Tanggal:26 February 2024
Website Optimal

6 Cara Mengoptimalkan Website

Dalam SEO (Search Engine Optimization), terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan agar website bisa naik peringkat di hasil pencarian dengan cepat. Dalam praktiknya, SEO dibagi menjadi dua jenis, yang pertama yaitu SEO on page dan yang kedua SEO off page. Di pembahasan berikut ini, kamu akan belajar mengenai apa itu on page SEO dan bagaimana sih cara mengoptimalkan website.

SEO On Page

SEO

Optimalkan Web dengan SEO On Page – Pixabay.com

SEO on page adalah usaha optimasi SEO yang diterapkan pada konten yang unggah. Dalam usaha optimasi on page SEO, kamu akan terfokus pada faktor-faktor yang ada pada konten. Dengan kata lain kalau on page SEO dapat diartikan sebagai langkah atau cara optimasi meningkatkan kualitas konten supaya tidak sulit dibaca dan dipahami pembaca website atau blog.

On Page SEO juga akan sangat memudahkan mesin pencari seperti google, yahoo untuk memahami isi konten, konteks pasa konten dan relevansi website kamu dangan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet.

Baca Juga: Perbedaan SEO On-Page dan SEO Off-Page

Langkah Mengoptimalkan Website

Sebenarnya bagaimana sih cara mengoptimalkan website dengan melakukan SEO on Page pada website atau blog ?

Tenang, jika kamu berhasil menemukan artikel ini, berarti kamu adalah orang yang sangat beruntung karena Vocasia akan membeberkan cara – cara atau tips – tips untuk melakukan optimasi SEO On Page bahkan terdapat hingga 15 cara – cara yang bisa kamu terapkan pada website kamu nantinya

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Bisnis

1. Permalink yang Sederhana

Semenjak tahun 2019, Permalink sederhana merupakan salah satu kunci utama untuk melakukan SEO. Permalink yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali topik yang Anda bahas. Idealnya permalink cukup mengandung focus keyword yang Anda targetkan saja.

Misalnya, Anda menargetkan kata kunci “Kopi Susu”. Permalink yang ideal dan sederhana untuk konten website tersebut adalah seperti ini:

www.Vocasia.com/kopi-susu

Buat kamu yang menggunakan WordPress belum bisa mengubah permalink secara langsung tanpa diatur di settings terlebih dahulu karena WordPress secara default membuat permalink Anda seperti ini:

www.Vocasia.com/2019/05/kopisusu

Tak usah khawatir karena kamu akan memberi tahu bagaimana cara mengaturnya
Pertama kamu hanya perlu membuka dashboard WordPress lalu klik Settings > Permalink. Setelah itu, pilih struktur permalink Post Name dan klik Save.

Sudah deh selesai! sekarang struktur permalink website Anda sudah jadi sederhana dan mudah dikenali Google, Yahoo dan lain – lain.

Baca juga: Tips memilih control panel hosting yang tepat

2. Judul Menarik

Membaca Judul pada Koran

Judul yang menarik akan memicu perhatian banyak orang – @pixabay.com

Ketika orang-orang mencari sebuah kata kunci di Google, mereka hanya bisa melihat judul dan deskripsi singkat konten kamu di hasil pencarian. Jadi kamu perlu membuat judul semenarik mungkin agar orang langsung tertarik membaca konten kamu.

kamu bisa menambahkan angka atau kata sifat untuk membuat judul konten lebih menarik. Menurut Content Marketing Institute, judul dengan angka menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibanding judul tanpa angka. Sebagai contoh:

  • 50 Template Blog Keren dan SEO Friendly
  • Bagaimana Cara Membuat Website dari Nol? Cek Panduan Ini!
  • Cara Menghasilkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah

Walaupun begitu, tidak semua konten Anda cocok untuk menggunakan angka pada judulnya. Tentu kamu tidak harus saklek selalu menggunakan angka dalam judul. Ada banyak variasi judul lainnya yang juga bisa menarik perhatian pembaca.

3. Manfaatkan Gambar dan Video

Poster

Gunakan konten visual agar pembaca tidak bosan – @pixabay,com

Sebagai seorang pembaca, kamu pasti akan merasa bosan jika dalam satu artikel hanya terdapat tulisan – tulisan atau teks saja. Tidak hanya itu, pembaca akan sangat merasa sangat lelah ketika membaca konten tanpa berisikan media visual sepeti gambar dan video. Sangat disarankan untuk kamu selalu menyisipkan setidaknya satu atau dua gambar maupun video pada setiap konten yang kamu tulis di website atau blogmu.

Menurut pengamat website dari luar negeri, artikel yang berisikan konten media video akan memiliki peluang jauh lebih besar hingga 53 kali lebih berpeluang untuk ditemukan pada halaman pertama hasil mesin pencarian Google jika dibandingkan dengan konten tanpa video

Jadi akan sangat lebih baik buat kamu untuk selalu memasukan konten video pada setiap artikel.

4. Mengoptimasi Gambar

Selanjutnya, kami merekomendasikan untuk menambahkan gambar di konten kamu. Agar gambar yang kamu tambahkan bisa meningkatkan kualitas SEO on page, ada hal yang perlu kamu perhatikan.

Tuliskan text sesuai focus keyword. Alt text atau alternative text berfungsi untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang Anda bahas di konten. Selain itu, alt text yang tepat juga memudahkan gambar untuk muncul di hasil pencarian gambar.

Untuk mengubah alt text, klik gambar kemudian di samping kanan kamu akan melihat pengaturan seperti ini. Ubah alt text sesuai focus keyword yang kamu targetkan.

5. Focus Keyword pada Paragraf Pertama

Kata kunci

Kata kunci diletakan pada awal penulisan – @pixabay.com

Tidak hanya judul, namun paragraf utama dari konten harus memberikan kesan yang baik kepada pengunjung website. Jelaskan poin – poin penting yang akan kamu bahasa pada konten kamu.

Maka dari itu, jika memungkinkan letakkanlah focus keyword pada 100 kata pertama. Jika memang tidak memungkinkan, Anda tidak perlu memaksakan untuk meletakkan focus keyword di paragraf pertama. Dengan catatan, Anda membuat paragraf pertama yang menarik dan jelas sehingga pembaca langsung tahu apa yang akan Anda bahas di artikel tersebut.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Pembuatan Website

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia !

Kursus digital marketing
virtual selling
Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *