Tanggal:17 May 2024

Cara Agar Backlink Cepat Terindex Google

Backlink merupakan salah satu teknik ampuh untuk meningkatkan dan mengoptimalkan sebuah website di mesin pencarian Google. Cara agar backlink cepat terindex adalah dengan pengoptimalan SEO (Search Engine Optimized) pada sebuah website. 

Dalam praktiknya, backlink harus menunggu untuk dideteksi melalui sebuah proses bernama crawling. Proses ini merupakan tugas dari BOT Google. Namun, apakah ada cara khusus untuk mempercepat proses index backlink? Cari tahu jawabannya pada artikel ini.

Waktu yang Diperlukan Index Backlink

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, backlink adalah salah satu bagian penting dalam off page SEO dan menjadi tulang punggung website. Waktu yang diperlukan agar backlink terindex tergantung pada frekuensi posting, periode perayapan (crawling), dan usia halaman dalam website tersebut.

Semakin sering website melakukan update konten, backlink akan semakin cepat terindex. Semakin lama usia halaman web, semakin lama juga waktu perayapannya (crawling).

Misal, seseorang cenderung memberikan komentar atau tanggapan di halaman baru, atau mungkin ketika halaman masih belum terindex Google. Maka. waktu untuk backlink dapat terindex kurang lebih 1 hingga 2 hari.

Ketika halaman website tersebut telah berusia dari 5 tahun dan tidak ada update selama 3 tahun, waktu yang diperlukan untuk backlink dapat terindex bisa mencapai mingguan atau bulan.

Baca juga| Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Image: Freepik

Cara Agar Backlink Cepat Terindex

Berikut adalah cara agar backlink cepat terindex sehingga website bisa segera teroptimasi. Hal ini berguna agar peringkat website yang digunakan untuk backlink akan cepat naik

1. Menghindari Backlink Spam

Sebuah backlink dapat dikatakan baik adalah backlink yang dibuat oleh orang lain secara natural. Hindari pembuatan backlink terlalu banyak untuk menghindari spam. Menurut  John Muller, seorang Web Trend Analyst Google, Google bisa mengabaikan backlink ketika terindikasi sebagai spam.

Pada saat Google belum mengindex backlink, coba pikirkan lagi dari website mana kamu mendapatkan backlink tersebut. Pastikan backlink tersebut tidak berlebihan karena Google akan menganggapnya sebagai spam kemudian mengabaikannya.

2. Cara Agar Backlink terindex Ping Halaman Backlink

Dalam Search Engine Optimization (SEO), ping merupakan proses untuk memberitahu mesin pencari jika terdapat halaman baru yang sudah dibuat. Melalui ping, kamu bisa meminta mesin pencari untuk mengindex backlink tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan layanan ping gratis, misalnya adalah Pingler. Namun, kamu harus memahami bahwa ping bukan bertujuan untuk peringkat website di mesin pencari Google.

3. Memanfaatkan Backlink Tier Kedua

Cara agar backlink cepat terindex bisa juga dengan pemanfaatan backlink tier kedua. Bagi kamu yang masih asing dengan istilah tersebut, berikut adalah gambarannya secara ringkas:

  • Skema tier 1: Website yang memberikan backlink > website utama.
  • Skema tier 2: Website yang memberikan backlink > website yang memberikan backlink 1 > website utama.

Kamu bisa membuat tambahan satu backlink lagi agar dapat terindex Google. Cara ini merupakan salah satu trik terbaik sehingga proses index backlink berlangsung cepat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan seperti WordPress atau Blogger dan memanfaatkan layanan tersebut secara gratis untuk menghadirkan tier kedua.

Kemudian lakukan verifikasi dan fetch tautan backlink pada Search Console, biasanya backlink akan langsung kamu temukan hanya dalam hitungan jam.

4. Inspeksi URL pada Google Webmaster Tools

Sebelum menerapkan cara ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Kamu memiliki kontrol atas website tempat backlink yang akan dibuat. Hal ini bisa dalam bentuk Private Blog Network atau PBN maupun website di mana kamu berperan sebagai admin yang bisa mengakses tools Google Webmaster.

Tools tersebut memungkinkan untuk mendapatkan fungsi inspeksi URL. Sebuah teknik yang nantinya akan memberitahu Google jika ada halaman baru. Melalui Google Webmaster, kamu bisa submit setidaknya 500 URL pada setiap minggunya.

Manfaatkan langkah tersebut untuk membantu dalam mempercepat proses index backlink. Nantinya URL yang dimasukkan akan otomatis masuk sebagai prioritas crawling. Cara ini efektif dan tidak sedikit SEO yang berhasil dalam menerapkannya.

Baca juga| Seorang Perfeksionis Baik Atau Buruk, Ya?

5. Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial

Setiap orang memiliki kecenderungan menggunakan jejaring sosial yang berbeda. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam platform jejaring sosial untuk membagikan URL halaman website yang di dalamnya berisi backlink.

Cara ini terbukti berhasil untuk mempercepat backlink terindex. Bahkan cara ini akan memberikan dua manfaat. Pertama, bisa menarik lebih banyak pengguna ke situsmu. Kedua, proses index akan menjadi lebih cepat.

Semakin banyak kamu berbagi link ke media sosial, dampaknya akan positif karena dapat menarik pengunjung web secara lebih banyak. Kemudian secara alami Google akan mengetahuinya.

6. Melalui Indexification

Orang-orang yang memanfaatkan layanan ini sebenarnya membuat URL secara singkat pada tautan-tautan website. Selain itu, layanan ini juga akan membuat serta mengirimkan umpan RSS, melakukan ping, membuat peta situs, kemudian membuat dan ping pada halaman konten menggunakan tautan yang aktif.

Layanan ini memberikan jaminan Google akan mendeteksi tautan yang kamu kirimkan. Kamu bisa mengirimkan 50.000 link setiap hari. Namun, kamu harus membayar biaya sekitar 17.97USD per bulan.

Image: Freepik

Tips Agar Backlink Cepat Terindex Google

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, backlink membutuhkan waktu agar link tersebut dapat terindex Google. Agar lebih efektif, berikut adalah beberapa tips agar backlink dapat dengan cepat terindex oleh Google.

  • Persiapkan sebuah web atau blog untuk dijadikan tier.
  • Buat sebuah postingan di website atau blog tier tadi dengan memasukkan link dari backlink profile yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Setelah selesai membuat postingan, jangan lupa lakukan pengindex-an di Google Search Console.
  • Silakan tunggu 3 hingga 7 hari, disarankan untuk membuat postingan tersebut di web atau blog yang sudah terindex Google untuk estimasi waktu yang lebih cepat.

Baca juga| Pengertian Social Bookmarking Dan Pentingnya Dalam SEO

Sekian penjelasan mengenai cara agar backlink cepat terindex Google. Sebenarnya, selama halaman tersebut bisa relevan, tidak ditandai dengan no-index dan bukan spam, maka Google akan melakukan crawling dengan segera. Jadi, langkah-langkah ini adalah sebuah opsi jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *