Tanggal:06 May 2024

Apa Itu Merchandise? Pengertian, Jenis Dan Fungsinya Untuk Promosi Bisnis

Merchandise adalah salah satu media populer yang digunakan untuk menunjang aktivitas promosi. Pasalnya, selain mampu menambah brand awareness, merchandise juga bisa menjadi sumber pemasukan dengan cara dijual kepada konsumen. Tak hanya itu, merchandise biasanya juga digunakan untuk memperkenalkan brand baru kepada masyarakat.

Tujuan dibuatnya merchandise adalah untuk membuat calon konsumen bisa mengingat dan mengenal brand suatu bisnis untuk jangka panjang. Merchandise umumnya dapat dijumpai pada event-event tertentu, khususnya pada sebuah event perusahaan. Desain yang terdapat di merchandise berfungsi untuk menyampaikan pesan ke penerimanya dan membantu konsumen atau calon konsumen untuk mengingat produk tersebut.

Semakin sering orang mendapatkan merchandise, berarti semakin sering pula orang menggunakan produk dan mengingat produk tersebut. Jenis merchandise sendiri sifatnya beragam. Mulai dari barang pecah belah, kaos, tas, buku catatan hingga beberapa barang yang mempunyai kaitan langsung dengan bisnis yang dipromosikan.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan merchandise itu? Apa saja jenis serta fungsinya untuk promosi bisnis? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Giveaway: Pengertian, Jenis, Dampak, Cara Membuat, Dan Contohnya

Apa itu Merchandise?

Apa itu Merchandise? Sumber: unsplash.com

Secara harfiah merchandise artinya adalah barang dagangan. Namun berbeda dengan barang dagangan pada umumnya, barang dagangan ini diproduksi dalam jumlah terbatas dan untuk segmen pasar tertentu. Merchandise merupakan bentuk media promosi yang berbentuk sebuah produk atau pernak-pernik yang bisa ditemukan di gerai atau toko-toko retail.

Secara umumnya, pengertian merchandise adalah media yang digunakan oleh pelaku usaha untuk melakukan promosi terhadap produk yang mereka tawarkan. Tidak hanya satu, ada banyak sekali jenis-jenis merchandise yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Di dalam merchandise, terdapat berbagai element brand, seperti representasi warna, logo, gambar maskot, tagline, alamat web, dsb.

Di sisi lain, merchandise yang dipilih harus mampu membuat calon konsumen atau konsumen mengenal dan mengingat brand milikmu dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, berbeda dengan media promosi lainnya, merchandise umumnya berupa daily product yang dapat digunakan sehari-hari. Semakin sering seseorang menggunakan merchandise yang diberikan, secara otomatis mereka akan mengingat brand yang kamu miliki.

Baca juga: Berikut Tips dan Strategi Mempromosikan Event Online Melalui Sosmed dan Media Lainnya!

Jenis-Jenis Merchandise

Jenis-Jenis Dari Merchandise. Sumber: pexels.com

Saat ini terdapat jenis-jenis merchandise dan contoh merchandise yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Secara garis besar, jenis-jenis merchandise adalah sebagai berikut:

1. Merchandise Daily Product

Salah satu jenis-jenis merchandise yang sering dipilih oleh brand adalah daily product alias produk yang dapat digunakan sehari-hari. Contoh merchandise dari jenis merchandise ini adalah gelas, mug, pulpen, notebook, tote bag, jam dinding, dsb.

2. Merchandise Produk Unik

Jenis-jenis merchandise berikutnya yang juga menjadi pilihan para pemilik brand adalah produk unik. Contoh merchandise dari jenis merchandise ini adalah lightstick, stiker, dsb. Umumnya, jenis merchandise ini dipilih oleh boyband atau girlband dan film yang akan melakukan promosi agar para penggemarnya merasa lebih dekat dengan sang idola.

3. Merchandise Produk Fashion

Jenis-jenis merchandise selanjutnya yang sering menjadi pilihan para pemilik brand adalah produk fashion. Contoh merchandise dari jenis ini adalah kaos, jaket, topi, masker, celemek, dsb. Biasanya, jika brand milikmu bergerak di bidang fashion, jenis merchandise ini akan menjadi pilihan.

Baca juga: Kata – kata Promosi Menarik untuk Bisnis Onlinemu di Instagram

Fungsi Merchandise Untuk Promosi Bisnis

Fungsi Merchandise Untuk Promosi Bisnis. Sumber: pexels.com

Dalam dunia pemasaran, merchandise memiliki peranan yang sangat penting untuk mengenalkan merek dan membentuk brand image suatu perusahaan pada banyak orang. Hal tersebut tentu saja sebagai bentuk komunikasi yang juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang penerapannya bisa diaplikasikan pada banyak media.

Adapun fungsi merchandise untuk promosi bisnis antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai sebuah branding atau merek dari suatu perusahaan atau produk / jasa perusahaan tertentu. Misalnya pulpen yang disablon dengan logo perusahaan dan pada saat itu digunakan oleh client, alhasil membuat client ingat kepada perusahaan pemberi pulpen tersebut.
  2. Sebagai rasa terima kasih atas kehadiran dalam suatu event tertentu, atau bentuk cendera mata saat client memasuki acara atau undangan dari sebuah perusahaan.
  3. Sebagai alat marketing dari satu client ke calon client baru lainnya. Misalnya saat membuat agenda tahunan, agenda tersebut dicetak offset pada logonya atau pada tulisan dan bisa juga pada ringkasan produk supaya bisa mengingatkan client pada jasa atau produk dari perusahaan.
  4. Sebagai alat penarik minat supaya banyak yang mampir ke stand pamaran (boot) yang sedang dibuka di pusat keramaian baik itu mall, seminar, pameran dan lain sebagainya.
  5. Sebagai ciri khas yang membedakan dengan perusahaan lainnya, pada zaman yang persaingan semakin sulit ini maka suatu perusahaan akan cenderung berbeda, baik itu dalam hal promosi atau pemberian ke dalam benak para konsumen.

Baca juga: 5 Cara Jitu Meningkatkan Brand Awareness, Ayo Terapkan Sekarang!

Demikian penjelasan mengenai pengertian merchandise beserta jenis dan fungsinya untuk promosi bisnis. Satu hal yang perlu dan penting untuk diperhatikan ialah, ketika memilih jenis merchandise terbaik yang bisa kamu gunakan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Jangan sampai salah dalam memilih jenis merchandise, karena hal tersebut sedikit banyak bisa mempengaruhi citra perusahaan.

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *