Tanggal:29 April 2024

Cara Live di TikTok bagi Pemula

Sejak merebaknya pandemi, TikTok menjadi media hiburan alternatif yang diunduh oleh banyak orang. Bahkan, popularitasnya saat ini telah menyaingi Instagram dan juga Youtube. TikTok merupakan aplikasi yang menawarkan fitur perekaman video dengan iringan musik viral. Isi konten yang semula berisi dance, kini merebak dan berkembang menjadi lebih maju. Kemajuan yang ditampakkan berupa video-video pengajaran berupa kiat dan informasi ilmu pengetahuan dari berbagai bidang.

Awal kemunculannya, aplikasi ini hanya memuat video pendek dari konten kreator dengan durasi 15 detik hingga 1 menit. Setelah melakukan inovasi dan pembaruan, ia dapat merekam video dengan durasi lebih lama, yakni 3 menit. Akhir-akhir ini TikTok melakukan sebuah gebrakan yang dapat menyaingi Instagram. Gebrakan yang dilakukan adalah pemunculan fitur live atau siaran langsung. 

Pengoperasian TikTok live hampir mirip dengan yang fitur siaran langsung Instagram. Bedanya, TikTok live dapat digunakan untuk meraup pundi-pundi rupiah dari jumlah gift yang didapat dari penonton. Sungguh canggih dan menguntungkan, bukan?

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai syarat dan cara menggunakan fitur live yang ada di TikTok. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Bagaimana Cara Daftar TikTok Affiliate?

Syarat Live TikTok

Faktanya, keuntungan yang didapatkan dari live TikTok tidak dapat dinikmati oleh seluruh pengguna. Hal tersebut diakibatkan oleh fitur siaran langsung yang hanya bisa digunakan oleh beberapa kategori. Berikut ini adalah beberapa kategori pengguna yang dapat melakukan live di TikTok:

  1. Pengguna harus berusia 16 tahun ke atas. Jika umur kamu di bawah batas minimal tersebut, secara otomatis fitur live tidak akan tersedia dalam akunmu.
  2. Aplikasi TikTok harus merupakan versi paling baru. TikTok dengan versi lama memang tidak memiliki fitur tersebut. Oleh karena itu, kamu harus memperbaruinya melalui PlayStore atau AppStore.
  3. Syarat ketiga adalah akun harus memiliki jumlah pengikut paling sedikit 1000 akun. Meskipun sudah berumur 16 tahun dan memiliki akun TikTok versi terbaru, live tetap tidak bisa digunakan jika tidak memenuhi syarat ketiga ini. 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Akun TikTok Shop?

Cara Live di TikTok

tiktok live

Ilustrasi Cara Live di Tiktok (Source: freepik)

Setelah ketiga syarat di atas terpenuhi dengan baik, kamu dapat melakukan siaran langsung melalui TikTok. Berikut adalah langkah-langkah live di TikTok yang dapat kamu ikuti:

  1. Unduh aplikasi TikTok melalui Playstore atau Appstore, kemudian Install di gawai milikmu.
  2. Setelah itu, masuk ke akun TikTok menggunakan username atau alamat email, lengkap dengan kata sandi yang sudah terdaftar.
  3. Setelah berhasil masuk, tekan ikon plus (+) yang ada di bagian tengah bawah layar. 
  4. Saat ketiga persyaratan terpenuhi, tombol live akan muncul secara otomatis di layar gawai milikmu. Jika masih belum terlihat, kamu dapat menggeser menu di bawah tombol perekaman. 
  5. Kemudian, kamu dapat membuat judul menarik yang akan muncul di pemberitahuan para pengikutmu melalui sampul live TikTok. 
  6. Langkah terakhir adalah menekan tombol ‘Go Live’ untuk memulai siaran langsung.
  7. Kamu telah berhasil melakukan live TikTok.

Baca juga: Ternyata Mudah Sekali Belanja di TikTok Shop, Ikuti Tutorial Berikut!

Tips Live TikTok yang Baik

cara live di tiktok

Ilustrasi Tips Live di TikTok yang Baik (Source: freepik)

Saat ingin mendapatkan banyak gift dari para penonton, tentu kualitas siaran langsung yang dilakukan juga harus baik. Agar live TikTok yang kamu lakukan meraih banyak impresi, perhatikan beberapa hal berikut ini: 

  1. Cari tahu prime time atau waktu terbaik aplikasi TikTok, kemudian lakukan siaran langsung di waktu tersebut.
  2. Jangan melakukan live dengan durasi yang cukup pendek dan hindari durasi yang terlalu lama. Durasi yang terlalu pendek menyebabkan penyampaian informasi menjadi tidak maksimal. Sementara itu, durasi terlalu panjang dapat membuat penonton menjadi bosan.
  3. Aktifkan fitur ‘Berbagi Video Pendek’ untuk menggiring orang-orang yang tidak mengikutimu memasuki siaran langsung yang sedang dimulai.
  4. Hal sepele yang ternyata penting adalah pencahayaan. Kualitas pencahayaan video dapat berdampak pada ketahanan penonton saat menyaksikan live TikTok-mu.
  5. Koneksi internet juga harus diperhatikan agar tidak membuat video terjeda dalam durasi cukup lama saat siaran langsung dimulai.
  6. Terakhir, isi konten saat melakukan siaran langsung adalah hal utama yang dapat menarik impresi penonton. Oleh karena itu, konten yang disajikan harus memiliki isi dengan kualitas terbaik.

Itulah cara live di TikTok beserta persyaratan dan tips yang dapat kamu lakukan. Lakukan siaran langsung yang menghibur, edukatif, dan bermanfaat agar memperoleh banyak gift dari para penonton. Perlu diingat bahwa monetisasi hanya dapat dilakukan ketika mendapatkan gift atau hadiah berupa koin dari penonton. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa Penyebab Akun Tiktokmu Terkena Shadow Ban dan Cara Mengatasinya

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *