Tanggal:25 May 2024

Cara Memulai Usaha Kuliner dari Pemula Hingga Sukses!

Indonesia memiliki berbagai macam budaya daerah, salah satunya makanan khas daerah yang diminati banyak masyarakat. Tidak heran, jika Indonesia menjadi kaya akan wisata kuliner. Apakah kamu tertarik untuk menjadi pengusaha kuliner? Namun, kamu masih bingung bagaimana caranya untuk memulai usaha kuliner? Yuk, simak berikut ini.

Peluang Bagi Usaha Kuliner 

Ilustrasi Usaha Kuliner Korean Food (Sumber: Pexels)

Untuk kamu yang ingin memulai usaha kuliner, makanan menjadi suatu kebutuhan pokok sehari-hari maka usaha kuliner memiliki keuntungan besar dan menjadi salah satu pilihan yang tepat.  

Usaha kuliner adalah suatu bisnis yang berada dalam bidang makanan memiliki banyak minat masyarakat. Saat ini, banyak orang yang menyukai kulineran, dan kamu lihat dimana-mana terdapat wisata kuliner, tidak hanya via offline saja, loh! Kini gadget semakin berkembang dan untuk kamu yang ingin kulineran bisa melalui online! Dengan di rumah saja, memesan apa yang kamu inginkan, dan pesanan kamu akan sampai. 

Kamu jangan takut untuk memulai, walaupun setiap usaha memang tidak bisa langsung meningkat begitu saja, tetapi kamu harus tau bagaimana konsep yang akan kamu rancang dalam usahamu. Dengan kamu memulai usaha kuliner maka kamu bisa melakukan tips dengan cara “trend food“. Artinya, kamu bisa memulai usaha kuliner sesuai passion kamu dan mengikut trend saat ini sesuai keinginan target pasar. 

Kamu bisa memulai usaha kuliner dari usaha kecil-kecilan, tapi jangan memulai hanya ikut-ikutan saja, ya! Walau usaha kuliner dapat menjanjikan, tetapi resikonya tinggi untuk gagal. Menurut perkiraan, sebanyak 60% bisnis kuliner gagal di tahun pertamanya, selanjutnya 80% bertahan sampai dengan lima tahun saja. Maka kamu harus benar-benar secara matang untuk memulai usaha kuliner sesuai minat dan passion kamu di bidang makanan dan minuman, ya! 

Sebelum memulai, kamu harus perhatikan beberapa faktor penting seperti konsep, produk, sumber daya manusia, target konsumen, promosi dan sebagainya. Salah satu contoh, usaha kuliner yang saat ini sedang trend bisa kamu coba! 

Misalnya saja usaha kedai kopi, minuman kopi menjadi tradisi orang Indonesia, hampir setiap orang menyukai kopi. Tak hanya memiliki cita rasa dan aroma yang menyegarkan, melainkan menjadi gaya hidup sendiri terutama bagi kalangan anak muda. Saat ini, usaha kedai kopi banyak sekali diminati banyak orang dan masih banyak lagi peluang usaha yang bisa kamu coba untuk memulai usaha kuliner, loh! 

Lalu bagaimana caranya untuk kamu yang masih pemula ingin memulai usaha kuliner? Berikut simak cara-caranya! 

Cara memulai Usaha Kuliner Sukses Bagi Pemula 

Untuk memulai usaha, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Komitmen dan berani memulai usaha kuliner

Sebelum kamu memulai usaha kuliner, pastikan kamu harus berkomitmen dalam menjalankannya. Karena beberapa pengalaman banyak orang, membuka usaha yang tidak berkomitmen atau tidak serius jadi berhenti dalam usahanya.

Sebelum kamu memulai, kamu harus memberanikan diri, ya, berani mengambil keputusan dalam memulai langkah dan siap menghadapi kedepannya, jika gagal pikirkan cara memperbaiki atau evaluasi dengan baik.

2. Tentukan konsep secara matang

Konsep usaha.

Konsep Usaha Kuliner (Sumber: Pexels)

Konsep yang dimaksudkan, seperti kamu mau membuka usaha kuliner apa? Di mana? Kemudian siapa yang menjadi target pasar usaha kamu? Hal tersebut harus dipikirkan secara matang. Saat ini, peluang usaha kuliner seperti minuman kekinian, korean food, makanan berat, makanan ringan dan lainnya. 

Selain itu, harga, value, keunikan menu dan konsep tempat, serta bahan baku siap sedia menjadi salah satu strategi konsep sebelum memulai usaha. Tak hanya itu, matangkan konsep pemasarannya, baik secara offline atau online. Serta tempat usaha, display etalase, desain booth usaha dan perlengkapan lainnya harus dipikirkan secara matang.

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan

3. Survei, riset tentang peluang pasar

Lakukan riset pasar sebelum memulai.

Lakukan riset pasar sebelum memulai. Sumber: Pexels

Hal ini, untuk mengetahui peluang yang kamu dapatkan, mulai dari menu kuliner yang dipilih dengan sebelumnya sudah mencari informasi terkait peluang apa yang kamu dapatkan.

4. Mencari tempat atau lokasi yang strategis

Lokasi bisnis

Lokasi bisnis. Sumber: Pexels

Carilah tempat usaha yang strategis dengan cara pengamatan survei lapangan, lihat di lokasi yang kamu pilih apakah memiliki persaingan bisnis atau tidak dan apakah sesuai target konsumen yang kamu inginkan.

5. Membuat business plan 

Ilustrasi Business Plan Kuliner (Sumber: Freepik)

Membuat rencana usaha secara matang dan detail, seperti memikirkan tentang perputaran uang (cash flow), strategi pengembangan, dan membutuhkan partner atau investor

Selain itu, business plan yang bisa kamu lakukan, seperti rencana keuangan (jumlah modal usaha dan rincian detail), penentuan tim kerja atau sumber daya manusia (koki, admin, kasir, kurir, asisten, marketing promosi, dan lainnya), menu dan harga jual (pilih menu yang variatif serta menu yang belum ada untuk mengurangi persaingan bisnis dan memiliki peluang keuntungan yang besar), strategi pemasaran, dan waktu pelaksanaan.

6. Inovasi

Ilustrasi Inovasi (Pixebay)

Jika kamu dapat berinovasi, seperti memberikan yang terbaik terkait tampilan, bentuk, rasa, kreasi penyajian pembuatan. Misalnya, korean food makanan sushi dengan tampilan, bentuk, rasa yang memukau konsumen.

Baca JugaIde Foodpedia Franchise!

7. Melakukan promosi

Ilustrasi Promosi Bisnis Kuliner (Sumber: Pexels)

Saat kamu memberikan penyajian yang baik kepada konsumen dan dapat disebarkan informasi terkait usaha kamu dari mulut ke mulu. Menjadi salah satu trik promosi yang bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu bisa lakukan promosi melalui media sosial (Instagram, Twitter, WhatsApp dan lainnya) seperti postingan konten promosi pada hari tertentu atau promo awal. 

Sebaiknya, usaha kuliner yang dapat kamu jalani bermitra dengan GoFood, GrabFood, ShopeeFood dan lainnya untuk lebih efektif.

Berikut penjelasan peluang dan cara-cara memulai usaha kuliner bagi pemula. Untuk kamu yang mau memulai usaha kuliner, berani melangkah dan tetap berkomitmen untuk mulai bisnis, ya! Jalani prosesnya dengan tekun agar menjadi pebisnis yang sukses. Semangat terus!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *