Tanggal:26 July 2024

5 Jurusan yang Cocok untuk Jadi CEO

Selain menambah ilmu pengetahuan, pendidikan juga mampu memberikan dampak besar pada kehidupan kamu seperti mengubah pola pikir dan sangat mungkin bisa mengubah nasibmu sendiri.

Tak heran banyak orang tua menyekolahkan anak mereka hingga bangku perkuliahan. Berbeda dengan menempuh pendidikan saat masih sekolah, tingkat universitas menyediakan banyak jenis ragam ilmu pengetahuan di berbagai bidang yang akan membantu kamu menemukan bakat dan potensi diri kamu yang sebenarnya.

Tak sedikit pula jurusan yang membawa anda ke puncak kesuksesan seperti menjadi CEO startup terkemuka.

Mau tahu jurusan apa aja sih yang memiliki potensi besar untuk menjadi seorang CEO ?

Buat kamu yang berkeinginan untuk menjadi seorang CEO, merasa beruntunglah karena telah menemukan artikel ini. Vocasia akan memberi tahumu beberapa jurusan yang bisa membantumu untuk menjadi CEO di kemudian hari.

Daripada terlalu lama berbasa-basi, yuk langsung aja simak artikel di bawah ini! Check it out!

berpidato
Jurusan kuliah akan membantumu untuk menjadi seorang CEO – @rawpixel.com

1. MBA

Jurusan pertama yang akan membantumu untuk bisa menjadi CEO tidak lain dan tidak bukan, tentu saja jurusan MBA atau master of business administration. Banyak sekali CEO dari perusahaan ternama mengambil jurusan ini untuk S2 mereka. Di bidang bisnis, jurusan MBA memiliki banyak sekali kelebihan tersendiri dalam pendidikannya. Contohnya seperti mendapatkan kemampuan untuk bisa memanajemen bisnis secara terarah dan memiliki kemampuan untuk mengambil sudut pandang perusahaan serta ahli dalam manajemen sumber daya manusia.

Beberapa CEO ternama yang mengambil gelar ini diantaranya ialah John Stumpf CEO dari Wells Fargo. Ia mengambil MBA dari university of Minnesota. CEO Johnson & Johnson yakni Alex Gorsky juga mengambil jurusan ini di The Wharton School.

2. Filsafat

Buku filsafat
Jurusan kuliah filsafat memungkinkan menjadi CEO – @penerbitbukudeepublish.com

Selain MBA ada pula jurusan filsafat yang mencetak CEO sukses yang dikenal dunia saat ini. Salah satunya ialah George Soros yang menjadi lulusan filsafat di LSE. London School of Economics atau biasa dikenal LSE, Oxford dan University of Cambridge dikenal sebagai kampus terbaik dalam belajar filsafat. Belajar filsafat akan membentuk pribadi yang kritis, rasional dan berpikir logis. Anda juga dididik untuk independen serta mampu menganalisis setiap permasalahan sehingga mendapatkan solusi terbaik.

3. Ilmu komputer

Jurusan yang mendukung untuk jadi CEO yang ketiga yaitu jurusan ilmu komputer. Buat kamu yang suka mengoperasikan komputer maupun aplikasi, kamu bisa mencoba kuliah di jurusan ilmu komputer atau teknik komputer. Berinovasi di bidang digital dan teknologi merupakan harapan dari seorang mahasiswa lulusan ilmu komputer.

Mahasiswa yang telah lulus kuliah di jurusan ini cenderung memakan waktu kuliah yang lebih lama dibandingkan jurusan lain, ini dikarenakan ilmu komputer bukanlah jurusan kuliah yang mudah. CEO Facebook yaitu Mark Zuckenberg walau tak sampai lulus namun ia mengambil jurusan ilmu computer di Harvard University. Larry Page pendiri Google juga mengambil jurusan ini begitu pula co-foundernya yakni Sergey Brin di University of Maryland.

4. Hukum

Buku kuliah hukum
Jurusan kuliah filsafat memungkinkan menjadi CEO – @penerbitbukudeepublish.com

Dari jurusan hokum juga banyak mencetak CEO sukses salah satunya Sumner M redstone direktur eksekutif CBS dan Viacom. Ia merupakan lulusan hokum dari Harvard University. Sekiranya terdapat 15 milyuner dunia yang berasal dari jurusan ilmu hokum versi majalah Forbes. Jadi jurusan hokum tak melulu berakhir menjadi pengacara namun juga bisa terjun dibidang bisnis.

5. Teknik

Orang dengan lulusan teknik kemudian menjadi seorang pengusahan sukses bukanlah hal yang jarang ditemui. CEO Microsoft misalnya yaitu Satya Nadella mengambil S1 dibidang teknik elektro dari Mangalore University. Tak hanya itu saja Rex W Tillerson yang merupakan CEO Exxon Mobil juga mengambil jurusan teknik sipil dari University of Texas. Ia bahkan menjabat posisi CEO selama 4 dekade. CEO Apple yaitu Tim Cook juga pernah mengambil jurusan teknik industry dari Auburn University.

Dalam bisnis yang terpenting adalah kemauan dan keberanianmu, terlepas jurusan apa yang kamu ambil ketika kuliah dulu. Dengan kemampuan yang tinggi, kamu akan selalu mengembangkan kemampuan dan mempelajari hal baru yang belum kamu miliki. Kemudia rasa keberanian akan membuatmu berani dalam menentukan pilihan dan mengambil tindakan.

Buat kamu yang memiliki cita-cita menjadi seorang CEO, semangat dan jangan pantang menyerah! Semoga Sukses!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman, klik tautan di bawah ini!.

Sumber : uangonline.com

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *