Tanggal:08 September 2024

Sudah Tahu Mendapatkan Supplier Tangan Pertama? Berikut Penjelasannya

Saat ini, memiliki usaha menjadi jaminan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Kamu ingin memulai usaha? Tapi, sebelum memulainya pasti kamu harus mencari stok barang terlebih dahulu untuk ditawarkan ke pasar, atau yang biasa kita kenal dengan supplier. Terkadang kebanyakan orang sering berpendapat bahwa distributor dan supplier itu sama, nyatanya kedua hal tersebut berbeda, loh!

Distributor adalah pihak yang membeli produk dari produsen secara langsung, setelah itu akan dijual ke perantara (menghubungkan produk pada toko retail). Sedangkan supplier adalah orang atau perusahaan yang menjual bahan untuk diolah ke perusahaan lain menjadi produk siap jual. Mencari supplier membutuhkan ketelitian agar tidak merugikan bisnis kamu nantinya! 

Baca JugaPengertian, Jenis dan Cara Kerja Supplier!

Hal tersebut menjadi tantangan awal bagi para pebisnis pemula dengan bagaimana cara mendapatkan supplier tangan pertama, dan memiliki produk yang bagus sesuai dengan apa yang ingin dijual. Untuk mencari supplier dengan harga barang termurah memang susah gampang, ya! 

Namun, yang terpenting mencari supplier yang terpercaya dan tepat justru lebih susah bukan? Untuk itu, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu terhadap pilihan supplier tersebut, dengan begitu dapat memastikan konsumen mendapatkan produk yang berkualitas. Masih bingung? Bagaimana cara mendapatkan supplier tangan pertama di marketplace atau lainnya? Simak berikut beberapa tipsnya, ya!

Tips Cara Mencari Supplier Tangan Pertama 

Pada umumnya, terdapat cara yang lebih simpel untuk kamu bisa mendapatkan supplier melalui penjualan online maupun offline, seperti mengunjungi acara pameran atau bazar yang terdapat produsen produk dan lainnya. 

Jika kamu melakukan hal tersebut, akan lebih mudah menemukan supplier tangan pertama yang tepat karena bertemu secara langsung. Tapi, jangan khawatir! Masih ada beberapa tips cara mencari supplier tangan pertama lainnya, di antaranya:

1. Carilah di pasar grosir

Ilustrasi Tempat Mencari Supplier di Pasar Grosir (Pexels)

Kamu bisa mencoba mengunjungi pasar grosir untuk mendapatkan supplier tangan pertama, pasar grosir merupakan tempat berkumpulnya para penjual yang menjajakan produknya, selain itu harganya juga relatif lebih murah daripada di pasar retail. 

Selain itu, yang berjualan di pasar grosir tidak hanya supplier tangan pertama, bisa saja mereka yang menawarkan produk dengan harga relatif murah dan dapat dijumpai penjual yang menawarkan paket pembelian lebih murah, jika membeli secara grosir atau berjumlah banyak.

2. Berkunjung ke pasar Industri atau bazar

Ilustrasi Tempat Mencari Supplier di Bazar (Pexels)

Mendatangi supplier langsung ke lokasi produksi, akan memberikan beberapa keuntungan kepada kamu yang ingin memulai usaha, loh! Kamu bisa secara langsung melihat pemiliknya dan akan mengurangi risiko kerugian usaha kamu. 

Baca JugaCara memulai bisnis online shop

Tak hanya itu, ketika kamu bertemu secara langsung dengan supplier, akan timbul keakraban yang membangun kepercayaan antara kedua belah pihak.Kemudian ketika kamu sudah menjadi pelanggan setianya maka harganya akan lebih murah pastinya. 

Kamu juga dapat mengunjungi bazar bisnis. Bazar tersebut akan memperkenalkan produk yang dimiliki dengan harapan akan terbentuk satu kerjasama. Dengan begitu, ini menjadi kesempatan yang baik untuk kamu dalam membangun jaringan relasi, kerjasama serta wawasan.

3. Melalui website atau toko online

Saat kamu tidak sempat untuk datang langsung dalam mencari supplier tangan pertama, jangan khawatir! Zaman semakin canggih, kamu bisa mencari supplier tangan pertama di situs web (website) resmi mereka. Kamu hanya perlu mengunjungi situs web atau toko online resmi official, jika kamu sudah mengetahui produk atau merek dari supplier tersebut.

Jika kamu belum menentukan atau menemukan, kamu bisa mencari terlebih dahulu melalui media sosial dengan memasukkan kata kunci yang ingin kamu cari sesuai kebutuhan bisnisnya. Banyak sekali online shop yang juga menyediakan untuk supplier. Tentunya cara mencari supplier tangan pertama yang ini lebih memudahkan kamu sebagai pemilik bisnis.

4. Melalui forum bisnis atau komunitas online

Sumber cara mencari supplier tangan pertama lainnya, kamu bisa melalui forum bisnis online, seperti Kaskus, bersosial.com, dan lainnya. Kamu bisa mencari dengan mengajukan pertanyaan atau mengikuti thread member lainnya, loh! Dalam forum ini, biasanya member lain memberikan informasi seputar produk, supplier atau info bisnis lainnya.

Kamu bisa memulainya dengan mengikuti komunitas yang berfokus di bidang bisnis sehingga lebih mudah mendapatkan informasi terkait produk atau supplier yang sedang kamu cari. Salah satunya, media sosial Facebook, banyak komunitas publik dan terbuka yang berkaitan dengan jual-beli melalui grup Facebook. Kamu bisa memulainya dari sini.

5. Datang langsung ke pabrik

Ilustrasi Tempat Mencari Supplier di Pabrik (Pexels)

Salah satu cara yang tepat adalah mendatangi langsung ke pabriknya, ketika kamu datang ke pabriknya secara langsung, kamu akan mengetahui dan melihat proses pembuatan produk hingga pengemasan produk. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi atau datang ke pabrik, ada baiknya kamu membuat janji terlebih dahulu dengan pemilik pabrik atau orang yang bertanggung jawab di pabrik tersebut.

Baca JugaSaluran distribusi adalah

6. Melalui website pembanding harga

Jika kamu fokus pada harga termurah yang diberikan oleh supplier, bisa menggunakan website pembanding harga. Ada beberapa website yang bisa digunakan, seperti telunjuk.com, pricearea.com, priceza.co.ic, priceprice.com, pricebook.com dan lain sebagainya.

Caranya dengan memasukkan jenis produk, lalu website tersebut akan memberikan berbagai referensi toko dengan harga yang bervariasi. Selanjutnya, tinggal memilih mana yang cocok untuk kamu, biasanya harga-harga yang dibandingkan hanya berasal dari brand resmi yang ada di marketplace yang resmi pula.

Sehingga merchant yang membuat toko onlinenya sendiri biasanya tidak ada dalam daftar harga yang disajikan. Setelah menemukan dan memutuskan memilih produsen tersebut, langkah berikutnya adalah mengelola penjualan kamu agar lebih mudah.

Nah, itulah penjelasan mengenai supplier tangan pertama untuk memulai usaha bagi kamu yang baru menjadi pebisnis pemula! Itulah cara mencari barang dari supplier tangan pertama atau toko distributor untuk mendapatkan harga termurah untuk dijual secara online. Semoga bermanfaat.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *