

Disebut Pink Beach (Pantai Pink), karena pasir pantai dilihat dari kejauhan berwarna merah muda dan terbentuk melalui proses yang alami. Pantai berwarna pasir pink ini, hanya ditemui di 7 negara saja, lho! Selain di NTT, juga ada Filipina, Italia, Karibia, Bahamas, Yunani, dan Bermuda.

5. Bukit Wairinding

Wisata Bukit Wairinding NTT (@come2indonesia)

Alternatif tujuan wisata di Nusa Tenggara Timur selanjutnya adalah Bukit Wairinding. Berkunjung ke tempat ini, kamu akan ditawarkan bentang alam savana berbukit yang sangat memukau! Waktu paling pas untuk mengunjungi objek wisata di Nusa Tenggara Timur ini adalah di musim kemarau ketika seluruh permukaan bukit berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Kalau kamu pernah menonton video klip “Man Upon the Hill” milik Stars and Rabbit, pasti mengenali bukit ini. Perbukitan yang terdiri dari hamparan savana luas ini menyimpan eksotisme tersendiri. Uniknya, kalau kamu berkunjung pada musim kemarau, langsung disambut savana berwarna kecoklatan. Sebaliknya, saat berkunjung pada musim hujan, savana berubah menjadi hijau.

Baca Juga: Destinasi wisata di Lombok! 

6. Desa Wae Rebo

Wisata Desa Wae Rebo NTT (@3goid)

Wae Rebo dikenal sebagai desa yang amat memesona. Lokasinya berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Seolah-olah desa tradisional ini berada di atas awan. Untuk mencapainya, kamu harus berjalan selama 3-4 jam, karena tak bisa diakses kendaraan bermotor.

Di objek wisata NTT ini kamu bisa mendapatkan pengalaman menjalani kehidupan tradisional yang jauh dari modernisasi dan teknologi, termasuk mencoba menumbuk padi dan kopi serta belajar membuat tenun khas Wae Rebo. Selain Wae Rebo, wisata budaya desa adat lainnya yang bisa jadi alternatif tujuan wisata di Nusa Tenggara Timur, antara lain:

  • Kampung Adat Bena. Lokasi: Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Desa Tiworiwu, Kecamatan Aimere, sekitar 19 km selatan Bajawa
  • Desa Belaraghi. Lokasi: Kampung Belaraghi, Keligejo, Aimere, Kabupaten Ngada
  • Kampung Todo. Lokasi: Kampung Todo, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores

7. Pulau Padar  

Wisata Pulau Padar NTT (@pulaupadar)

Pulau Padar menawarkan pemandangan perbukitan yang dikelilingi lautan biru. Untuk menikmati keindahan pemandangan tersebut, kamu harus naik ke puncak bukit Gili Padar. Sayangnya, belum ada tangga atau pegangan, sehingga harus ekstra hati-hati saat mendakinya.

Ternyata ada banyak sekali bukan, pesona wisata di Nusa Tenggara Timur selain Labuan Bajo. Sudah tentukan destinasi wisata di NTT mana yang paling cocok untuk isi rencana traveling kamu selanjutnya? Kamu ingin masa traveling kamu akan tersimpan dengan membuat konten video? Buatlah vlog ala-ala yang bisa kamu edit. Jangan khawatir, ikuti kursus di Vocasia dengan belajar editing video di flimora ala vlog pastinya! Jangan sampai keduluan sama wisatawan mancanegara, ya!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *