Tanggal:22 February 2024

Cara Mudah Membuat Twibbon di Canva

Akhir-akhir ini, twibbon menjadi salah satu persyaratan administrasi yang tidak boleh dilewatkan. Adanya twibbon bertujuan untuk mengangkat citra program dan memperluas jangkauan masyakat. Sehingga, diharapkan semakin banyak calon peserta yang mengetahui berlangsungnya event yang diadakan. 

Kegiatan yang menggunakan twibbon sebagai persyaratan administrasi biasanya seperti event kampus dan pendaftaran beasiswa. Tak jarang, ia juga digunakan untuk meramaikan hari-hari besar seperti harlah atau anniversary.

Bagi orang awam, membuat twibbon dianggap sangat sulit dan pembuatnya harus memiliki skill editing luar biasa. Padahal, semua orang bisa membuatnya hanya melalui telepon genggam atau handphone. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi-aplikasi editing yang tersedia di Playstore atau AppStore.

Tertarik dan ingin membuatnya? Simak artikel berikut ini untuk mendapatkan informasi mengenai cara membuat twibbon dengan mudah.

Baca juga: 5 Aplikasi Photo Editor yang Cocok Untuk Membuat Katalog Produk agar Terlihat Menarik

Apa itu Twibbon?

Sebelum mengetahui cara-cara pembuatannya, kamu harus memahami definisi twibbon terlebih dahulu. Sebenarnya, hingga saat ini masih belum ada pengertiannya secara gamblang. Twibbon adalah bingkai dengan latar belakang transparan yang dipadukan dengan sebuah foto. Tujuannya adalah untuk meramaikan suatu event dengan mengkampanyekannya melalui media sosial.

Bingkai ini sudah melekat dan tak lepas dari orang-orang yang bekerja pada posisi event organizer. Pasalnya, mereka merupakan penanggung jawab atas adanya twibbon di suatu acara. Umumnya, twibbon memiliki desain yang disesuaikan dengan tema suatu acara. Jadi, ia bisa berubah-ubah sesuai dengan tema yang digunakan meski dalam acara tahunan. 

Salah satu unsur yang hampir selalu ada di dalamnya adalah logo organisasi atau acara. Tak hanya itu, kemunculannya di media sosial juga harus diiringi dengan caption pendamping. Dapat disimpulkan bahwa sebelum membuat twibbon, kamu harus mempersiapkan logonya terlebih dahulu. Setelah itu, caption juga harus disiapkan bersamaan dengan jalannya proses pembuatan twibbon.

Tutorial Membuat Desain Baju Sederhana Menggunakan Corel Draw

Aplikasi-aplikasi Pembuat Twibbon di HP

Dulu, pembuatan twibbon dianggap sulit karena harus menggunakan software Photoshop atau Coreldraw. Seperti yang kita ketahui, kedua software ini penggunaannya cukup rumit. Bahkan, penginstalannya juga harus berlangganan dan berbayar.

Kini kamu tidak perlu bingung karena terdapat berapa aplikasi dalam HP yang bisa digunakan untuk membuat twibbon. Berikut adalah aplikasi-aplikasi terbaik yang dapat kamu coba:

  • Canva

Aplikasi pembuat twibbon yang pertama adalah Canva. Seperti yang kita tahu, ia merupakan aplikasi multifungsi dalam dunia desain. Canva menjadi aplikasi dalam kategori desain dan seni yang memiliki jumlah pengunduh terbanyak.

Meskipun multifungsi, proses pengoperasiannya terbilang cukup mudah. Bahkan, orang awam sekalipun bisa menggunakannya dengan baik. Di dalamnya terdapat beberapa template yang dapat kamu coba dan ubah sesuai keinginan.

Tak hanya template, model huruf, elemen, gambar, fitur, dan tools di dalamnya juga sangat berlimpah dan canggih. Fitur utama yang digunakan untuk membuat twibbon adalah penghapus latar belakang.

  • Picsart 

Aplikasi kedua adalah Picsart. Sama seperti Canva, ia juga termasuk dalam aplikasi desain terpopuler. Di dalamnya terdapat banyak tools yang memudahkanmu dalam proses pembuatan desain. Meski tak secanggih Canva, Picsart tetap mampu menjadi opsi lain dalam dunia desain melalui HP.

  • Pixelab

Dibandingkan dua lainnya, Pixelab menjadi aplikasi desain yang jarang diketahui. Padahal, ia juga memiliki fitur dan tools yang tak kalah canggih. Pixelab memiliki fitur background transparan yang dapat digunakan untuk membuat twibbon. 

Salah satu fitur unggulannya terdapat pada jenis huruf. Jenis huruf pada Pixelab mirip seperti milik Photoshop yang sudah dimodifikasi secara ciamik. Bagi yang belum pernah mencobanya, kamu dapat mengunduhnya melalui Playstore atau Appstore sekarang juga.

Baca juga: 10 Rekomendasi Font Gratis untuk Desain Kemasan

Cara Membuat Twibbon

Berdasarkan pemaparan di atas, Canva adalah aplikasi populer yang paling mudah digunakan bahkan oleh orang awam. Setelah itu, aplikasi kedua yang sering diunduh adalah Picsart. Oleh karena itu, Vocasia akan memberikanmu cara membuat twibbon praktis melalui dua aplikasi tersebut.

  • Cara Membuat Twibbon di Canva

cara membuat twibbon di canva

Source: Situs Canva

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi Canva atau buka melalui dekstop pada tautan berikut
  2. Login menggunakan akun Google yang telah terdaftar 
  3. Tekan menu ‘Create a Design’
  4. Pilih ukuran 1080×1080 atau persegi
  5. Buat desain atau gunakan template yang tersedia
  6. Sesuaikan desain menggunakan fitur tambahan yang ada di sebelah kiri halaman
  7. Ganti latar belakang dengan warna putih 
  8. Tekan ‘Download’
  9. Pilih format twibbon yaitu GIF atau PNG untuk membuat hasil yang transparan
  10. Selesaikan proses pengunduhan
  • Cara Membuat Twibbon di Picsart

Berikut adalah cara pembuatannya:

  1. Buka aplikasi 
  2. Tekan ikon bergambar tanda tambah
  3. Masuk halaman ‘Start Editing’
  4. Pilih menu ‘Drawings’
  5. Tekan ‘Pick Canvas’
  6. Pilih ukuran persegi
  7. Tekan menu ‘Layer’
  8. Tambahkan Layer baru
  9. Masukkan stiker, logo, tulisan, dan elemen-elemen sesuai kebutuhan.
  10. Tekan ikon unduh untuk menyimpan twibbon

Baca juga: Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) di Canva

Tips Membuat Twibbon 

Terdapat beberapa tips agar twibbon yang kamu buat tampak ciamik. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  1. Perhatikan keselarasan warna bingkai dan logo organisasi
  2. Gunakan resolusi terbaik yang tidak membuatnya pecah saat diunduh
  3. Jangan menggunakan terlalu banyak ornamen
  4. Rajin mencari referensi
  5. Selalu lakukan inovasi dan jangan membuat twibbon yang ketinggalan zaman.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pembuat twibbon terbaik di HP. Kamu dapat membuatnya melalui cara-cara yang sudah tertera di atas. Saat membuat twibbon, pastikan untuk menerapkan beberapa tips hasil rekomendasi Vocasia, ya. Gunanya agar twibbon milikmu tidak terkesan jadul dan menjadi ciamik saat dipadukan dengan gambar apa pun. Selamat mencoba!

Baca juga : 5 Aplikasi Photo Editor yang Cocok Untuk Membuat Katalog Produk agar Terlihat Menarik

autocad
adobe illustrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *