Tanggal:29 April 2024

Pengertian Hunting Foto, Ketahui dahulu sebelum melakukan Hunting Foto

Foto yang formal dan profesional - @pexels.com

Hunting foto dalam dunia fotografer ialah sebuah aktifitas memotret dengan pergi ke suatu tempat mencari spot-spot yang keren dan indah.

Tetapi tidak semua hunting foto dilakukan di tempat yang estetik, hunting foto dilakukan dimana saja tergantung visual dan tema yang ingin dicari.

Pada ulasan dibawah akan membahas mengenai persiapan sebelum memulai hunting foto.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kamera Digital, Wajib Banget Tau!

Berikut ini adalah panduan sebelum melakukan hunting foto

1. Lokasi dan Cuaca

Background pada foto yang menarik tergantung dari lokasi yang kita tentukan, jadi usahakan lokasi yang dipakai sudah tepat dan sesuai, Kalian bisa survey terlebih dahulu tempat yang ingin dijadikan hunting foto kira-kira sudah cocok atau belum.

Tentu juga kita harus melihat cuaca pada lokasi tersebut agar tidak menghambat selama proses hunting foto berlangsung.

Baca Juga: Ingin Membeli Kamera Bekas? Ini Dia 6 Tips Dalam Memilih Kamera Bekas

2. Perhatikan Baterai Kamera & Perlengkapan Lainnya

Sebelum berangkat ke tempat lokasi usahakan Kalian sudah prepare dan memperhatikan baterai pada kamera dan juga perlengkapan lainnya.

Isi daya baterai sampai penuh dan lakukan hal yang sama pada baterai cadangan. Ini sangat penting karena hunting foto merupakan aktivitas yang cukup memakan waktu.

Baca Juga: Ketahui 4 Tips Cara Merawat Kamera Mirrorless

3. Tentukan Waktu Yang Tepat

Setiap tempat memiliki karakteristik masing-masing sebagai objek hunting foto. Itulah kenapa penting untuk memilih waktu yang pas.

Jika Kalian memutuskan untuk pergi ke lokasi wisata seperti candi bersejarah, waktu yang pas adalah saat menjelang terbit atau terbenamnya matahari.

Suasana pagi atau sore hari adalah waktu yang paling banyak diburu para fotografer. Begitu pun untuk objek foto berupa alam terbuka seperti pegunungan dan ladang sawah.

Baca Juga: 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

4. Menyetting Kamera Terlebih Dahulu

Sebelum hunting foto biasanya para fotografer menyetting kamera nya terlebih dahulu.

Gunakan setting kamera sesuai dengan tempat hunting foto. Setting kamera diperlukan agar nantinya setelah sampai ke lokasi hunting foto, Kalian bisa langsung memotret tanpa direpotkan dengan setting kamera yang kadang memerlukan banyak waktu.

Baca Juga: Pengertian Dan Unsur Sinematografi

5. Persiapan Pada Model

Dan terakhir yang tidak kalah penting ialah persiapan pada model yang ingin di foto, usahakan sebelum melakukan proses hunting foto Kalian yang ingin di foto sudah mempersiapkan dari segi Outfit dan lain-lain.

Itulah beberapa tips persiapan hunting foto yang perlu Kalian ketahui. Agar hasil foto sesuai ekspektasi, persiapkan segalanya sebelum berangkat ke tempat hunting foto. Selamat memotret!

Baca Juga: Sejarah Dan Awal Mula Lahirnya Teknik Fotografi

Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *