Tanggal:06 May 2024

Tidak sedikit orang yang memiliki cita-cita bekerja untuk BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Kapasitas pekerja yang ditawarkan oleh BUMN juga sangatlah banyak. BUMN sendiri merupakan perusahaan yang lokasi operasinya terletak di berbagai wiliyah di Indonesia. Dengan bekerja di BUMN kamu akan mendapat banyak benefit, hal ini juga yang menyebabkan persaingan untuk bisa kerja di BUMN sangatlah ketat.

Kelebihan bekerja di salah satu perusahaan BUMN yaitu adalah gaji yang besar ditambah lagi adanya tunjangan bagi para karyawan BUMN. Gaji yang tinggi, tunjangan yang banyak serta adanya jaminan asuransi membuat BUMN menjadi tempat bekerja yang menjanjikan. Manfaat selanjutnya yaitu tentang kebanggaan untuk diri sendiri dan keluarga, bisa dibilang keluarga bahkan teman kamu akan bangga jika kamu diterima bekerja di perusahaan BUMN. Maka dari itu banyak orang yang melakukan banyak persiapan ketika ingin melamar kerja di BUMN.

Buat kamu yang kemang memiliki keinginan bekerja di BUMN, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membari tahumu cara-cara apa saja yang bisa membantumu diterima bekerja di BUMN dengan lebih mudah. Persiapkan dirimu dnegan baik ya!

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

1. Dokumen lengkap

Lengkapi dokumen yang diminta

Lengkapi dokumen yang diminta

Menyiapkan dokumen merupakan tahap paling awal dalam proses melamar kerja. Untuk saat ini juga perusahaan BUMN sama canggihnya dengan perusahaan startup dimana proses pelamaran kerja bisa dilakukan melaui online. Pastikan semua dokumen kamu lengkap dan sudah diubah dalam bentuk digital. Kemudian kamu juga harus memperhatikan kualitas dokumen yang akan kamu kirim. Pastikan foto atau tulisan bisa terbaca dengan jelas.

2. Jujur

Saat proses melamar kerja, kamu sangat dianjurkan untuk bersikap jujur. Jujur yang dimaksud di sini adalah dengan menjadi diri sendiri secara apa adanya. Pastikan bahwa dari pihak penyeleksi mengenal kamu sebagai orang yang bersikap apa adanya dan tidak berusaha menutupi sesuatu.

3. Tes bahasa

Raih nilai standar pada tes bahasa inggris

Raih nilai standar pada tes bahasa inggris – @pixabay.com

Saat ini BUMN juga mengutamakan calon kerja yang menguasai bahasa inggris. Maka dari itu tes bahasa inggris akan menjadi poin penting ketika kamu melamar kerja di BUMN. Untuk poin tes TOEFL, raihlah nilai di antara 400 sampai dnegan 500. Kalau kamu bisa mendapat skor di atas 500 maka itu akan sangat bagus. Setelah kamu menyelesaikan tes bahasa inggris, pastikan kamu sudah memeperoleh sertifikat tes tersebut karena sertifikat ini akan menjadi barang bukti untuk perusahaan.

4. Pilih perusahaan BUMN yang tepat

Seperti yang kita tahu, di Indonesia terdapat banyak perusahaan BUMN di berbagai macam bidang. Sangat dianjurkan untuk kamu memilih perusahaan yang memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan skill kamu sehingga peluang kamu diterima akan lebih tinggi.

Pastikan juga perusahaan BUMn tempat kamu melamar memiliki jenjang karir yang baik ke depannya.

5. Siapkan fisik

Jaga kesehatan pada proses tes

Jaga kesehatan pada proses tes – @rawpixel.com

Salah satu proses yang harus kamu lewati dalam melamar di BUMN adalah tes kesehatan. PAstikan tubuh kamu dalam kondisi yang prima.

Tes kesehatan di sini meliputi tes mental dan tek fisik.

Demikian adalah 5 cara agar kamu bisa diterima menjadi karyawan BUMN. Semoga sukses!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *