Tanggal:25 April 2024
Cara meningkatkan brand awareness.

5 Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness, Ayo Terapkan Sekarang!

Bagi para pengusaha, meningkatkan brand awareness adalah sebuah kewajian. Hal itu dikarenakan dengan tingginya brand awareness, konsumen dan angka pembelian bisa semakin tinggi. Darinya, tentu saja keuntungan yang akan didapatkan juga semakin besar, bukan? Dengan kata lain, bisa disimpulkan bahwa brand awareness sangat mempengaruhi keuntungan sebuah usaha. Lho, kok bisa begitu? Seorang konsumen akan lebih memilih membeli sebuah produk dari suatu usaha atau merek yang sudah familiar atau dikenalnya dengan baik. Bahkan melansir dari data yang dihasilkan oleh Nielsen Globa New Product Innovation Survey, 59% konsumen akan membeli suatu produk baru dari merek yang sudah tak asing lagi.

Keadaan demikian merupakan dampak dari adanya brand awareness, sebuah kondisi dimana seorang konsumen mengenali atau merasa familiar dengan merek, produk, atau jasa tertentu. Mereka akan membeli dari merek yang sama, karena sudah merasa familiar dan percaya, meskipun terdapat merek lainnya yang jauh lebih populer. Adanya hal ini mendorong konsumen untuk terus melakukan pembelian di tempat yang sama. Darinya tentu saja akhirnya penjualan semakin meninggi dan keuntungan semakin besar, kan?

Untuk meningkatkan brand awareness memang bukan tugas yang mudah, meskipun begitu, tetap saja seorang pengusaha harus mengusahakannya sebagai upaya meningkatkan bisnisnya. Bahkan setelah mengupayakannya pun, berbagai keuntungan yang berjangka panjang bisa didapatkan, misalnya saja seperti keuntungan tadi atau kemudahan dalam menjaring konsumen baru, meningkatkan brand equity, dan mendorong konsumen untuk loyal, serta banyak lainnya. Nah, lalu bagaimanakah cara untuk meningkatkan brand awareness ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga | Brand Awareness: Pengertian, Manfaat, Strategi, Dan Contoh

1. Freemium

Freemium.
Freemium. Sumber: Pexels

Cara meningkatkan brand awaraness #1 yang bisa kamu lakukan untuk menyukseskan bisnismu adalah dengan model promosi freemium. Freemium sendiri merupakan gabungan antara free dan premium. Model promosi ini biasanya digunakan oleh para perusahaan software seperti Spotify, OneDrive, dan lain sebagainya. Bagaimana caranya? Pembeli akan diberikan sebuah kesempatan gratis untuk mencoba layanan. Mereka bisa menggunakan sebuah layanan yang tersedia secara gratis. Nah, biasanya jika ada fitur yang harus di upgrade ataupun dalam jangka waktu tertentu, mereka diharuskan untuk membayar.

Misalnya saja seperti dalam bulan pertama mereka digratiskan untuk mencoba, maka bulan selanjutnya mereka harus membayar jika ingin lanjut. Banyak usaha menggunakan model ini karena dirasa sangat efektif, karena konsumen bisa mencoba secara langsung. Merasakan layanan sebelum membelinya. Jadi, mereka akan mengetahui apa saja yang akan didapatkan. Mereka tidak akan merasa dirugikan karena layanannya akan sama, bahkan lebih baik lagi.

Baca Juga | Strategi Pemasaran Produk Makanan Agar Dilirik Oleh Konsumen

2. Review Pelanggan

Review konsumen.
Review konsumen. Sumber: Pexels

Cara meningkatkan brand awaraness #2 yang bisa kamu lakukan lainnya adalah dengan memberikan testimoni ataupun review dari pelangganmu. Banyak konsumen baru merasa khawatir ketika ingin membeli sebuah produk secara online dari sebuah usaha atau merek baru. Mereka khawatir dan takut apabila barang yang dipesannya tersebut ternyata tidak sebaik yang ada di gambar. Tak heran jika mereka merasakan demikian, karena penipuan secara online begitu marak terjadi. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan testimoni dari para pelanggan yang telah membeli produknya di usahamu tersebut.

Nah, lalu bagaimanakah review tersebut bisa meningkatkan brand awaraness? Review bisa meningkatkan brand awaraness apabila misalnya kamu menerapkan sistem pemberian poin terhadap setiap review yang ada. Dengan para konsumenmu semakin rajin membeli produk dan mereviewnya, mereka akan semakin banyak mendapatkan poin. Nah, poin tersebut bisa dimanfaatkan untuk potongan berbelanja. Tentu saja akhirnya hal itu membuat para konsumen menjadi jauh lebih mengenal atau familiar dengan usahamu, bukan?

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir

3. Free Content Marketing

Free content.
Free content. Sumber: Pexels

Cara meningkatkan brand awaraness #3 yang juga bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan membuat free content. Strategi free content ini sedang banyak dipakai oleh perusahaan untuk memasarkan produk-produknya. Dibandingkan dengan iklan yang sering membuat bosan, free content dinilai bisa menjangkau konsumen secara dekat. Hal itu dikarenakan free content akan menyajikan berbagai informasi atau hiburan kepada seorang konsumen. Tentu saja konten tersebut tak lepas dari image brand. Darinya, secara perlahan konsumen juga akhirnya terpapar image brand tersebut dan akhirnya membeli produknya dengan keputusan sendiri. Nah, free content ini juga tak hanya bisa berbentuk artikel saja ya, bisa jadi free content tersebut berbentuk podcast, video, ebook, dan lain sebagainya.

Baca Juga | Apa Itu Content Marketing?

4. Free Marchandise

Free marchendise.
Free marchendise. Sumber: Pexels

Cara meningkatkan brand awaraness #4 yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan free marchandise. Pemberian marchandise gratis ini ternyata juga bisa meningkatkan brand awaraness sebuah merek, produk, atau jasa. Kok bisa? Free marchandise banyak dipakai sebuah merek sebagai ucapan terima kasih karena telah membeli sebuah produk dari usaha tersebut. Namun, selain itu, free marchandise ini juga bisa memberikan kesan baik kepada para konsumennya. Mereka akan berpikir bahwa ‘membeli di merek ini, akan mendapatkan marchandise gratis’. Dari sana, mereka akhirnya akan selalu membeli di merek tersebut.

Baca Juga | Pentingnya Content Planning Untuk Bisnis Dan Tips Cara Membuatnya

5. Influencer Marketing

Influencer marketing.
Influencer marketing. Sumber: Pexels

Cara meningkatkan brand awaraness terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak seorang influecer ternama untuk berkerjasama. Seperti yang telah diketahui bersama, seorang influencer tentulah memilik ribuan atau bahkan jutaan pengikut. Nah, sebagai seorang usahawan, kamu bisa memanfaatkannya dengan mengajak seorang influecer bekerjasama. Kamu bisa mengirimkan produkmu untuk direview influecer tersebut di platformnya, nih!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga | 5 Cara Menentukan Influencer Untuk Promosi Bisnismu, Jangan Sampai Salah Pilih!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *