Tanggal:15 May 2024
OpenCart

Mengenal OpenCart: Solusi Membuat Toko Online Terbaik!

Buat kamu yang ingin membangun toko online, ada banyak solusi shopping cart yang bisa kamu gunakan, seperti OpenCart. OpenCart adalah CMS yang dapat kamu gunakan untuk membuat toko online kamu.

OpenCart tidak hanya gratis, tetapi juga menawarkan berbagai fitur hebat yang mudah digunakan. Keranjang belanja ini juga banyak digunakan di seluruh dunia karena kemudahan penggunaannya. 

Nah, kali ini Vocasia akan membahas lebih detail tentang apa itu OpenCart, mulai dari pengertian, fitur, dan kelebihannya. Yuk, langsung aja cus simak artikel berikut ini!

Apa Itu OpenCart?

Ilustrasi OpenCart (Sumber: Freepik.com)

OpenCart adalah platform website toko online yang dapat menyediakan sistem kelola yang berbasis Content Management System atau CMS. OpenCart adalah open source. Jadi, siapa pun dapat menggunakan platform jenis ini.

OpenCart berada di bawah lisensi GNU GPL dan menawarkan solusi ramah pemula jika kamu ingin membuat toko online tanpa mengetahui bahasa pemrograman atau kode apa pun. Dari inventaris harga, manajemen katalog, sistem pembayaran hingga proses pengiriman, hampir semuanya dapat dilakukan di OpenCart.

Selain itu, OpenCart juga menawarkan tampilan yang menarik di setiap tampilannya. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah dan nyaman membuat situs web untuk toko online kamu.

Fitur Unggulan yang Ditawarkan OpenCart

Ilustrasi OpenCart (Sumber: Freepik.com)

Setelah membahas pengertian dari OpenCart, mari kita bicara tentang fitur-fitur hebatnya. Berikut adalah beberapa fitur OpenCart hebat yang harus kamu ketahui:

1. Pengelolaan Katalog Produk

OpenCart memungkinkan kamu untuk mempublikasikan produk kamu dan mengaturnya ke dalam kategori. OpenCart memungkinkan pemilik toko untuk menggunakan lebih dari 50 bidang produk yang telah ditentukan sebelumnya, seperti nama, deskripsi produk, harga, serta pengidentifikasi produk unik seperti SKU dan UPC, dimensi, opsi, dan atribut.

Sistem filter disediakan juga untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka butuhkan. Kamu juga dapat menjual produk digital seperti perangkat lunak, musik, dan e-book melalui toko OpenCart dengan mengunggah dan melampirkan file ke masing-masing produk.

2. Multi Store

Kamu dapat mengelola berbagai jenis toko online hanya dengan menggunakan satu panel admin. Hal ini dapat terjadi karena OpenCart menawarkan pengguna kesempatan untuk memiliki beberapa toko online.

Kamu dapat mengatur dan mengelola setiap toko online satu per satu menggunakan panel admin yang sama. Bahkan lamu dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan tema kamu dan menambahkan ekstensi ke setiap toko.

3. Menjual Produk Tanpa Batas

Fitur hebat lainnya dari OpenCart adalah kemampuan untuk mengunggah produk sebanyak mungkin. Kamu dapat mengunggah ratusan hingga ribuan produk dalam jumlah tak terbatas dan mengelompokkannya ke dalam berbagai kategori.

Pada saat yang sama, kamu dapat melihat kolom ulasan dan peringkat untuk setiap produk yang dinilai oleh pembeli sehingga dapat meyakinkan pengunjung lain tentang kualitas produk yang ada.

4. Tersedia Berbagai Bahasa dan Mata Uang

Memilih bahasa dan mata uang merupakan faktor penting jika kamu ingin mengembangkan bisnismu ke tingkat global.

Untungnya, OpenCart hadir dengan berbagai fitur bahasa asing yang dapat disesuaikan untuk lokasi target kamu. Mirip dengan harga produk, OpenCart juga dapat menampilkan harga yang dikonversi ke berbagai jenis mata uang berdasarkan lokasi negara tujuan pelanggan.

5. Proses Pembayaran dan Pengiriman Barang

OpenCart memiliki lebih dari 50 plugin pembayaran yang berbeda dan lusinan ekstensi pengiriman. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan plugin pembayaran dan pengiriman pihak ketiga.

Secara default, OpenCart memungkinkan gateway pembayaran seperti PayPal dan pembayaran Amazon. Selain itu juga menawarkan metode pembayaran transfer bank dan cash on delivery (COD).

Untuk pengiriman, integrasikan gerbang pengiriman seperti FedEx dan UPS. OpenCart Marketplace saat ini menawarkan 600+ plugin pengiriman dan 1000+ ekstensi pembayaran.

6. Mengatur Pelanggan dan Menerima Pesanan

Setelah kamu membuat katalog produk dan mengatur pembayaran dan pengiriman, kamu dapat mulai menerima pesanan. OpenCart menyediakan pesanan dan manajemen pelanggan.

Kamu dapat menerima, mengedit, mengubah pesanan, menerbitkan faktur, dan mencetak slip pengepakan. Selain itu, kamu  dapat melihat dan mengubah akun pelanggan, mengelompokkan pelanggan, dan melihat riwayat pembelian.

Pelanggan dapat memberikan ulasan tentang produk setelah melakukan pemesanan di toko yang dibuat oleh OpenCart. Peringkat ini ditampilkan di halaman produk.

7. Melihat Analytics dan Membuat Laporan

Jika kamu menggunakan OpenCart, kamu dapat menggunakan OpenCart untuk menghasilkan laporan dan melihat analitik. Jenis laporan yang dapat kamu buat adalah:

  1. Laporan Penjualan
  2. Laporan Produk
  3. Laporan Pelanggan 
  4. Laporan Pemasaran

OpenCart tidak dilengkapi dengan sistem analitik terintegrasi, tetapi kamu dapat menautkan OpenCart ke akun Google Analytics kamu menggunakan kode pelacakan Google Analytics.

Kelebihan dari OpenCart

Ilustrasi OpenCart (Sumber: Freepik.com)

Tidak hanya fitur-fitur di atas, OpenCasrt memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan lain, yaitu:

  1. Produk tak terbatas
  2. Kategori produk tidak terbatas
  3. Jumlah halaman tidak terbatas atau halaman tidak terbatas
  4. Manufaktur tanpa batas
  5. Jumlah modul tidak terbatas atau sistem instance modul tidak terbatas
  6. Memiliki kemampuan multi mata uang dan multi bahasa
  7. Halaman produk berisi deskripsi, peringkat, dan ulasan untuk pengunjung
  8. Template dapat dengan mudah ditukar, tersedia template gratis dan berbayar
  9. Memiliki fitur perbandingan dan daftar keinginan untuk pengunjung
  10. Gambar produk dapat dikurangi secara otomatis jika perlu
  11. SEO friendly di dalam dan di luar halaman
  12. Fungsi perhitungan ongkos kirim tersedia
  13. Situs web dan basis data dapat dengan mudah dicadangkan atau dipulihkan
  14. Pajak atas penjualan produk mudah diatur
  15. Laporan penjualan dapat diperbarui

Itu dia penjelasan dari Vocasia mengenai OpenCart. OpenCart telah ada selama beberapa tahun dan digunakan oleh banyak orang untuk membangun toko. Tetapi, perlu kamu ketahui, membangun bisnis bukan hanya soal mampu membuat produk dan jasa yang berkualitas, tapi juga tentang marketing.

Jika kamu ingin penjualan produkmu di marketplace berkembang dan makin melesat, ikuti kursus online yang disediakan oleh Vocasia di tautan berikut. Terdapat banyak pilihan kelas pemasaran yang bisa kamu ikuti termasuk membantu penjual online untuk mencari produk trend terbaru serta melakukan optimasi toko online. Buruan ikuti kursusnya!

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *