Tanggal:02 May 2024

7 Cara Mencari Topik Pembicaraan Menarik dan Seru, Yuk Simak!

Tahukah kamu, bahwa berbincang dengan durasi waktu lama dapat membangun hubungan yang baik? Hal tersebut dikarenakan dapat memunculkan chemistry di antara kedua orang yang melakukannya. Namun, beberapa orang sering merasa kesulitan untuk mencari topik pembicaraan. Hal demikian sering terjadi pada para perempuan. Mereka kerap bingung menentukan bahasan selanjutnya sehingga interaksi menjadi cepat selesai. 

Padahal, topik dapat muncul dari benda dan lingkungan sekitar. Misalnya, makanan kesukaan dan hobi kalian masing-masing. Yakinlah, bahwa topik tersebut akan berkembang dengan sendirinya. Pembahasan yang terus bercabang membuat durasi percakapan menjadi lebih lama.

Bagi kamu yang sering kehabisan topik saat ngobrol, artikel ini adalah solusinya. Di bawah ini merupakan pembahasan mengenai cara mencari topik pembicaraan yang baik. Simak hingga akhir, ya!

Cara Mencari Topik Pembicaraan

cara mencari topik pembicaraan

Ilustrasi Cara Mencari Topik Pembicaraan (Source: pixabay)

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat topik semakin berkembang:

1. Membicarakan Hal Viral di Media Sosial

Topik pertama yang bisa memanjangkan percakapan adalah hal viral di media sosial. Hal yang sedang hangat akan membuat bahasan menjadi menarik dan menyenangkan. Kamu dapat mengeluarkan pendapatmu atas hal tersebut. Kemudian, mintalah kepadanya untuk mengutarakan pendapatnya. Perbedaan pandangan akan memunculkan debat kecil yang membuat topik terus bercabang.

2. Menanyakan Aktivitas yang Dilakukan Tiap Harinya

Ilustrasi Percakapan Melalui Telepon Genggam (Source: pixabay)

Cara kedua adalah dengan menanyakan aktivitas. Pembahasan seputar topik ini, cocok diterapkan saat sleepcall dengan pasangan. Kamu dapat memulainya dengan kalimat “Ada cerita apa hari ini?”. Dari sekelumit kalimat tersebut, kamu akan mendapatkan topik-topik lain yang dapat dibahas lebih dalam. Secara tidak langsung, ia juga merasa bahwa kamu memberi perhatian lebih padanya.

3. Gali Sedikit Masa Lalu

Topik seputar masa lalu tidak selalu menyakitkan. Anggapan tersebut menjadi benar, ketika kamu selektif memilih hal-hal yang dibahas. Ingat, jangan pernah mencoba megulik pembahasan yang dapat menyakiti hatimu. Tak harus kisah percintaan, latar belakang dan keluarga merupakan hal yang lebih menarik ketika dibahas. Dengan membahas masa lalu, kalian dapat bertukar pengalaman untuk dijadikan landasan hidup di masa depan. Pertanyaan terkait “Apa saja hal yang ingin diperbaiki di masa lalu?” membuat kalian menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

4. Membicarakan Makanan Kesukaan

Tiap individu, pasti memiliki makanan dan minuman kesukaan yang berbeda-beda. Hal ini bisa menjadi topik yang memanjangkan percakapan. Mulailah bertanya terkait makanan kesukaannya lalu lanjutkan dengan makanan kesukaanmu. Jangan lupa untuk menanyakan alasannya menyukainya. 

Selain itu, kamu juga dapat bertanya terkait rekomendasi tempat yang menjual makanan kesukaannya. Sesekali ajukan tawaran untuk mencicipi masing-masing makanan kesukaan bersama-sama.

Baca juga: Kenali Social Butterfly, Si Ekstrovert yang Punya Banyak Teman!

5. Bahas Mengenai Kegiatan atau Hobi yang Digemari

Obrolan tidak akan habis ketika kamu memiliki pasangan yang memiliki hobi sama. Pembahasan akan selalu berkembang tiap harinya dan tidak terkesan monoton. Kamu bisa meminta dan memberikan tips-tips terkait kegiatan yang kalian gemari. Ajukan ajakan untuk melakukannya bersama-sama agar hubungan menjadi semakin erat.

Tidak perlu khawatir ketika kegiatan dan hobi kalian berbeda. Justru topik ini akan menjadi bahasan seru karena bisa bertukar cerita terkait hobi masing-masing. Kamu dapat bertanya segala hal mengenai hobinya, pun sebaliknya. 

6. Membicarakan Tempat

Beberapa tempat pasti pernah sama-sama kalian kunjungi di waktu berbeda. Kamu bisa menjadikan ini bahasan menarik saat kehabisan topik. Bahaslah tempat-tempat yang sekiranya sama-sama pernah kalian kunjungi. Itu akan meningkatkan ketertarikan lebih dan membuat percakapan kalian sempurna. Bahaslah sarana prasarana serta pelayanan yang ditawarkan di salah satu tempat tersebut. Tak lupa juga untuk membahas worth it tidaknya tempat untuk dikunjungi kedua kali.

7. Bahas Mengenai Hal Sekitar

Saat berada di coffeshop, kamu bisa menbahas hal-hal di sekitar kalian. Bahkan corak dinding dan pajangan yang ada di sana dapat menjadi topik asik dan sedikit menggelitik. Tak hanya interior tempat, orang-orang yang berada di sekitar juga dapat kalian perbincangkan.

Nah, itulah beberapa cara mencari topik pembicaraan versi Vocasia. Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat memposisikan dirimu sebagai pendengar. Jadilah pendengar yang baik dan cari celah kosong jika ada kesempatan. Artinya, dari beberapa cerita yang dilontarkan, buat satu pertanyaan yang dapat memperpanjang pembahasan. Jangan lupa diterapkan dan semoga berhasil!

Baca juga: 7 Cara Membangun Karir Dengan Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *