Tanggal:18 July 2024

8 Cara Mencari Investor dengan Cepat

Usaha yang sangat keras memanglah sangat dibutuhkan jika kamu baru mulai merintis usaha dari bawah. Banyak hal yang bisa menghambat perkembangan bisnis kamu, misalnya saja seperti modal yang terbatas, ketatnya persaingan di pasar dan masih banyak lagi faktor lain. Modal yang terbatas bisa kamu atasi dengan mencari dana modal dari para investor.

Padahal jika dilihat kembali, ada begitu banyak ide yang kamu miliki dengan prospek yang begitu baik untuk perkembangan bisnis kamu. Sayangnya, karena masalah keterbatasan modal inilah ide yang seharusnya bisa jadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan seakan kembali tenggelam.

Memang untuk bisa mendapatkan modal atau suntikan dana dari investor tidaklah semudah memutar balikan telapak tangan. Untuk bisa mendapatkan investor yang mau menananmkan modal dan mendorong perkembangan bisnis dibutuhkan banyak upaya yang harus kamu lakukan.

Jika kamu salah satu pengusaha yang sedang kesulitan mencari investor untuk bisnis kamu, merasa beruntunglah karena kamu telah menemukan artikel ini. Vocasia akan memberi tahumu bagaimana cara mendapatkan investor dengan lebih mudah dan cepat.

Daripada terlalu berlama-lama, yuk simak pembahasan di bawah ini sampai tuntas!

Check it out

8 Cara Mendapatkan Investor dengan Cepat

Dalam praktik bisnis, mencari investor bukanlah perkara yang sepela dan mudah. Ada banyak upaya yang harus kamu lakukan untuk bisa mendapatkan investor yang mau menamkan modalnya, dan mampu membantu perkembangan bisnis. Hanya saja dengan melakukan 8 cara di bawah ini, besar kemungkinan untuk kamu mendapatkan investor secara cepat. Berikut adalah panduan lengkapnya khusus untukmu.

1. Membuat List Target Calon Investor

Sebelum Kamu menentukan investor yang tepat untuk perusahaanmu, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat list target investor yang kamu inginkan. kamu bisa membuat list beberapa nama yang berpotensi tinggi untuk memberikan suntikan dana bagi perusahaanmu. Selain modal, calon investor juga perlu memiliki berbagai ide menarik yang dapat membantu perkembangan bisnismu.

2. Siapkan dan Ajukan Proposal

menunjuk proposal

Cara pertama agar kamu bisa cepat mendapatkan investor yaitu dengan membuat proposal dan mengajukan proposal tersebut. Untuk bisa mendapatkan dana dari investor maupun pinjaman dana dari bank, dibutuhkan adanya proposal sebagai penghubung dari pihak perusahaan dengan pihak pemberi dana.

Pihak peminjam dana akan lebih mudah memberikan suntikan modal jika kamu bisa membuat proposal semenarik mungkin dan sesuai dengan kondisi bisnis kamu. Buatlah calon investormu merasa tertarik dengan cara membuat proposal yang bagus dan menarik.

Proposal yang menarik memiliki beberapa karakteristik, misalnya pada proposal sudah tercantum visi dan misi perusahaan yang lengkap, situasi kesehatan alur kas keuangan perusahaan, dan rencana perusahaan kedepannya

3. Presentasi dengan Baik

Setelah membuat dan mengajukan proposal pada calon investor cara mencari investor selanjutnya ialah dengan melakukan presentasi. Presentasikan proposal tersebut semanarik mungkin. Tujuannya adalah untuk membentuk kepercayaan dari calon investor terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Walaupun seluruh bagian proposal mungkin sudah dibaca oleh calon investor, akan tetapi presentasi tetap jauh lebih berpengaruh pada “feel” calon investor. Penyampaian yang bagus dan rapi akan sangat mudah mencuri perhatian calon investor.

Disini kamu bisa membuat slide presentasi yang simple namun terkesan menarik dan mudah dipahami. Slide presentasi tak perlu mencantumkan banyak tulisan, cukup tuliskan inti poin yang ingin disampaikan kemudian tambahkan sedikit animasi pemanis sebagai penarik perhatian calon investor.

Dari slide yang simple inilah kamu harus menjelaskan secara rinci terkait manajemen keuangan, tim kerja perusahaan serta prospek usaha.

4. Jelaskan Risiko Bisnis

mengobrol

sampaikan risiko bisnis dengan jujur – @rawpixel.com

Semua orang tahu bahwa suatu usaha bisnis pasti memiliki risiko, baik risiko yang besar maupun risiko yang minim. Investor akan selalu menginginkan informasi yang lengkap mengenai usaha yang ingin dia modali, maka dari itu kamu wajib untuk menjelaskan risiko yang ada pada bisnismu secara lengkap dan apa adanya walaupun risiko tersebut merupakan nilai minus.

Tumbuhkan rasa respect antara kamu dan calon investor, maka dari itu jangan sampai kamu pernah menyembunyikan risiko dari bisnis yang sedang kamu jalankan.

5. Membuat Strategi Usaha

Tujuan utama seorang pembisnis mencari investor tentunya untuk mendapatkan tambahan modal, sehingga bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar. Namun ternyata hal ini tak cukup tanpa adanya strategi usaha yang matang.

Strategi bisnis yang sudah tersusun rapi juga bisa memperlihatkan bagaimana prospek usaha tersebut di waktu mendatang. Sebab tak sedikit perusahaan besar yang mengalami kemunduran bahkan hingga gulung tikar hanya karena strategi yang tidak matang dan tak stabil.

6. Mengikuti Pameran dan Kompetisi

presentasi di kelas

berpatisipasi pada lomba bisnis plan – @rawpixel.com

Banyak investor yang sering menjadi tamu saat kompetisi bisnis. Ini merupakan salah satu kesempatan besar agar bisnismu dilirik oleh para investor dengan cepat

Semakin menarik kamu memperlihatkan konsep bisnis, akan semakin banyak investor yang tertarik untuk menenamkan modalnya pada bisnis Anda. Jadi dalam kesempatan ini kamu harus benar-benar bisa menunjukkan semua nilai plus dari bisnis Anda.

7. Kepercayaan Perusahaan jadi Kunci

Apabila bisnismu masih sangat belia, kamu akan membutuhkan tenaga yang ekstra untuk meyakinkan investor. Banyak sekali kasus penipuan yang menjadi momok menakutkan bagi investor untuk memberikan suntikan dana bagi sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, Kamu harus bisa meyakinkan para calon investor sehingga mereka bisa percaya dengan bisnis dan perusahaanmu. Beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menunjukkan ijin usaha, lokasi usaha, dan lain-lain.

8. Membuat Laporan Keuangan dengan Benar

Cara yang terakhir adalah membuat laporan keuangan yang benar dan rapi. Hal ini akan menarik perhatian calon investor agar mau menanamkan modal ke perusahaanmu. Tentunya setiap investor ingin mendapatkan jaminan profit dari perusahaanmu, sehingga adanya laporan keuangan yang lengkap dapat memudahkan investor untuk mempertimbangkan kerjasama tersebut. Maka dari itu, sejak awal merintis bisnis, kamu harus bisa mencatat laporan keuangan dengan rinci agar menarik minat para investor.

Baca juga: Cara membuat start up

Apakah kamu belum mendapatkan investor ? Coba terapkan cara di atas
Semoga Sukses!

Nah, ada informasi tambahan bagi Kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sumber: accurate.id

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *