Tanggal:22 July 2024

7 Cara Ini Bisa Atasi Gangguan Cemas Berlebih

Gangguan kecemasan adalah hal yang dapat terjadi pada siapapun. Cemas atau anxiety dapat terjadi ketika kita menghadapi suatu kondisi tertentu seperti menghadiri interview kerja, melakukan presentasi, bertemu dengan orang baru, kencan pertama, dan sebagainya.

Rasa cemas merupakan reaksi alami dari tubuh seseorang saat waktu tertentu. Namun yang perlu kamu khawatirkan adalah rasa cemas yang berlebihan dan mengakibatkan kamu sulit untuk mengontrol diri bahkan sampai mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Gejala yang timbul dari seseorang yang memiliki gangguan cemas secara berlebih bisa terjadi saat mereka merasakan gelisah, gugup, detak jantung yang meningkat, khawatir terjadi bahasa, berkeringat, dan sulit untuk konsentrasi.

Mengatasi kecemasan berlebih

Faktor yang menyebabkan seseorang dapat merasa cemas berlebihan dalam suatu kondisi terjadi karena faktor genetik atau keturunan, pengalaman negatif, stress berkepanjangan, dan memiliki riwayat trauma maupun penyakit tertentu yang memberikan efek cemas. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut 7 cara ini bisa atasi gangguan kecemasan berlebih yang bisa kamu coba!

1.      Melakukan Terapi

Datang ke psikolog untuk melakukan terapi. Sumber: http://pexels.com

Seseorang yang mengalami kondisi cemas berlebih dan berkelanjutan akan mengganggu seluruh aktivitasnya. Jika kamu memerlukan bantuan khusus, datanglah kepada seseorang yang dapat membantumu seperti psikolog.

Kamu akan dibantu oleh psikolog dengan menceritakan semua yang kamu rasakan seperti penyebab dan hal yang memicu rasa cemasmu secara berlebih. Kamu akan dibimbing dan sembuh atas arahan yang perlu dilakukan. Tentunya dengan datang ke psikolog, kamu akan sangat terbantu dengan melakukan relaksasi dan meditasi.

2.      Konsumsi Obat Penenang

Konsumsi obat yang disarankan oleh psikologmu. Sumber: http://pexels.com

Bagi seseorang yang telah datang dan dibantu oleh psikolog, mereka juga akan diberikan resep obat yang akan membantu mereka saat merasakan cemas. Konsumsi obat tersebut dapat berupa obat penenang dan antidepresen untuk meredakan cemas berlebih. Perlu digaris bawahi cara ini dapat kamu lakukan dengan arahan dan takaran resep obat dari psikolog yang kamu datangi. Jadi, jangan sembarang untuk mengonsumsi obat penenang ya!

3.      Lakukan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat akan mengatasi rasa cemasmu. Sumber: http://pexels.com

Tak perlu dipertanyakan bahwa dengan melakukan pola hidup yang sehat kamu akan terbebas dari segala hal yang terasa negatif. Pola hidup sehat yang kamu lakukan bisa beragam mulai dari perhatikan makanan yang kamu makan sehari-hari. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari minuman yang memiliki kandungan kafein akan membantu kamu agar tidak merasa cemas pada hal apapun. Kamu juga perlu menghindari minuman beralkohol, obat terlarang dan merokok yang malah memperparah rasa cemas kamu selanjutnya.

Pola hidup sehat juga bisa kamu lakukan dengan olahraga secara teratur dan rutin. Mulai temukan olahraga yang kamu sukai agar kamu tidak merasa terbebani. Selain itu, kamu juga perlu istirahat yang cukup dan buang jauh pikiran negatif.

4.      Temukan Orang dan Lingkungan yang Tepat

Temukan lingkungan dan orang-orang yang dapat menerima kamu. Sumber: http://pexels.com

Untuk menceritakan keluh kesahmu, kamu juga dapat menemukan lingkungan yang berisi orang-orang yang sefrekuensi. Hal ini akan membantu kamu menemukan orang-orang yang bisa memberikan kamu dukungan penuh atas apa yang kamu rasakan. Ceritakan apa yang kamu rasakan kepada lingkungan yang membuatmu nyaman.  

5.      Lakukan Hal yang Kamu Suka

Buat dirimu bahagia dengan hal yang kamu suka. Sumber: http://pexels.com

Tidak perlu khawatir, kamu juga dapat melakukan hal yang kamu suka agar dijauhkan rasa cemas. Tidak perlu kegitan yang mengeluarkan banyak dana, kegiatan sebatas mendengarkan musik yang disukai dan bermain bersama hewan peliharaan bisa membuat kamu merasa lebih senang dan menikmati hidup.

6.      Coba Sesuatu yang Baru

Aktivitas baru akan membantu menyibukkan kegiatanmu. Sumber: http://pexels.com

Mencoba suatu yang baru bisa membuat kamu menyibukkan diri dan bahkan memberi peluang kepada kamu untuk mengasah suatu potensi. Hal baru bisa kamu lakukan dengan mengikuti kelas yoga, naik gunung ataupun mengeksplor alam. Untuk itu, kamu bisa membuat daftar kegiatan baru yang ingin kamu lakukan.

7.      Pasang Lilin Aromaterapi

Temukan lilin aromaterapi yang kamu suka. Sumber:http://pexels.com

Lilin aromaterapi yang mengandung minyak esensisal kini banyak dijajakan di e-commerce. Menyalakan lilin aromaterapi ini dapat memberi efek tenang, apalagi jika kamu memilih beberapa aroma yang direkomendasikan. Lavender, Mawar, Chamomile, Jeruk, Bergamot adalah beberapa rekomendasi wangi dari lilin aromaterapi.

Gunakan lilin aromaterapi di sekitar ruangan rumah dan akan lebih baik jika digunakan menjelang tidur agar tidurmu berkualitas. Penggunaan lilin aromaterapi secara berkala akan membantu kamu dalam menurunkan stress dan gangguan cemas berlebih.

Itu dia 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengatasi gangguan cemas berlebih. Gangguan kecemasan jika dibiarkan akan menguras energimu dan penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh. Oleh karena itu, cari cara ternyaman untuk atasi cemas yang berlebihan.  Tips lainnya bisa kamu cek lebih lanjut di disini.

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *