Tanggal:30 April 2024

7 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju untuk Pemula

Bisnis online menjadi sumber penghasilan atau pendapatan yang menjanjikan di era yang serba modern ini. Berbisnis online tengah banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik remaja hingga dewasa. Pekerjaan yang satu ini sering dijadikan pekerjaan sampingan untuk memperoleh pendapatan tambahan. Namun, tidak jarang bisnis online menjadi sumber pendapatan utama. Yakin ngga tertarik? 

Berbagai macam jenis produk yang ditawarkan dalam bisnis online sesuai kebutuhan masyarakat luas. Namun, ada satu jenis produk yang banyak diminati dan digemari, yaitu pakaian atau baju. Baju merupakan salah satu kebutuhan primer, artinya masyarakat membutuhkan baju untuk dikenakan sehari-hari. Hal ini yang membuat bisnis online shop baju menjadi salah satu bisnis online yang memiliki peluang menjanjikan.

Alasan Bisnis Online Shop Baju Memiliki Peluang Menjanjikan

Bisnis Online Shop Baju Memiliki Peluang Menjanjikan (freepik)

Terjun ke dalam bisnis online shop baju tentu bukanlah hal random atau sebuah keberuntungan, tetapi pasti memiliki alasan untuk memulai bisnis tersebut. Berikut sederet alasan memulai bisnis online shop baju.

1. Konsumen sudah pasti ada 

Tidak perlu bimbang dan ragu untuk memulai bisnis online shop baju karena konsumen sudah pasti ada. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, baju merupakan kebutuhan primer manusia yang mana penting untuk dipenuhi guna melanjutkan keberlangsungan hidup.

2. Bisnis yang selalu ada 

Bisnis baju ini akan selalu ada sampai kapan pun karena untuk mencukupi kebutuhan utama manusia. Jadi, jangan khawatir lagi kalau bisnismu tidak akan berjalan.

3. Produk tidak kadaluarsa

Bisnis baju merupakan salah satu bisnis yang tepat dan jauh dari kata rugi. Berbeda dengan kuliner, baju tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Dalam jangkauan waktu panjang pun baju masih bisa dijual, hanya perlu menyimpan dengan benar saja untuk menghindari perubahan warna.

4. Distribusi mudah

Dalam bisnis kuliner, higienis dan packaging perlu diperhatikan dengan benar. Namun, berbeda dengan distribusi baju yang terbilang lebih mudah. Plastik dan kardus pembungkus cukup untuk menjaga dan mengantarkan barang sampai ke tangan pembeli.

Baca Juga | 8 Cara Memulai Bisnis Baju Import Dari Korea Hingga China!

Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju untuk Pemula

Memulai Bisnis Online Shop Baju (freepik)

Sebelum memulai bisnis online shop baju, kamu harus tahu cara untuk memulainya agar bisnis yang akan kamu mulai berjalan lancar. Simak sederet cara memulai bisnis online shop baju berikut!

1. Menyiapkan modal 

Langkah pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis online shop baju yaitu menyiapkan modal. Mengutip Investopedia, modal merupakan istilah yang dapat menggambarkan segala hal untuk memberikan nilai atau manfaat kepada pemiliknya. Dapat diartikan juga, biaya awal untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. 

Membangun bisnis online memiliki keuntungan yaitu modal yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan bisnis offline karena tidak perlu menyewa atau membeli toko serta membayar penjaga toko. Namun, terdapat biaya penunjang lainnya yang perlu dihitung, seperti kuota internet, gadget, packing, serta biaya promosi lainnya untuk memasarkan bisnis online kamu.

2. Melakukan riset produk

Langkah selanjutnya yaitu melakukan riset produk. Kamu terlebih dahulu harus mempelajari sedikit tentang bahan baju, jenis bahan apa yang memiliki banyak peminat di pasar. Kenali kelebihan dan kekurangan setiap bahan yang akan digunakan nanti. Penting bagi kamu untuk melihat kebutuhan pasar, trend, atau brand baju yang sedang naik daun.

Dengan melakukan riset produk, kamu akan mengetahui kondisi pasar yang sedang terjadi. Kamu pun bisa menentukan kualitas bahan dan harga yang tepat nantinya.

3. Menentukan produsen atau supplier

Penting bagimu untuk menentukan supplier atau produsen baju yang tepat. Jika berbisnis baju tentu harus berhubungan dengan konveksi titik oleh sebab itu, kamu harus mencari konveksi sebagai supplier yang menawarkan harga paling terjangkau, tetapi dengan kualitas baik. Cara mencari produsen atau supplier untuk bisnis online shop baju, kamu bisa mencarinya di internet. Namun, lebih disarankan untuk mencari secara langsung agar bisa melihat kualitas produk yang akan kamu jual nantinya.

4. Membuat media sosial

Media sosial sebagai platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial sangat menunjang pemasaran produk bisnis online baju. Kamu bisa mempromosikan produk mu melalui berbagai media sosial, seperti instagram, twitter, tiktok, facebook, dan lainnya. Selain itu, kamu juga harus memiliki konsep cantik dan menarik agar konsumen tidak bosan mengunjungi sosial media tokomu. Hal ini juga menjadi salah satu strategi menarik konsumen. 

Baca Juga | Ternyata Mudah Sekali Belanja Di TikTok Shop, Ikuti Tutorial Berikut!

5. Foto produk secara menarik

Memasarkan produk baju harus mengedepankan tampilan. Oleh karena itu, kamu harus menyuguhkan tampilan yang menarik dan estetis agar konsumen tertarik untuk membeli. Hal ini akan membangun kredibilitas tokomu semakin baik dan dipercaya oleh konsumen.

6. Terus berinovasi 

Dalam menjalankan bisnis online shop baju kamu harus selalu mengikuti tren dan perkembangan zaman. Hal ini menjadi tugas utama seorang pebisnis online shop baju untuk terus melakukan riset di media sosial agar tidak tertinggal oleh tren pasar yang sedang naik daun.

7. Strategi word of mouth

Apa sih strategi word of mouth? Strategi ini merupakan salah satu strategi marketing paling populer dan legendaris. Strategi ini dilakukan dari mulut ke mulut, artinya konsumen akan mengetahui produk dari rekomendasi orang lain. Word of mouth dapat berupa percakapan atau testimonial, seperti mengobrol langsung atau sarana komunikasi lainnya. 

Strategi ini bisa diterapkan melalui influencer. Cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan seiring dengan kemajuan teknologi yang membuat popularitas menjadi salah satu hal yang cukup mudah untuk diraih. Bekerja sama dengan influencer tidak semua memerlukan biaya yang besar. Jika kamu memiliki teman yang mempunyai sejumlah penggemar atau yang sering disebut selebgram, atau teman yang memiliki keahlian public speaking bagus, kamu bisa mengajak dia untuk mempromosikan bisnis online shop baju milikmu. Hal ini akan memberi keuntungan pada kedua pihak.

Baca Juga | Jenis Usaha Online Yang Bisa Bikin Kamu Untung!

Itu dia sederet cara memulai bisnis online shop baju bagi pemula. Sobat Vocasia bisa mencoba salah satu bisnis online yang memiliki peluang menjanjikan ini. Tiada kesuksesan tanpa belajar. Yuk, ikuti kursus Memulai Berjualan Online di Vocasia agar kamu dapat meraih omset maksimal dengan bisnis online shop yang hendak kamu jalani. 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *