Tanggal:25 April 2024
Cara membuat analisis SWOT

Cara Membuat Analisis SWOT yang Benar

Ketika membuka sebuah bisnis atau usaha, modal bukanlah satu-satunya yang harus kamu perhatikan. Terdapat hal lainnya yang jauh lebih penting untuk dipikirkan pertama kali ketika ingin membuka sebuah bisnis. Hal penting itu adalah sebuah perencanan. Perencanaan harus dilakukan dengan cermat, karena akan mempengaruhi keberhasilan bisnismu secara langsung. Adanya perencanaan dapat meminimalisasi terjadinya kelemahan ataupun ancaman yang dapat menyerang bisnismu tersebut suatu saat nanti. Adanya perencanaan ini juga dapat berguna untuk mengetahui kekuatan ataupun peluang yang terbuka, yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan bisnismu itu. Untuk itulah tak mengherankan jika perencanaan dinilai begitu penting untuk dilakukan seorang pebisnis, bukan?

Salah satu kegiatan yang dilakukan ketika perencanaan ini adalah membuat analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu teknik yang digunakan untuk merencanakan strategi, sehingga bisa lebih berkembang lagi bisnis tersebut. SWOT sendiri merupakan kependekan dari Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Kekuatan dan Kelemahan berasal dari dalam perusahaan (internal). Kedua hal tersebut bisa dikontrol, sehingga bisa diubah menjadi lebih baik dan berguna bagi perkembangan bisnis. Adapun Peluang dan Ancaman berasal dari luar perusahaan atau eksternal. Keduanya tak bisa diubah. Namun, kamu bisa memanfaatkan peluang untuk melindungi bisnis dari ancaman yang ada. Teknik ini dikenalkan oleh seorang ilmuwan bernama Albert Humphrey.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya analisis SWOT memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Analisis SWOT merupakan teknik yang digunakan untuk membuat sebuah strategi untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk itulah, analisis SWOT berperan secara langsung dalam perkembangan bisnis ke depannya. Selain itu, adanya analisis SWOT ini juga bisa mempermudah sebuah perusahaan dalam memutuskan prioritasnya, apakah harus mendahulukan faktor internal atau eksternal perusahaan. Adanya analisis SWOT ini juga bisa membuat perusahaan akhirnya mengetahui berbagai informasi penting yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, seperti informasi mengenai persaingan pasar, potensi pasar, dan lain sebagainya. Selain kaya manfaat bagi perusahaan, analisis SWOT juga membuat seorang stakeholder dengan mudah mengetahui faktor eksternal dan internal di dalam perusahaan. 

Nah, lalu siapakah saja tentunya yang bisa melakukan analisis SWOT ini? Analisis SWOT bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, yang bisa dilakukan oleh satu orang saja. Oleh karena itulah, agar analisis SWOT dapat memberikan hasil yang efektif bagi perkembangan bisnis, setiap orang harus terlibat di dalamnya. Meskipun begitu, bukan secara harfiah, semua orang yang bekerja di perusahaan bisa ikut melakukan analisis SWOT. Hal itu karena, kegiatan ini tidak bisa diserahkan ke sembarang orang. Orang yang bisa melakukannya adalah pendiri bisnis, pemimpin, dan perwakilan dari berbagai aspek atau divisi perusahaan yang tentunya memiliki perspektif berbeda terkait perusahaan. Kumpulkan orang dari divisi sales, marketing, IT, dan lain sebagainya. Bahkan untuk lebih menghasilkan analisis SWOT yang sempurna, sebuah perusahaan juga tak melihat pendapat pada jajaran internalnya saja, tetapi juga mengambil pendapat eksternal, seperti pelanggan mereka.

Baca Juga: 6 Tips Membangun Bisnis Bersama Pasangan

Sebelum mengetahui mengenai cara melakukan analisis SWOT, tentu ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai faktor-faktor eksternal dan internal apa saja yang bisa mempengaruhi perkembangan sebuah perusahaan. Nah, berikut penjabarannya untukmu. Faktor eksternal berupa peluang dan ancaman:

  • Lingkungan
  • Tren
  • Budaya
  • Sosial politik
  • Ideologi
  • Perekonomian
  • Sumber-sumber permodalan
  • Perkembangan teknologi
  • Peraturan pemerintahan, dan
  • Peristiwa yang terjadi.

Adapun faktor internal berupa kelebihan dan kelemahannya adalah sebagai berikut.

  • Kelebihan dan kelemahan internal perusahaan
  • SDM, dan
  • Keuangan atau finansial.

Setelah mengetahui faktor-faktor di atas, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara membuat analisis SWOT yang benar. Secara keseluruhan, terdapat dua cara yang bisa kamu ikuti ketika ingin membuat analisis SWOT.

1. Menguraikan 4 Komponen Analisis SWOT

Uraikan komponen SWOT. Sumber: Pexels

Cara membuat analisis SWOT #1 yang bisa kamu lakukan adalah dengan menguraikan empat komponen analisisnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, analisis SWOT terdiri dari empat komponen yaitu Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Nah, uraikanlah masing-masing darinya terlebih dahulu. Kamu bisa membuat poin-poin pertanyaan seperti berikut ini.

  • Strengths (Kekuatan)
    • Apa kelebihan perusahaan?
    • Apa yang membuat perusahaan lebih baik dari yang lainnya?
    • Apa keunikan perusahaan?
    • Penyebab perusahaan mendapatkan penjualan?
    • Kelebihan perusahaan menurut konsumen?
  • Weaknesses (Kelemahan)
    • Apa yang harus ditingkatkan dari perusahaan?
    • Apa yang harus perlu dihindari?
    • Faktor penyebab kehilangan penjualan?
    • Kelemahan perusahaan menurut konsumen?
    • Apa yang dilakukan perusahaan lain, sehingga bisa lebih baik?
  • Opportunities (Peluang)
    • Kesempatan yang bisa dilihat?
    • Perkembangan trend yang sedang terjadi dan sejalan dengan perusahaan?
  • Threats (Ancaman)
    • Hambatan yang sedang terjadi?
    • Apa yang dilakukan oleh para pesaing?
    • Perkembangan teknologi yang menjadi ancaman?
    • Perubahan peraturan pemerintahan yang menjadi ancaman?

2. Membuat Strategi Berdasarkan Matriks SWOT

Buat strategi berdasarkan matriks SWOT. Sumber: Pexels

Cara membuat analisis SWOT #2 adalah dengan membuat strategi berdasarkan matriks SWOT-nya. Setelah berhasil menguraikan komponen SWOT, kamu harus membuat strateginya. Misalnya saja seperti strategi menghadapi kelemahan dan ancaman yang menghambat, ataupun strategi memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *