Tanggal:22 May 2024

5 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Spotify

Dengan adanya perkembangan teknologi, untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dari mana saja. Tidak perlu pergi ke kantor atau selalu menghadap layar laptop, cukup mengandalkan koneksi internet dan di rumah saja kamu juga bisa melakukannya.

Spotify saat ini sudah menjadi salah satu platform sumber penghasilan tambahan. Bukan hanya sebagai media mendengar musik saja, kamu bisa memanfaatkanya dengan cara membuat podcast yang membahas apa saja yang kamu suka selagi itu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Mau tahu pembahasan lebih lengkap? simak penjelasan berikut :

Apa itu Spotify?

Gambar oleh Nyoman Suartawan dari Pixabay

Spotify adalah salah satu aplikasi layanan streaming lagu digital, mulai dari lagu lokal hingga lagu dari berbagai negara ada di dalamnya. Selain itu, Spotify juga menyediakan lagu dari berbagai genre.

Bukan hanya musik saja, Spotify menyediakan feature podcast yang bisa kamu dengarkan dari orang-orang kreatif. Bukan hanya sekedar mendengarkan, kamu juga boleh membuat podcast yang membahas hal apa saja yang kamu suka dan bisa menarik perhatian orang. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan lho.

Cara mendapatkan penghasilan dari Spotify

Pixabay

1. Iklan

Cara mendapat uang dari Spotify adalah dengan memanfaatkan podcast tersebut sebagai sumber iklan. Hanya lewat podcast kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah untuk setiap episodenya. Pundi-pundi ini dapat terkumpul dengan baik bila sudah mendapatkan dukungan dari brand tertentu atau dengan kata lain iklan pada saat penayangan podcast berlangsung. 

Namun cara menghasilkan uang dari Spotify lewat iklan ini tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Kreator podcast harus sudah memiliki jumlah pendengat dan pengikut yang banyak. Hal tersebut tentunya untuk menjamin agar pihak yang support mendapatkan feedback positif.

Sedikit informasi, kamu juga bisa menggunakan trik lain, yaitu dengan cara mendapatkan uang banyak dalam sehari berikut ini. Dalam artikel tersebut, dibahas lengkap mengenai profesi atau pekerjaan yang berpotensi menghasilkan uang secara singkat.

2. Pemandu Acara

Ternyata rajin ngonten di podcast juga bisa mendatangkan rejeki baru. Misalnya saja ada orang yang mendengarkanmu saat sedang memandu podcast, merasa tertarik dengan gaya bicara atau segi pandang menarik lainnya kemudian merekrutmu untuk jadi pemandu acara. 

Hal ini bukanlah omong kosong belaka. Sudah banyak orang yang mendapatkan kesempatan seperti ini dari berbagai kalangan. Dengan cara mendapatkan uang di Spotify seperti ini kamu tinggal fokuskan diri untuk semakin mengasah skill dan memperkuat fokus materi agar terlihat semakin menarik. 

Baca juga: 11 Cara Agar Public Speaking Bagus Buat Si Pemalu

3. Membangun Jaringan

Sumber lain yang bisa mendatangkan uang di Spotify adalah jaringan media. Selama aktif di platform tersebut, jangan lupa untuk selalu membangun jaringan media ke sesama konten creator atau relasi di bidang lainnya. Tanpa disadari kebiasaan baik ini akan memberi dampak positif. Bukan tidak mungkin jika suatu saat hanya dari bikin podcast di Spotify dapat uang banyak dan tidak perlu kerja kantoran lagi. 

4. Menjual Merchandise

Jika podcast mu menghasilkan banyak penggemar, kamu juga bisa membuat merchandise dan menjualnya. Merchandise yang dijual di antaranya tempat minum, kaos, jaket, dan topi. Pemilik podcast The Morning Toast telah telah melakukannya.

5. Crowdfunding.

Bukan hal baru jika sejumlah kreator podcast maupun vlogger melakukan crowdfunding. Para kreator meminta kontribusi pengikut, pendengar, maupun penonton untuk menyumbangkan dana ke akun kreator. Mereka berjanji akan memberikan konten rutin, berkualitas, dan terkadang tak ada iklan (khusus konten di YouTube). Platform yang biasanya digunakan adalah Patreon dan GoFundMe.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Podcast Di Spotify Bagi Pemula

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mendapatkan penghasilan dari Spotify. Semoga bermanfaat

Baca juga: Yuk, Simak Tujuan Bekerja Selain Mendapatkan Penghasilan!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *