Tanggal:20 June 2024

Brand Marketing: Terbukti Meningkatkan Brand Awareness Produk!

Lingkup pekerjaan seorang marketer tentu beragam mulai dari advertising, email marketing, search engine marketing, hingga social media marketing. Keahlian marketing seperti mengenal perilaku konsumen, kemampuan menulis, pengetahuan desai, hingga brand marketing juga perlu dikuasai. Brand marketing adalah metode yang digunakan untuk meng

Brand marketing sering dianggap mudah bagi sebagian orang. Namun pada kenyataanya, bekerja di bidang ini membutuhkan keterampilan dan pengetahuan tertentu karena kinerja pemasaran merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu brand perusahaan.

Brand marketing adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan penjualan dari sebuah produk. Keahlian ini kerap menjadi tantangan bagi marketer karena berhubungan dengan teknik pemasaran tertentu. Nah, jika kamu tertarik dan ingin menggeluti bidang ini, berikut beberapa informasi mengenai brand marketing yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Brand Marketing

Brand marketing adalah teknik pemasaran yang bertujuan untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin dengan memperkenalkan merek suatu produk tertentu. Pemasaran yang dimaksud dapat dilakukan dengan media cetak, elektronik, dan media online.

Branding ini memerlukan proses kreatif seperti pembuatan logo, penentuan slogan, dan mampu mendefinisikan pesan yang hendak disampaikan. Selain itu, brand marketing juga mengintegrasikan brand dengan kegiatan usaha dan berbagai kegiatan kreatif lainnya yang bertujuan untuk membentuk persepsi pelanggan. Branding perlu dipikirkan secara matang dan memiliki kesan out of the box untuk memikat hati pelanggan dan membuatnya berbeda dengan pesaing.

Tujuan Brand Marketing

Dari penjelasan diatas, brand marketing memiliki tujuan untuk membangun hubungan dengan konsumen dan membangun brand value. Pastikan konsumen memiliki keterkaitan atau hubungan emosional dengan brand yang dipasarkan. Koneksi antara brand dan konsumen yang baik harus kuat, positif, dan terhubung secara emosional. Dengan begitu, brand bisa mengubah konsumen menjadi brand advocate.

Baca Juga| Pengertian, Manfaat, Dan Cara Melakukan Marketing Campaign

Strategi Brand Marketing. (Image: Freepik)

Strategi Brand Marketing

Diperlukan strategi yang baik untuk menjalankan aktivitas pemasaran dengan brand marketing. Berikut adalah beberapa strategi brand marketing yang perlu kamu ketahui.

  • Membuat Marketing Strategy dan Marketing Plan

Dalam menentukan brand marketing, perlu membuat marketing strategy dan marketing plan. Pada dasarnya, dua hal ini adalah sesuatu yang berbeda meskipun saling berkaitan.

Marketing strategy adalah berbagai penjelasan mengenai tujuan yang harus dicapai oleh seorang marketer. Cara ini sangat bergantung pada tujuan bisnis masing-masing perusahaan. Sementara, marketing plan merupakan implementasi dan langkah-langkah nyata dari marketing strategy yang telah disiapkan.

  • Memilih Tools dan Konten yang Tepat untuk Digital Marketing

Agar proses marketing menjadi lebih efektif, seorang marketer harus piawai dalam memilih tools yang paling tepat untuk proses marketing. Tentu saja pemilihan ini harus didasari pada kebutuhan dan jenis produk yang akan dipasarkan. Ketahui juga tools dan konten yang tepat. Konten tulisan maupun konten audio-visual.

Selain meningkatkan brand awareness melalui konten-konten yang disajikan, kita juga berpeluang untuk mendapatkan audiens yang berpotensi menjadi konsumen dari produk yang ditawarkan.

  • Identifikasi Pelanggan

Strategi selanjutnya adalah menetapkan target dari pelanggan. Semakin sempit dan terukur target pelanggan maka akan semakin cepat pertumbuhannya. Sebaliknya, semakin beragam target pelanggan maka upaya pemasaran yang harus dilakukan akan semakin terdilusi. Pastikan brand memiliki target pasar yang spesifik agar konten-konten yang dibuat dapat disesuaikan dengan target pasar tersebut.

  • Bangun Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Agar hasilnya menjadi maksimal, selain melakukan content strategy marketing, tidak ada salahnya untuk membuat kombinasi strategi marketing melalui jasa influencer. Selain itu, diperlukan satu keterampilan tambahan yaitu public relations. Selain bertugas untuk menciptakan yang baik dengan customer, seorang marketer juga harus memiliki kemampuan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak yang berpeluang menjadi partner. 

Dengan memaksimalkan berbagai strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan melalui strategi brand marketing tersebut, tentunya proses marketing yang dijalankan akan lebih potensial. Meskipun setiap produk memiliki metodenya masing-masing. Setidaknya strategi tersebut paling umum yang bisa diterapkan ke dalam semua jenis produk yang dipasarkan.

Baca Juga| Mengenal Konsep Marketing Mix Untuk Mengembangkan Bisnis Anda!

Peran brand marketing untuk mengembangkan bisnis. (Image: Freepik)

Peran Brand Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

Dalam dunia bisnis, tugas brand marketing dianggap penting untuk menumbuhkan dan meningkatkan citra perusahaan. Brand marketing yang dianggap penting dalam pengembangan bisnis memiliki beberapa peran, antara lain:

Rencana Pemasaran

Salah satu tanggung jawab staf pemasaran adalah merencanakan jenis pemasaran yang tepat untuk meluncurkan merek produk. Sebelum melakukan brand marketing, marketer diharapkan melakukan observasi untuk menemukan kebutuhan dan minat masyarakat terhadap produknya.

Menetapkan Harga

Brand marketing juga memiliki tugas menetapkan harga sesuai dengan harga produksi dan kisaran harga produk sejenis yang diperdagangkan di pasar. Jika merek Anda adalah merek baru di pasaran, biasanya pelanggan ragu untuk membeli merek baru dengan harga tinggi dan kualitasnya belum terbukti dan tidak boleh dijual dengan harga terlalu tinggi.

Menentukan Strategi yang Tepat

Strategi pemasaran adalah kunci keunggulan sebuah brand. apa yang dimaksudkan strategi pemasaran ini harus sejalan dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu bentuk strategi pemasaran adalah promosi branding produk. Promosi adalah suatu bentuk pemasaran dengan menerbitkan dan mengatur potongan harga produk dalam jangka waktu tertentu. Selain periklanan, ada beberapa strategi brand marketing lainnya seperti kupon, souvenir, dan jaminan produk.

Menjalin Kemitraan dengan Pihak Lain

Kerjasama dengan pihak lain dianggap penting dalam membangun sebuah bisnis. Oleh karena itu, peran brand marketing diharapkan tidak hanya untuk menarik perhatian konsumen, tetapi juga untuk mencari stakeholders yang mau bekerja sama. Mitra bisnis yang tepat tidak hanya mendapatkan keuntungan dengan memesan produk dalam jumlah banyak, tetapi juga membantu perusahaan memperkenalkan merek produknya kepada mitra bisnisnya dan beriklan di media sosial.

Menjaga Kepercayaan Konsumen

Peran product marketing adalah untuk memberikan informasi yang rinci dan jujur kepada masyarakat umum tentang merek produk. Jika informasi yang diberikan salah atau tidak benar ketika produk digunakan dan merugikan konsumen, konsumen tidak akan membeli dan tidak akan mempercayai kualitas merek. Kepercayaan konsumen merupakan aset terpenting dalam membangun strategi citra perusahaan.

Baca Juga| Mengenal Direct Marketing? Pengertian, Jenis, Dan Manfaatnya!

Sekian penjelasan mengenai branding marketing, istilah ini  berasal dari kata brand yang berarti merek. Branding adalah citra yang memungkinkan suatu produk untuk menarik dan mengikat konsumen. Branding dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan konsumen yang dituju. Tujuan utama dari branding adalah untuk memperkenalkan merek perusahaan. Selain itu, branding juga bertujuan untuk membangun citra dan reputasi yang positif bagi perusahaan agar selalu baik di mata konsumen. Melalui branding citra perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Definisi sederhana dari branding adalah nama, logo, dan slogan perusahaan yang akan diingat konsumen. Branding cenderung membujuk konsumen untuk kembali pada produk yang dijual perusahaan. Branding biasanya dilakukan oleh perusahaan baru yang namanya belum diketahui secara umum. 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *