Tanggal:23 July 2024
Cara berbisnis di Tiktok ternyata sangat mudah.

Sedang Naik Daun, Berikut 7 Cara Berbisnis di Tiktok

Tiktok menjadi media sosial yang patut diperhitungkan belakangan ini. Berbeda dengan media sosial lain, Tiktok tampil dengan konsep baru yaitu dengan menampilkan video-video pendek yang menarik. Video edukasi ataupun video hiburan bisa ditemukan di media sosial ini. Tercatat pada Oktober 2020, Tiktok berhasil mengumpulkan sebanyak 732 juta pengguna aktif bulanan. Sama seperti media sosial lain, Tiktok pun bisa dijadikan sebagai tempat berbisnis. Apalagi dengan jumlah pengguna yang fantastis itu tentunya bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu tersebut. Lalu, bagaimana caranya memulai bisnis di Tiktok? Berikut akan dijelaskan cara untuk berbisnis di Tiktok untukmu. Semoga membantu ya!

1. Buat Akun Bisnis di Tiktok

Cara berbisnis di Tiktok pertama adalah kamu harus memiliki akunnya dulu.
Cara berbisnis di Tiktok pertama adalah kamu harus memiliki akunnya dulu. Sumber: Cottonbro/Pexels

Cara berbisnis di Tiktok pertama adalah dengan membuat akun bisnisnya. Langkah awal, kamu bisa mengunduh aplikasi ini di App Store bagi pengguna Ios, dan di Google Play Store bagi pengguna Android. Setelah berhasil menginstall aplikasi Tiktok, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun dengan mengisi data-data bisnis seperti nama akun sesuai nama toko, email, dan sebagainya. Setelah berhasil terdaftar sebagai pengguna, segeralah mengalihkan akunmu menjadi akun bisnis. Ketika telah mengalihkan akun menjadi bisnis, kamu bisa memilih kategori bisnis yang sesuai. Lengkapi juga profil akun bisnismu tersebut dengan menambahkan foto brand atau bisnismu, bio lengkap mengenai bisnis yang kamu jalani, dan tak lupa untuk mencantumkan link jualanmu di e-commerce.

2. Buat Konten Video Menarik

Cara berbisnis di Tiktok dengan membuat konten menarik.
Cara berbisnis di Tiktok dengan membuat konten menarik. Sumber: Engin Akyurt/Pexels

Setelah berhasil melengkapi akunmu, kamu bisa mulai untuk memproduksi konten video tentang produk yang dijual. Kamu bisa mengemasnya dengan menarik dari berbagai angle yang berbeda. Usahakan konten videomu tersebut tidak membosankan untuk ditonton ya! Nah, ketika sedang membuat konten video ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang telah disediakan oleh Tiktok. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur seperti menambahkan musik, voice changer function, effect, filter, timer, dan beauty agar konten videomu tersebut semakin menarik! Sebelum mengunggahnya, jangan lupakan juga untuk mencantumkan caption ya. Kamu bisa memperkenalkan produk di videomu tersebut secara singkat, seperti nama produk, harga, dan tempat pembeliannya.

Baca Juga :

Cara Membuat Video Tiktok FYP, Yuk Coba Sekarang!

Kata Promosi Menarik Bisnis di Instagram

3. Ikuti Trends yang Sedang Booming

Cara berbisnis di Tiktok harus selalu mengikuti trend yang berkembang.
Cara berbisnis di Tiktok harus selalu mengikuti trend yang berkembang. Sumber: Cup of Couple/Pexels

Nah, cara berbisnis di Tiktok selanjutnya adalah untuk tidak ketinggalan trends yang sedang booming di Tiktok. Misalnya saja, saat itu sedang booming trend dalgona coffe, atau konsep video mengemas produk, kamu bisa memanfaatkan tren itu, nih. Tujuan membuat konten dengan mengikuti trend yang sedang booming di Tiktok ini dimaksudkan agar konten videomu tersebut juga ikut tertarik trend tersebut dan muncul di fyp orang lain. Kamu bisa memanfaatkan trend-trend yang sedang berkembang agar konten promosi produkmu cepat viral, dan cepat mendatangkan pembeli. Pilih lagu, konsep, atau filter yang sedang marak digunakan di kalangan pengguna Tiktok.

Baca Juga:

Apa Itu Viral Marketing

Cara Mengajak Kerjasama Bisnis

4. Jangan Lupa Gunakan Hashtag

Ketika menjalankan bisnis di Tiktok, jangan lupa untuk tambahkan hashtag.
Ketika menjalankan bisnis di Tiktok, jangan lupa untuk tambahkan hashtag. Sumber: Pixabay

Sebelum mengunggah konten videomu, jangan lupakan juga untuk mencantumkan hashtag. Penggunaan hashtag ini sangat penting bagi proses marketing produkmu tersebut karena dengan penggunaan hashtag, konten produk atau bisnismu mudah dikenal dan ditemukan oleh orang lain. Nah, untuk penggunaan hashtagnya, kamu bisa menggunakan beberapa hashtag yang sesuai dengan konten yang kamu buat. Misalkan kamu mempromosikan produk jilbab plisket, kamu bisa menggunakan hashtag #jilbabplisket #jilbab #jilbabmurah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan hashtag-hashtag yang sedang viral lainnya nih seperti #foryoupage #fyp.

5. Pasang Iklan

Cara berbisnis di Tiktok dengan memasang iklan.
Cara berbisnis di Tiktok dengan memasang iklan. Sumber: Pixabay

Nah, jika kamu masih belum buas dengan cara promosi produk yang itu-itu saja, maka sudah saatnya kamu untuk memanfaatkan fitur Ads yang disediakan oleh Tiktok. Tujuannya adalah agar konten videomu tersebut muncul dan dilihat oleh orang lain. Nah, di Tiktok sendiri terdapat beberapa jenis iklan yang bisa dipilih. Pertama, Pre-roll Ads adalah iklan yang akan muncul pertama kali ketika seorang pengguna membuka aplikasi Tiktok. Kedua, In-feed Ads adalah iklan video yang muncul ketika seorang pengguna sedang menggulir Tiktok. Jadi, di antara konten video yang sedang ditonton, akan terselip iklan-iklan video. Ketiga, Promoted Hashtag Challange yaitu video yang membuat penggunanya menggunakan suatu tanda pagar khusus. Terakhir, Branded Effects adalah filter efek khusu yang digunakan oleh kreator dengan menampilkan informasi khusus mengenai brand. Filter efek ini sedikit mirip dengan yang dimiliki Snapchat dan Instagram.

Baca Juga :

Ini Dia 8 Cara Beriklan Di Tiktok Ads Dengan Mudah, Yuk Simak!

Cara Memulai Bisnis Startup

6. Kolaborasi dengan Seleb Tiktok

Cara berbisnis di Tiktok adalah dengan mengajak kolaborasi tiktokers.
Cara berbisnis di Tiktok adalah dengan mengajak kolaborasi tiktokers. Sumber: Kaique Rocha/Pexels

Cara agar bisnis di Tiktok semakin meningkat adalah dengan kamu mengajak kolaborasi dengan seleb Tiktok. Ajakan kolaborasi ini dimaksudkan agar produk jualanmu tersebut makin dikenal, dan tentunya semakin meningkatkan penjualan. Apalagi seleb Tiktok tentunya memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut, bahkan tak jarang konten video mereka selalu muncul di fyp tanpa harus menambahkan sebuah hashtag. Nah, adanya kolaborasi ini tentunya akan menguntungkan bisnismu.

7. Atur Waktu Upload

Cara berbisnis di Tiktok dengan memperhatikan waktu upload.
Cara berbisnis di Tiktok dengan memperhatikan waktu upload. Sumber: KoolShooters/Pexels

Cara berbisnis di Tiktok terakhir adalah dengan mengatur jadwal waktu untuk mengunggah konten videomu dengan baik. Adanya pengaturan jadwal waktu tersebut dimaksudkan agar konten video yang telah kamu buat dapat dilihat oleh semua orang, dan tidak menjadi sia-sia. Oleh karena itu, dibutuhkan pengaturan waktu yang baik agar videomu bisa langsung viral. Pilih waktu yang sekiranya merupakan waktu orang-orang sedang beristirahat.

Baca Juga :

Cara Membuat Akun Tiktokshop Dengan Mudah

Cara Scale Up Bisnis

Nah, untuk mengetahui cara, serta tips dan trik mengambil konten yang menarik dan tak membuat penontonnya bosan, kamu bisa mempelajarinya di kelas kursus Kiat Menjadi Video Editor Menggunakan Smartphone yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kelas ini, kamu akan diajarkan kemampuan-kemampuan membuat video menarik hanya dari ponselmu. Dengan diberikannya diskon 50%, tentunya kamu akan menyesal banget kalau tidak mengikuti kelas kursus ini! Apalagi bisa untuk bekalmu membangun bisnis di Tiktok juga.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *