Tanggal:01 May 2024

8 Cara Kerja di Luar Negeri

Tawaran gaji yang menggiurkan menjadi salah satu faktor utama mengapa banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari lowongan kerja di luar negeri. Masih banyak faktor lain juga yang membuat banyak orang sangat tertarik untuk bisa bekerja di luar negeri daerah asia maupun di luar asia. Misalnya saja untuk mendapatkan pengalaman budaya yang berbeda, meningkatkan kemandirian, memperdalam skill, hingga mempercantik CV dan portofolio.

Apakah kamu salah satu orang yang penasaran banget nih, negara mana aja sih yang menarik untuk dijadikan target mencari pekerjaan? Nah, buat kamu yang sudah menemukan artikel ini, kamu adalah salah satu orang yang sangat beruntung karena Vocasia akan memberikan tips – tips dan cara – cara untuk menentukan pekerjaan di luar negeri yang akan cocok dengan kamu

Tanpa berbasa – basi lagi, Yuk simak artikel ini sampai habis !

1. Jenis pekerjaan

membaca koran

Tentukan jenis pekerjaan yang kamu inginkan – @pexels.com

Hal pertama yang wajib kamu pertimbangkan adalah kamu harus memastikan jenis pekerjaan yang kamu inginkan dan sesuai dengan keahlian yang kamu inginkan, sebelum nantinya kamu memutuskan negara yang akan kamu targetkan.

Pertimbangkan apa industri yang ingin kamu geluti dan posisi apa yang paling sesuai dengan keterampilanmu.

Jika kamu sudah sangat paham dengan jenis pekerjaan yang kamu impikan, maka kamu akan tidak lagi merasa kesulitan dalam melakukan riset dan mencari informasi lowongan pekerjaan yang berpeluang besar kamu diterima di perusahaan luar negeri tersebut.

2. Riset

belajar di depan monitor

Bertanya pada teman atau keluarga yang ada di luar negeri – @pexels.com

Mencari lowongan kerja di luar negeri itu bisa dibilang tidak semudah seperti saat mencari peluang kerja di dalam negeri. Salah satu alasan terbesarnya adalah susahnya mencari informasi terpercaya mengenai lowongan kerja perusahaan luar negeri. Tidak jarang orang yang ingin mengapply pekerjaan tetapi malah terjebak pada scamlink atau penipuan dan kamu bisa saja mengalami kerugian akibat tertipu oleh informasi hoax.

Kamu harus melakukan riset secara offline, tidak hanya bergantung kepada informasi online yang tersebar di dunia internet. Cobalah bertanya kepada koneksi, teman, atau rekan kerja lain yang pernah bekerja di luar negeri.

Informasi yang kamu dapatkan dari orang-orang yang sudah dikenal tentunya akan lebih kredibel dan bisa dipercaya.

3. Manfaatkan LinkedIn

logo LinkedIn

Carilah koneksi melalui LinkedIn – @play.google.com

Salah satu media sosial yang tepat dan terpecaya untuk kamu mencari informasi lowongan pekerjaan di luar negeri yaitu dengan LinkedIn. Update profile-mu di LinkedIn dan cantumkan pula apa saja skill yang dimiliki. Lewat media sosial ini kamu bisa dengan mudah menambah koneksi dengan para profesional. Selain mendapatkan koneksi yang banyak, kamu juga dapat mencari informasi – informasi mengenai lowongan pekerjaan dari luar negeri dengan mudah dan cepat. Misalnya, kamu sudah tertarik bekerja di sebuah perusahaan A. Kemudian, kamu bisa menambahkan koneksi dari beberapa karyawan yang bekerja di sana. Usahakan menggali informasi sebanyak mungkin dari seseorang yang telah kamu kenal melalui media sosial LinkedIn.

4. Turunkan ekspektasi

orang berpikir

Bekerja di luar negeri tidak selalu menyenangkan – @pexels.com

Tips selanjutnya yaitu kamu harus menurunkan ekspetasimu tentang pekerjaan di luar negeri. Tidak selalu bekerja di luar negeri akan mendapatkan gaji yang besar dan posisi yang bagus di perusahaan. Namun, sebaiknya carilah lowongan yang sekiranya bisa kamu kerjakan terlebih dahulu sembari menyesuaikan diri di negara yang baru.

Ketika kamu sudah menjalani pekerjaan di sana dalam kurun waktu tertentu, kamu bisa menilai apakah kamu sudah mampu beradaptasi di negara tersebut dan merasa memiliki kemampuan untuk naik ke jenjang karir yang lebih tinggi. Kemudian kamu bisa membuat keputusan untuk mencari pekerjaan baru di negara tersebut. Sangat disarankan buat kamu untuk mencari lowongan pekerjaan di suatu kota yang masyarakatnya tidak terlalu kompetitif. Contohnya kamu memilih kota besar seperti London atau New York, tentunya akan sulit mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, dua kota tersebut terkenal memiliki pasar kerja yang sangat kompetitif. Dengan begitu kemungkinan besar persainganmu untuk menjadi kandidat unggul dalam melamar kerja sangatlah tinggi, mengingat banyak masyarakat dari luar kota tersebut yang ikut mencari pekerjaan di kota besar.

Itulah dia beberapa cara untuk menentukan pekerjaan yang tepat buat kamu untuk bisa mendapat pekerjaan di luar negeri yang sesuai dengan harapanmu

Bulatkan tekadmu dan berjuang sekuat tenaga untuk menyiapkan mental, tenaga dan biaya untuk mewujudkannya

5. Pahami Negara Tujuan

Memahami negara tujuan menjadi hal yang krusial dalam mencari pekerjaan di luar negeri. Image: Freepik

Bekerja atau menetap sementara di negara orang lain bukanlah hal yang mudah, perbedaan bahasa dan budaya merupakan salah satu kendala utamanya. Sebelum kamu bekerja di luar negeri, sebaiknya pahami dulu bagaimana budaya negara tersebut. Sehingga kamu tidak mengalami culture shock saat datang ke sana. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai daerah tempat tinggalmu atau kota yang hendak kamu datangi.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan riset terhadap perusahaan yang menjadi tujuanmu. Pahami seperti apa perusahaan tempak kamu bekerja nanti, bagaimana budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut.

6. Perdalam Skill dan Persiapkan Mental

Persiapkan semuanya dengan matang. Ketika kamu memutuskan untuk bekerja di luar negeri, kamu harus yakin dan memahami skill diri sendiri. Bekerja di negara yang berbeda pasti memiliki budaya kerja yang berbeda juga, terlebih kamu merupakan orang asing bagi mereka. Memperdalam skill kamu agar bisa mengikuti arus kerja perusahaan tersebut. Kamu juga perlu mempersiapkan mental yang matang.

Bekerja di luar negeri pastinya akan mendapatkan tantangan atau tekanan kerja yang berbeda. Bukan hanya dari tempat kamu bekerja, tekanan juga akan datang dari lingkungan atau tempat bergaul kamu nantinya. Sehingga kamu harus memahami dan mempersiapkan diri secara matang.

7. Buat Dirimu Lebih Menonjol

Ketika melamar pekerjaan di luar negeri, akan banyak pertimbangan perusahaan untuk merekrut calon pegawainya. Meskipun kemampuan dan pencapaianmu bisa menarik perhatian di awal. Kamu bisa mulai memikirkan kira-kira apa yang bisa membuat dirimu lebih menonjol nantinya di negara tujuan, bahasa misalnya.

Selain itu, akan lebih baik jika kamu memiliki skill spesial dan pengalaman internasional yang relevan.

8. Cek Persyaratan Visa Kerja

Hal yang paling penting dan tidak boleh terlewat saat memutuskan mencari pekerjaan di luar negeri adalah memastikan persyaratan visa negara tujuan. Beberapa negara memperbolehkan penggunaan visa turis terlebih dahulu sebelum berganti menjadi visa kerja. Namun, beberapa negara juga tidak memperbolehkan hal tersebut tanpa adanya surat kontrak kerja. Kamu harus memastikan persyaratan kerja serta traveling policies di negara tujuan sehingga persiapan bisa dilakukan lebih awal dan matang.

Baca juga: Cara memimpin perusahaan

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, Jangan sampai kelewatan diskon menarik spesial untuk kamu!

grammar bahasa inggris

Kursus Grammar Untuk Pemula | Vocasia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *