Tanggal:05 May 2024
(rawpixel.com)

Hal yang Harus diperhatikan Saat Melakukan Kolaborasi Antar Merek

Baca Juga : Definisi dan Manfaat Kolaborasi

Ada banyak cara untuk memulai pemasaran kolaboratif. Untuk membantu Anda memikirkan beberapa ide awal, kami telah mengumpulkan beberapa strategi favorit kami di bawah ini.

Pemasaran kemitraan

Pemasaran kemitraan adalah ketika dua merek membagi biaya untuk kampanye pemasaran yang saling menguntungkan. Ini bisa berupa iklan, pemasaran konten, hadiah, atau bahkan toko pop-up. Kuncinya adalah bahwa kedua merek memenuhi tujuan mereka dan membagi biaya apa pun yang masuk ke dalam kampanye.

Kemitraan ritel

Bagi banyak merek dengan produk fisik, kemitraan ritel hampir menjadi kebutuhan merekalah yang membawa produk Anda ke rantai nasional atau internasional seperti Whole Foods, Target, atau bahkan pasar online seperti Amazon atau Thrive Market. Singkatnya, kemitraan ritel dapat membawa produk Anda ke audiens yang sama sekali baru dan meningkatkan penjualan hampir secara instan.

Tetapi kemitraan ritel tidak harus berhenti pada perjanjian distribusi sederhana. Mereka dapat melangkah lebih jauh ke dalam produk eksklusif, pemasaran konten, atau bahkan kemitraan ritel-ritel. Jika Anda ingin contoh kemitraan ritel, pergi saja ke toko kelontong. Setiap produk yang bukan dari merek toko adalah bagian dari kemitraan ritel.

Iklan kooperatif

Iklan koperasi, alias iklan koperasi, hampir sama dengan pemasaran kemitraan. Perbedaan utama adalah bahwa iklan kooperatif difokuskan secara eksklusif pada periklanan, bukan pemasaran secara umum. Ini berarti bahwa pemasaran konten, hadiah Instagram, dll., Di luar meja.

Kolaborasi Instagram

Kolaborasi Instagram membawa pemasaran kolaboratif ke ‘gram. Ada beberapa jenis kolaborasi Instagram, seperti:

  • Instagram takeover: Satu merek mengambil alih Instagram merek lain untuk jangka waktu tertentu.
  • Giveaway: Beberapa merek mengadakan hadiah untuk beberapa produk mereka
  • Referrals and affiliate program: Satu merek mempromosikan produk lain dan menerima komisi ketika seseorang melakukan pembelian
  • Product shoutout: Satu merek membuat postingan yang menyertakan dan/atau menandai merek lain dan produknya
  • Join product releases: Dua atau lebih merek berkolaborasi pada suatu produk dan bersama-sama merilisnya

Instagram adalah bagian penting dari kotak alat pemasaran merek apa pun dan semua merek harus mempertimbangkan untuk menambahkan strategi ini ke gudang senjata mereka.

Brand partnership

Kemitraan merek adalah semua jenis upaya kolaboratif yang berfungsi untuk memenuhi tujuan merek mitra. Meskipun ini dapat berarti apa saja, mulai dari iklan bersama hingga kemitraan ritel, di sini kita akan menggunakannya untuk merujuk pada merek yang berkolaborasi dalam jangka panjang — sering kali pada suatu produk.

Baca Juga : Apa itu Partnership

Partnership email

Jika Anda siap terjun ke dunia periklanan kolaboratif, Anda harus mencairkan suasana. Dan cara apa yang lebih baik untuk melakukannya selain dengan email lama yang bagus?

Email kemitraan adalah kesempatan Anda untuk berhubungan dengan merek dan memberi tahu mereka mengapa Anda berdua akan menjadi tim yang hebat. Untuk melakukannya, Anda harus memiliki:

Pengantar: Jelaskan siapa Anda, dan mengapa Anda relevan dengan merek.

Pujian atau pengakuan: Beri tahu merek mengapa Anda memilihnya. Apa yang Anda sukai dari pekerjaan mereka? Adakah produk terbaru yang Anda sukai? Beri tahu mereka  semua orang suka pujian!

Sebuah permintaan: Ini adalah daging dan kentang dari email. Mengapa Anda menulis untuk merek ini? Apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk Anda? Stok produk Anda? Adakan giveaway? Berkolaborasi pada sepotong konten?

  • Tawaran: Jika mereka memenuhi permintaan Anda, apa yang akan Anda berikan sebagai balasannya? Apa untungnya bagi mereka?
  • Ajakan bertindak: Jika Anda berhasil menarik minat mereka, apa yang harus mereka lakukan sekarang? Beri tahu mereka cara menghubungi Anda. Sering kali merupakan ide yang baik untuk mengusulkan waktu untuk panggilan langsung di email awal Anda. Dibutuhkan pekerjaan perencanaan dari tangan mereka dan membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk hanya mengatakan ya dan muncul di Zoom pada saat Anda melamar.

Baca Juga : Apa itu Program Afiliasi?

Pemasaran rujukan

Pemasaran rujukan, kadang-kadang disebut pemasaran afiliasi, adalah ketika mitra merek Anda menghasilkan arahan yang ditargetkan untuk merek Anda melalui rujukan, biasanya dengan imbalan semacam komisi. Ini adalah cara yang hebat, sederhana, dan efektif untuk memanfaatkan pemasaran kolaboratif.

Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan program rujukan Anda, lalu memberikan tautan pelacakan unik dan alat promosi mereka sendiri kepada mitra merek Anda seperti spanduk, dll. Setelah itu, mereka dapat mulai mengirim pelanggan ke arah Anda.

Bagaimana Anda memilih untuk mengaturnya terserah Anda. Banyak merek memilih model rujukan CPA (biaya per akuisisi) di mana mitra dibayar per akuisisi (biasanya penjualan). Anda dapat mengaturnya sendiri atau bekerja melalui platform seperti Bagikan Penjualan.

Baca Juga : Apa itu Target Market?

Pemasaran konten kolaboratif

Pemasaran konten kolaboratif adalah saat Anda membuat dan berbagi konten bekerja sama dengan mitra merek strategis. Berikut adalah beberapa contoh dari apa yang kita bicarakan:

  • Posting tamu: mempublikasikan konten di blog mitra bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan prospek yang ditargetkan dan membangun otoritas Anda di ruang angkasa.
  • Kumpulan pakar : membuat konten dan menjangkau bisnis lain untuk mendapatkan penawaran adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan meningkatkan pangsa karya Anda.
  • Podcast :pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan merek serupa di podcast dan bagikan dengan kedua audiens Anda masing-masing untuk menggandakan jangkauan Anda.
  • Wawancara : undang tokoh kunci di merek mitra untuk wawancara dan publikasikan di blog Anda. Setelah itu, mereka dapat membagikannya dengan audiens mereka (eksposur gratis untuk blog Anda) atau bahkan mengundang Anda untuk wawancara sebagai balasannya.

Baca Juga : Kenali Business Model Canvas (BMC) Lebih Dekat!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *