Tanggal:14 May 2024

Hasilkan Omzet Puluhan Juta, Berikut 10 Cara Membuka Usaha Vape Store

Cara membuka usaha vape store.

Bisnis vape bisa dibilang memiliki peluang masa depan yang cerah. Pertumbuhan bisnis di bidang ini pun tergolong cukup pesat. Mengapa demikian? Hal itu karena penggunaan dan peminatan terhadap rokok elektrik ini semakin meningkat dari waktu ke waktunya. Meskipun penggunanya belum sebanyak pengguna rokok biasa, bisnis vape ini sudah banyak dibuka oleh para pembisnis, mendapatkan pelanggan yang loyal, bahkan hingga dapat menghasilkan omzet puluhan juta. Selain itu, tak sedikit pula pengguna rokok biasa yang akhirnya berpindah ke vape karena alasan keamanan. Hal inilah yang mengakibatkan vape menjadi begitu populer dan akhirnya digemari oleh masyarakat. Nah, untukmu yang berminat membuka usaha vape store, berikut akan dijabarkan secara rinci mengenai cara membuka usaha vape store yang bisa hasilkan kamu omzet puluhan juta!

1. Analisis Pasar Vape Store

Analisis pasar
Analisis pasar. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #1 yang harus kamu lakukan adalah menganalisis pasar. Kesuksesan bisnis vapemu sangat bergantung pada analisis pasar ini. Oleh karena itulah, lakukan analisis pasar dengan cermat ya! Nah, apa saja riset yang dibutuhkan? Kamu bisa menganalisis segmentasi pasar, seperti target pasar yang akan kamu tuju nantinya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset mengenai harga yang biasanya dipatok di dalam melakukan bisnis vape store ini. Darinya, kamu bisa menentukan harga yang sesuai di dalam bisnismu sendiri. Tak lupa juga untuk melakukan riset mengenai masalah-masalah apa yang biasanya timbul ketika melakukan bisnis vape store ini dan bagaimana mengatasinya. Nantinya, jika terdapat masalah di bisnismu, kamu bisa menanganinya dengan cepat.

2. Analisis Kompetitor Vape Store

Analisis kompetitor.
Analisis kompetitor. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #2 yang juga harus kamu lakukan adalah menganalisis kompetitor. Jika pasar sudah dianalisis, maka selanjutnya adalah melakukan riset pada kompetitor di bidang sejenis. Lakukan pengamatan dengan jeli pada kompetitor-kompetitor di bidang vape ini. Lihat, bagaimana mereka menjalankan bisnisnya tersebut. Bagaimana mereka melayani para pelanggannya? Apa saja yang mereka jual? Bagaimana kekurangan dan kelebihan bisnis mereka? Apa saja promosi yang mereka lakukan? Dari adanya analisis tersebut, diharapkan kamu bisa membuat bisnis vapemu lebih baik lagi, bahkan menandingi bisnis vape kompetitormu.

3. Rencana Usaha Vape Store

Buat rencana usaha.
Buat rencana usaha. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #3 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat rencana usaha. Rencana usaha ini dibuat agar bisnismu dapat berjalan sesuai rencana dan meminimalisasi terjadinya kesalahan di prosesnya. Nah, apa saja rencana usaha yang harus kamu buat? Tentu saja, kamu harus membuat rencana mengenai modal yang akan dikeluarkan. Buat rencana sebaik mungkin, sehingga uangmu tidak terbuang sia-sia. Dari rencana tersebut, nantinya kamu bisa menentukan harga yang akan dipatok. Nah, selain itu, buat rencana bagaimana tokomu akan dibuat apakah itu toko offline atau online. Jika offline, kamu juga harus merencanakan lokasinya yang strategis.

4. Siapkan Modal Vape Store

Siapkan modal.
Siapkan modal. Sumber: Pexel

Cara membuka usaha vape store #4 yang wajib kamu lakukan selanjutnya adalah menyiapkan modal. Modal yang harus kamu siapkan untuk usaha ini di bawah Rp 50 juta atau sekitar Rp 35 juta. Meskipun tergolong cukup besar, namun omzet yang akan diraih per bulannya pun dapat mencapai Rp 30 jutaan. Adapun modal tersebut nantinya digunakan untuk membeli perlengkapan, menggaji karyawan, biaya operasional bulanan, ataupun menyewa ruko usaha. Namun jika kamu berniat membuka usaha di rumahmu sendiri, tentu modal yang dikeluarkan akan berkurang.

5. Tentukan Tempat Usaha Vape Store

Tempat usaha.
Tempat usaha. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #5 adalah menentukan tempat usaha. Kamu bisa menyewa ruko untuk membuka usaha vape storemu tersebut. Namun, itu optional ya! Jika kamu ingin membukanya di rumahmu sendiri, ya tidak apa-apa. Asal kamu harus memastikan bahwa rumahmu berada di lokasi yang strategis. Rugi dong kalau membuka vape store di rumah, tetapi lokasinya berada di pedalaman. Siapa yang mau membelinya? Nah, selalu pastikan bahwa tempat usaha vape storemu tersebut dekat dengan pemukiman, sering dilewati orang, memiliki aksesibilitas kendaraan atau dekat jalan raya ya! Oh ya, sebisa mungkin di tokomu tersebut, sediakan tempat untuk vaping. Buat juga usaha sampingan seperti coffe shop untuk menambah penghasilan.

6. Buat Toko Onlinenya

Toko online.
Toko online. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #6 yang harus kamu lakukan untuk semakin mengembangkan usahamu tersebut adalah membuat toko onlinenya. Kamu bisa memanfaatkan online market place seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya untuk mendirikan toko onlinemu sendiri. Kamu juga bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, ataupun Tiktok loh! Nah, dengan adanya toko online tersebut, kamu bisa menerima pesanan dari seluruh wilayah. Tentunya hal tersebut dapat semakin meningkatkan penjualan dan keuntungan!

7. Buat Promosi

Promosi.
Promosi. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #7 yang wajib untuk kamu lakukan adalah melakukan promosi. Apalagi untuk usaha yang baru saja dibuka, tentunya cara ini wajib banget untuk dilakukan. Nah, kamu bisa memanfaatkan relasi, keluarga, teman, sosial media yang kamu miliki untuk melakukan promosi ini. Beri penawaran-penawaran yang menggiurkan yang bisa menarik minat konsumen untuk membeli di tokomu ya! Misalnya saja diskon atau potongan harga, voucher, dan lain sebagainya.

8. Sediakan Berbagai Vaporizer

Vaporizer.
Vaporizer. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #8 yang wajib kamu lakukan adalah menyediakan berbagai vaporizer di tokomu. Vaporizer adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan uap. Salah satu pertimbangan mengapa vape lebih baik daripada rokok biasa adalah adanya penghematan. Vape sendiri bisa dibilang lebih irit karena voprizernya dapat digunakan berulang kali dalam waktu yang panjang jika dirawat dengan baik. Adapun rokok biasa harus selalu membelinya jika sudah habis.

9. Sediakan Liquid Vape

Liquid vape.
Liquid vape. Sumber: Pexels

Berbeda dengan vaporizernya yang bisa digunakan berulang kali, liquid vape harus diganti jika sudah habis. Oleh karena itulah, cara membuka ussaha vape store #9 yang harus kamu lakukan adalah menyediakan bebragai liquid vape di tokomu. Liquid vape adalah cairan yang dihasilkan dari ekstrasi tembakau dan bahan lain yang dapat menghasilkan rasa dan aroma berbeda-beda. Untuk itulah sediakan liquid vape dengan berbagai rasa, aroma, dan ukuran yang berbeda, sehingga pembeli dapat membelinya sesuai keinginan.

10. Sediakan Perintilan Lainnya

Perintilan lain.
Perintilan lain. Sumber: Pexels

Cara membuka usaha vape store #10 yang juga harus kamu lakukan adalah menyediakan perintilan usaha lainnya seperti koil, kawat, kapas, baterai, dan lain sebagainya. Nah, usahakan tokomu tersebut menjual berbagai perintilan tersebut secara lengkap ya!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *