Tanggal:25 April 2024

10 Rekomendasi Font Gratis untuk Desain Kemasan

Di era globalisasi, penggunaan karya digital dengan font sangat banyak dipakai para desainer. Baik dalam versi cetak maupun non cetak. Penggunaannya pun praktis dan mudah didapatkan secara gratis. Font gratis menunjang kebutuhan kerja agar lebih efektif.

Selain itu, perkembangan industri yang sangat pesat menyebabkan kemasan menjadi faktor penting dalam perkembangan pasar. Biasanya, font selalu ada dan dicetak dalam kemasan. Tujuannya untuk menunjukkan citra produk dan kulitas produk tertentu. Font disesuaikan dengan jenis kemasan itu sendiri.

Baca Juga :

Kunci dari membuat desain kemasan produk yang baik kemasan harus sederhana dan fungsional. Desain kemasan harus menciptakan respon emosional yang positif. Hal itu secara tidak langsung akan membujuk konsumen untuk melakukan pembelian.

Oleh karena itu, jenis grafis kemasan seperti warna, bentuk, merek, ilustrasi, huruf, dan tata letak memiliki peran yang sangat besar dalam proses pengiriman visual. Kamu berencana membuat desain kemasan, tetapi masih bingung memilih font-nya? Yuk, simak informasi ini! Vocasia akan kasih rekomendasinya untuk kamu.

Baca Juga : Cara Membuat Desain Stempel di Corel

10 Rekomendasi Font Gratis Desain Kemasan

1. Cutrims

Font Cutrims (Google)

Biasanya digunakan untuk kemasan produk biskuit dan krupuk.

2. Shaded Larch Font

Font Shaded Larch (Google)

Font ini digunakan untuk kemasan produk saus dan kecap.

3. Chavelite

Font Chavelite (Google)

Biasanya digunakan untuk produk kemasan dan olahan.

4. Audrey Free

Font Audrey Free (Google)

Font ini digunakan untuk kemasan produk coklat.

5. Jelly Crazies 

Font Jelly Crazies (Google)

Biasanya digunakan untuk kemasan produk agar-agar.

Baca juga: 10 Situs Untuk Download Font Gratis

6. Ballo

Font Ballo (Google)

Font ini digunakan untuk kemasan produk permen.

7. Sweet Sarrow

Font Sweet Sarrow (Google)

Biasanya digunakan untuk kemasan produk makanan kentang.

8. Roundy Rainbows

Font Roundy Rainbows (Google)

Font ini digunakan untuk kemasan produk susu.

9. Better Phoenix

Font Better Phoenix (Google)

Biasanya digunakan untuk kemasan produk kue.

10. Chunky Funks

Font Chunky Funks (Google)

Font ini digunakan untuk produk telur.

Tujuan dari Penggunaan Font

1. Menarik perhatian audiens

Salah satu tujuan pilihan font adalah untuk menarik perhatian semua orang. Pastinya, orang akan sangat mudah tertarik pada layar visual. Ketika melihat sesuatu yang menarik, mereka ingin tahu lebih banyak tentang apa yang mereka lihat. Ini merupakan latar belakang dari pemilihan jenis font. Dengan bentuk yang menarik, font dapat membuat kamu ingin membeli produk yang dijualkan. Untuk menemukan font yang cocok, kamu harus melihat beberapa contoh font yang digunakan oleh kebanyakan orang.

Baca Juga :

2. Buat tulisan agar mudah dibaca

Jenis font sangatlah banyak. Jika kamu mencari contoh font di Internet, mungkin akan menemukan ribuan font. Namun, perlu diingat bahwa setiap font memiliki kelebihannya masing-masing. Jika salah memilih, tulisan akan sulit dibaca oleh audiens. Di sinilah, memilih font yang tepat sangat penting. Dengan jenis font yang tepat, tulisan menjadi lebih mudah dibaca. Pembaca juga lebih mudah memahami konteks produk yang sedang ditawarkan.

Baca Juga : Cara Desain Website

3. Berikan nilai pada produk

Setiap font memiliki karakter tersendiri dan memiliki kemampuan untuk menciptakan kesan tertentu pada orang yang melihatnya. Kesan yang tercipta bisa bersifat subjektif. Tetapi, ketika kamu menggabungkan desain dengan font sampel tertentu, hal itu dapat mengatur nilai pada produk tersebut. Ada font yang terkesan playful, tetapi ada juga yang serius. Font yang berbeda dapat menghasilkan penilaian yang berbeda pula. Selain itu, fitur font juga dapat menambah nilai sebuah brand. Hal ini sering ditemukan pada desain logo atau branding perusahaan.

Baca Juga :

4. Ciptakan keindahan tulisan

Ketika melihat sebuah desain, kamu mungkin merasa ada font yang terlihat sangat aneh. Tampaknya terlalu dipaksakan dan mengabaikan fungsi setiap elemen desain, termasuk fungsi font. Hal ini bisa terjadi bila tidak ada keselarasan antar elemen desain. Fungsi font yang tepat adalah untuk dapat menciptakan keserasian dalam sebuah desain. Hal itu karena ada efek artistik di dalamnya. Itulah mengapa penting untuk memilih font yang sesuai dengan desain yang kamu buat.

Baca Juga : Cara Mengubah PPT ke Word

Nah, itulah informasi mengenai font gratis untuk kemasan. Setiap kemasan produk harus memilih gaya font yang tidak ambigu. Tentunya agar pembaca mudah memahami produk tersebut. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Nantikan juga artikel informatif lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *