Tanggal:21 May 2024

Ini Dia Cara Mudah Membuat Podcast Di Spotify Bagi Pemula

Spotify merupakan salah satu platform untuk mendengarkan podcast yang paling populer saat ini. Dilansir dari data yang dihimpun Statista, Spotify menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mendengarkan podcast di tahun 2020. Jika kamu adalah podcaster pemula, maka kamu wajib mengetahui cara membuat podcast di Spotify!

Menurut KBBI, podcast atau siniar adalah ​​siaran berupa berita, musik, dan sebagainya yang dibuat dalam format digital, baik audio maupun video, yang diunduh melalui internet. Podcast sendiri merupakan akronim dari Personal on Demand Broadcast. Awalnya, sebagian besar menggunakan podcast sebagai cara independen bagi individu untuk menyampaikan pesan mereka di luar sana dan membangun komunitas orang-orang dengan minat yang sama.

Podcast biasanya terdiri dari season dan episode karena bersifat episodik dan berkelanjutan. Jadwal tayang podcast pun beragam, mulai dari podcast harian, mingguan, atau tidak menentu. Setiap episode pada podcast berupa file audio dan inilah yang menjadikan podcasting menarik karena relatif mudah dan murah untuk melakukan produksi sendiri.

Meningkatnya popularitas podcast dari hari ke hari juga membuat Spotify sebagai salah satu platform terbesar penyedia podcast menjadi banyak diminati. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari bagaimana cara membuat podcast di Spotify mulai dari sekarang. Lantas, bagaimana cara membuat podcast di Spotify? Yuk, simak caranya di bawah ini!

Baca juga: Berikut Ini Cara Promosi Podcast yang Tepat!

Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast Di Spotify. Sumber: unsplash.com

Apabila kamu sudah mengumpulkan peralatan dasar yang dibutuhkan untuk membuat podcast, selanjutnya ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum mendaftar di Spotify. Apa saja itu? Semuanya telah terangkum di dalam cara membuat podcast di Spotify berikut ini.

1. Siapkan Podcast yang Ingin Diunggah

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin memulai podcasting adalah mengembangkan konsep podcast dan memilih format yang sesuai. Selanjutnya, kamu perlu melengkapi peralatan podcasting, merekam dan mengedit podcast menggunakan perangkat lunak yang kamu sukai dan tidak lupa kamu juga perlu mempersiapkan detail file-nya (termasuk metadata dan foto sampul).

Berikut ini beberapa requirements cara membuat podcast di Spotify yang harus kamu penuhi:

  • MP3 harus dalam audio ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) dengan bitrate antara 96 ​​dan 320 kbps.
  • Gambar sampul harus dalam rasio persegi (1:1) dan dalam format PNG, JPEG, atau TIFF dengan resolusi setinggi mungkin.
  • RSS feed harus memiliki judul, gambar sampul, dan detail yang relevan untuk setidaknya 1 episode.
  • Judul episode tidak boleh melebihi 20 karakter untuk menghindari pemotongan ‘…’ dalam platform
  • Panjang episode tidak boleh melebihi 200 MB. (200MB adalah sekitar 83 menit pada 320Kbps atau lebih dari 200 menit pada 128Kbps).

2. Pilih Platform Hosting untuk Podcast

Setelah podcast siap untuk diunggah, langkah selanjutnya adalah memutuskan di mana podcast ingin di hosting. Perlu kamu ketahui bahwa Spotify sebenarnya tidak menyimpan file podcast, oleh karena itu kamu perlu platform hosting podcast untuk mengunggah dan menyimpan podcast-mu. Ada banyak layanan hosting podcast yang banyak digunakan, salah satunya adalah Anchor.

Jika kamu memilih Anchor sebagai platform hosting podcast, maka cara membuat podcast di Spotify selesai sampai di sini. Namun, apabila kamu menggunakan platform hosting podcast lain, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Salin RSS feed ke Spotify

Jika kamu telah memilih platform hosting yang tidak mendistribusikan podcast ke Spotify secara langsung, maka kamu harus mengambil satu langkah ekstra setelah mengunggah podcast-mu di platform hosting yang kamu pilih untuk membuat podcast kamu tersedia di Spotify.

Selanjutnya, kamu dapat mempelajari cara meng-upload podcast di spotify seperti langkah berikut.

Baca juga: Cara Membuat Podcast : Mudah dan Menarik, Yuk Coba!

Cara Upload Podcast Ke Spotify

Cara Upload Podcast Ke Spotify. Sumber: unsplash.com

1. Buat Akun Spotify

Setelah memenuhi semua persyaratan file podcast yang ditetapkan, kini saatnya kamu untuk membuat akun podcast di Spotify melalui Spotify for Podcaster. Klik login di pojok kanan atas halaman untuk masuk. Secara otomatis, Spotify akan menampilkan pilihan login dengan Google, Facebook, atau dengan mengisikan alamat email, username, nomor telepon, dan lainnya. Jika sudah dilengkapi, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Setujui Terms and Conditions

Setelah kamu berhasil login, klik Get Started, kamu harus terlebih dahulu membaca dan menyetujui terms and conditions yang dipaparkan. Jika sudah membaca dan paham, kamu bisa langsung klik kotak di samping pernyataan “I have read and agree to the terms and conditions.” Setelah itu, klik tombol Continue.

3. Masukkan Link RSS Feed

Di tahap ini, kamu diminta untuk memasukkan link RSS untuk podcast yang nantinya akan kamu tampilkan di Spotify, dengan cara mengetiknya secara manual di kolom yang sudah disediakan. Link ini bisa didapatkan dari podcast hosting service yang kamu gunakan. Podcast RSS feed adalah URL yang digunakan oleh Spotify untuk mendistribusikan informasi terbaru. Tanpa adanya RSS feed, update terkait episode podcast terbaru yang kamu unggah harus dilakukan secara manual. Setelah tahap ini selesai, silakan klik Next.

5. Verifikasi

Tahap selanjutnya, Spotify akan melakukan verifikasi kepemilikan akun, untuk memastikan bahwa kamu merupakan pemilik dari podcast yang akan di-upload. Caranya, dengan mengirimkan kode unik ke email yang sudah didaftarkan di tahap awal. Silakan cek kotak masuk email kamu, lalu masukkan kode uniknya.

5. Mengisi Detail Informasi Podcast

Setelah tahap verifikasi selesai dilakukan, kini saatnya untuk melengkapi detail tentang podcast-mu. Informasi-informasi yang akan diminta oleh Spotify antara lain tentang di negara mana podcast dibuat, bahasa yang digunakan, provider hosting yang digunakan, serta kategori podcast (utama dan tambahan, maksimal tiga sub-kategori). Isi informasi ini dengan teliti, dan pastikan jangan ada informasi yang salah. Jika sudah lengkap, kamu dapat meng-klik submit.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Untuk Pemula? Ini dia 5 Tips Mudah Untuk Memulai Karir Menjadi Youtuber

Setelah ini, kamu hanya tinggal menunggu beberapa hari sementara Spotify melakukan review terhadap podcast yang kamu daftarkan, sebelum menampilkannya ke calon pendengar. Itu dia langkah-langkah membuat podcast di Spotify. Gimana, mudah ‘kan? Jangan lupa siapkan topik pembahasan yang unik dan beda dari yang lain kalau kamu memutuskan ingin menjadi Podcaster.

Namun apabila kamu masih bingung bagaimana langkah menjadi podcaster profesional dari upload pertama hingga dapat monetisasi pertama, kamu bisa mengikuti program course “Memulai Karir Di Dunia Podcast”. Dalam kursus ini kamu akan mempelajari banyak hal dan seluk-beluk mengenai podcast serta cara pembuatannya bersama Rahmat Darmawan, Founder Podcast Campus, yang pastinya sudah expert di bidangnya. Selamat mencoba!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *