Tanggal:29 April 2024

5 Cara Perkenalan Diri saat Interview beserta Contohnya

interview

Saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan, biasanya pertama kali akan diminta untuk mengirim lamaran kerja, maka kemudian jika lolos kamu akan dihubungi oleh pihak perusahaan untuk melakukan wawancara kerja. Pada tahap ini interviewer akan memberimu beberapa pertanyaan mengenai latar belakang kamu.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan pewawancara adalah “Coba ceritakan diri Anda secara singkat!”

Pertanyaan ini memang terlihat sederhana tapi kamu tidak boleh menganggap enteng pertanyaan ini karena nyatanya, tidak sedikit jobseeker atau freshgraduate yang merasa kebingungan untuk menjawab pertanyaan sederhana seperti ini.

Lantas, bagaimana cara kita mendeskripsikan diri ketika wawancara dan apa saja sih yang perlu dan tidak perlu disampaikan?

Yup, selamat buat kamu yang sudah berhasil menemukan artikel ini karena Vocasia akan memberi tahumu tentang 5 Cara Perkenalan Diri saat Interview.

Daripada terlalu banyak basa – basi, yuk simak artikel di bawah ini sampai habis!

Tips Memperkenalkan Diri saat Interview

interview
Pernalkan diri dengan baik – @pexels.com

Dalam wawancara kerja, biasanya pewawancara mempersilahkan calon karyawan untuk  memperkenalkan diri singkat.

Pada dasarnya pertanyaan seperti ini merupakan salah satu cara rekruter untuk mencari tahu mengenai kepribadian, karakteristik, personality serta semangat kamu kepada perusahaan dalam waktu yang cukup singkat.

Oleh sebab itu, pada saat perkenalan diri, sebisa mungkin ceritakan sedikit kekuatan diri kamu dan kaitannya dengan motivasi melamar ke perusahaan tersebut, yang bertujuan untuk menarik perhatian pewawancara serta akan menjadi topik pembicaraan wawancara ke depannya.

Untuk bisa melakukan perkenalan diri yang baik dan bagus di mata rekruter, kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang akan menjadi poin penting berikut ini :

1. Perkenalkan Nama

Memang pada dasarnya perusahaan atau interviewer sudah mengetahui nama kamu melalui CV atau lamaran yang kamu kirim, tapi akan jauh lebih baik kamu tetap menyebutkan namamu kembali saat berwawancara. DItambah lagi, rekruter akan sangat sering menyebut namamu pada saat wawancara nanti.

2. Pendidikan

Kelulusan
Jelaskan apa yang sudah kamu pelajari – @pexels.com

Setelah memperkenalkan nama, selanjutnya adalah menjelaskan latar pendidikan kamu. Jelaskan juga alasan mengapa kamu memilih fakultas tsb dan apa saja yang kamu pelajari selama di bangku kuliah.

Tentu ini akan sangat membatu penilaian HRD, apakah kamu layak atau tidak untuk bekerja di perusahaannya.

3. Pengalaman organisasi atau kerja

Jika kamu merupakan seorang freshgraduate dari salah satu institusi pendidikan yang biasanya memang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, kamu bisa untuk menceritakan bagaimana pengalaman berorganisasimu atau mungkin pengalaman magang sebelumnya

Tetapi jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, usahakan untuk meneceritakan pengalaman kerjamu. Misalnya seperti kamu bekerja di posisi apa, perusahaan apa, berapa lama bekerja dan seterusnya. Sangat disarankan untuk menceritakan latar belakang pekerjaan yang memiliki relevansi tinggi dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar saat ini

4. Keterampilan

mengacungkan jempol
Sampaikan potensi dan keterampilan pada dirimu – @pexels.com

Agar lebih meyakinkan HRD bahwa kamu adalah kandidat yang tepat, makan jelaskan pula ketrampilan yang kamu miliki, tentunya yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

5. Singkat, Padat dan Jelas

Saat memperkenalkan diri, hindari memberikan penjelasan terlalu panjang, apalagi menambahkan informasi yang tidak berkaitan dengan pengalaman profesional. Usahakan untuk menyampaikan perkenalan yang berisi informasi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Apakah kamu sudah paham ? jika belum, tenang. Vocasia juga punya nih beberapa contoh cara memperkenalkan diri buat kamu. Simak terus ya artikel ini!

Berikut Contoh Perkenalan Diri saat Interview

1. Berpengalaman

“Perkenalkan nama saya Budi Anwar. Saya lulus dari Universitas Atma Jaya Jakarta pada tahun 2021. kemudian mulai bekerja di PT Berkah Maju Jaya , perusahaan yang bergerak di bidang Sembako. Di PT Berkah Maju Jaya, saya bertugas di departemen Accounting selama 4 tahun, dan telah menangani pembukuan perusahaan besar menggunakan 5 buku akun.”

2. Fresh Graduate

“Nama saya Reza Surasono Gunadi lulusan dari Universitas Negeri Surabaya pada tahun 2017. Saya mempelajari tentang organisasi Hukum untuk seminar di perkuliahan, serta melakukan penelitian tentang struktur organisasi, kultur, serta kepemimpinan melalui studi kasus di perusahaan multinasional. Saya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan saya senang untuk mengeksplor dan mempelajari Hukum dan Budaya Politik di banyak negara, seperti Inggris, Amerika, Brazil dan masih banyak lagi.”

Nah jadi itu 5 tips dalam memperkenalkan diri saat wawancara kerja beserta contohnya. Buat kamu yang sedang berjuang untuk dapet kerja, jangan pantang menyerah ya. Semoga Sukses !

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia !

Sumber : seputarkarir.com

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *