Tanggal:30 May 2024

7 Cara Sukses Menjadi Dropshipper di Shopee

Menjadi seorang dropshipper bisa dicoba untuk menghasilkan penghasilan tambahan

Dropshipper menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang dapat dijalani oleh siapapun. Hanya berbekal sebuah ponsel serta kuota, kamu sudah dapat melakukan pekerjaan ini dimana pun dan kapan pun kamu inginkan. Dropshipper adalah pekerjaan dimana kamu memasarkan dan menjual produk kepada pembeli atas nama penjual produk tersebut. Lalu, apa bedanya dengan seorang supplier

Dropshipper dan supplier memang terdengar mirip karena sama-sama melakukan penjualan terhadap produk kepada pembeli. Namun, sebetulnya kedua pekerjaan ini sangat berbeda. Seorang dropshipper bertugas sebagai penengah antara supplier dan customer. Dia bertugas hanya untuk memasarkan produk yang ada kepada pembeli. Adapun tugas supplier adalah menyediakan barang, mengemasnya, dan mengirimkannya kepada customer.

Dari segi keuntungan yang didapatkan, tentu saja keuntungan yang didapatkan oleh supplier jauh lebih besar. Namun, itu juga sebanding dengan modal yang telah dikeluarkan. Adapun urutan kerja yang dilakukan oleh seorang dropshipper yaitu memasarkan produk ke pembeli, dan membeli serta mengirimkannya ke alamat pembeli dengan cara dropship. Pengiriman tersebut tentu saja atas nama penjual. Lalu, bagaimana cara menjadi seorang dropshipper di Shopee? Sebelum membahas cara-caranya, ada baiknya untuk membahas terlebih dahulu hal-hal penting yang harus diperhatikan ketika menggeluti bisnis ini.

1. Memilih Produk dan Supplier dengan Cermat di Shopee

Pillproduk dan supplier yang baik. Sumber: Fauxels/Pexels

Ketika memulai bisnis dropship, kamu harus memperhatikan dan memilih produk apa yang ingin dijual dengan cermat. Kamu pun harus memperhatikan suppliernya juga. Tentu saja, kamu harus memilih produk yang menarik dan berkualitas bagus. Kamu juga harus memastikan bahwa suppliermu itu bisa dipercaya. Dalam memilih produk yang bisa dijual ini, kamu bisa memilih produk yang memiliki harga murah. Dengan itu, ketika memasarkannya, kamu bisa menaikkan harganya tersebut dan mendapatkan keuntungan. 

Jangan sampai karena sikap teledor dan ceroboh, kamu kurang cermat dalam memilih produk serta suppliernya. Alhasil, kamu mendapatkan kualitas produk yang jelek dan supplier yang tak bisa terpercaya. Dampaknya, kepuasaan pembeli akan berkurang dan tak ada lagi yang bisa percaya untuk membeli produk padamu.

2. Menetapkan Harga dengan Baik

Tetapkan harga dengan baik. Sumber: Alexander Mils/Pexels

Setelah berhasil mendapatkan produk yang menarik dan supplier yang terpercaya, kamu bisa menetapkan harga untuk produk yang akan dijual tersebut. Seperti yang telah disampaikan di poin pertama, pilihkan produk dengan harga yang agak murah, sehingga ketika dipasarkan dan dijual, kamu bisa menetapkan harga sedikit di atas harga original.   

3. Menetapkan Target dan Strategi Pemasaran

Tetapkan target dan strategi pemasaran. Sumber: Bich Tran/ Pexels

Hal yang harus diperhatikan terakhir adalah bagaimana kamu harus menetapkan dengan jeli target pasar yang akan kamu raih. Apakah itu Ibu-Ibu kompleks, pelajar, atau remaja-remaja tanggung. Setelahnya, kamu juga perlu memikirkan strategi pemasaran untuk mempromosikan jualanmu tersebut. Semakin baik strategi pemasaran yang kamu lakukan, semakin bagus bagi produkmu itu.

Nah, setelah mengetahui hal-hal yang penting untuk diketahui sebelum menjadi dropshipper, langkah selanjutnya adalah bagaimana menjadi seorang dropshipper di Shopee? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Membuat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun di aplikasi Shopee. Kamu bisa mendaftarkan diri melalui nomor telepon, email, akun Facebook, ataupun Line yang dimiliki. Setelah berhasil mendaftarkan diri, kamu bisa mulai untuk mencari produk yang ingin dijual dan supplier yang terpercaya.

2. Masuk ke Halaman Supplier

Setelah menemukan produk dan supplier yang terpercaya, langkah selanjutnya adalah kamu masuk ke halaman milik supplier yang dipilih. Kamu bisa melihat-lihat banyak produk yang dijual oleh supplier.

3. Pilih Produk

Setelah menemukan produk yang diinginkan oleh pembeli, segeralah memilih produk tersebut. Atur produk tersebut sesuai pesanan yang dibuat customer seperti kuantitas atau jumlah yang diinginkan, model, juga warna. Pastikan sekali lagi jika kamu memilih produk yang sesuai dengan pilihan customer. Jika telah dipastikan, segera lakukan proses check out pada barang tersebut.

4. Alamat Pengiriman

Setelah berhasil, kamu akan diarahkan ke halaman check out. Langkah selanjutnya yang harus kamu perhatikan dengan teliti yaitu terhadap alamat pengiriman barang tersebut diantarkan nantinya. Jangan sampai kamu mengirimkan barang tersebut ke alamat yang salah. Pastikan kamu telah menambahkan alamat baru yang berisikan alamat dari customer pembeli yang menginginkan barang tersebut. Isilah alamat tersebut dengan detail, mulai dari provinsi, kota, kecamata, nomor rumah, hingga kode pos.

5. Pilihan Pengiriman Barang

Setelah berhasil memasukkan alamat pengiriman, langkah keenam yang harus dilakukan yaitu memilih dengan cara apa pengiriman barang dilakukan. Nah cara ini merupakan cara terpenting dari semua prosesnya. Di langkah ini, kamu harus memastikan untuk memilih cara pengiriman sebagai dropshipper. Setelah dipilih, akan muncul kolom nama toko dan nomor telepon. Isilah kolom tersebut dengan benar.

6. Masukkan Voucher

Langkah ini bisa kamu pilih atau lewatkan. Jika kamu memiliki kode voucher tukar poin, bisa digunakan ketika melakukan proses pembelian ini. Namun, jika sebaliknya, kamu bisa melewatkan langkah keenam ini.

7. Metode Pembayaran

Langkah terakhir yaitu memiliki metode pembayaran. Di aplikasi Shopee, kamu akan mendapati beragam cara untuk melakukan pembayaran. Kamu bisa memilih salah satunya. Pembayaran dapat dilakukan melalui ShopeePay, Indomaret/Alfamaret, transfer bank, ataupun COD, dan sebagainya. Nah, setelah memilih metode pembayaran, langkah terakhir adalah buat pesanan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *