Tanggal:30 May 2024
cara menggunakan dropbox

Cara Menggunakan Dropbox dan Manfaatnya

Dokumen-dokumen berbentuk digital yang kamu miliki sangat rawan mengalami kerusakan. Tak hanya rusak karena masalah internal seperti virus, kesalahan juga dapat disebabkan akibat ulah pengguna. Ulah pengguna yang dimaksud adalah ketidaksengajaan dalam menghapus dokumen. Kesalahan-kesalahan tersebut baiknya dihindari. Apalagi terhadap dokumen-dokumen yang fatal keberadaannya.

Dalam upaya mencegah kejadian tersebut, kamu dapat membuat salinan-salinan untuk dokumen yang dirasa penting. Dalam kata lain, kamu harus melakukan backup. Backup dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti, membuat salinan langsung dalam laptop di lokasi penyimpanan yang berbeda, dan menyimpan salinan pada menggunakan bantuan alat lain seperti flashdisk dan DVD.

Akhir-akhir ini, lahir cara lain yang lebih efisien yang tidak menghabiskan memori laptop dan tanpa bantuan alat lain. Yap, cara backup dokumen dapat dilakukan secara online melalui platform bernama Dropbox. Penyimpanan dalam Dropbox sangat mudah dan dapat diakses kapan pun. Syarat utamanya hanya memiliki koneksi internet dan melakukan pendaftaran akun.

Bagaimana cara daftarnya? Seperti apa cara menggunakannya? Apa saja manfaatnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab secara lengkap dalam pembahasan di bawah ini. Baca hingga akhir, ya!

Baca juga : Cara Backup Data di Laptop

Apa itu Dropbox?

Dropbox adalah salah satu platform populer yang memfasilitasi penyimpanan dokumen secara online. Pendaftaran dan akses yang cukup mudah menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh platform ini. Pasalnya, ia dapat diakses secara online kapan pun dan di mana pun. Tak hanya itu, dengan menggunakannya kamu dapat menambah ruang penyimpanan laptopmu.

Dropbox dapat dibagikan dan diakses oleh orang lain tanpa harus mengirimkannya. Orang-orang yang mendapatkan akses dan tautan dokumen dapat mengunduh serta mengerjakannya secara langsung. Namun, kapasitas penyimpanannya hanya dibatasi sebesar 2 GB saja. Di luar itu, kamu harus berlangganan pada Dropbox jenis lain seperti Dropbox Plus agar mendapatkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Baca juga : Apa itu Bootcamp? Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Peran Pentingnya untuk Karier Kita

Manfaat Dropbox

dropbox

Ilustrasi Manfaat Dropbox (Source: pixabay)

Di luar manfaat Dropbox secara umum, ia juga mengantongi banyak manfaat lain yang harus kamu ketahui. Berikut adalah manfaat-manfaat yang dapat kamu rasakan saat mengunakannya.

1. Dapat Diakses Kapan pun

Dropbox beroperasi secara online menggunakan koneksi internet. Oleh karena itu, kamu akan dimanjakan dengan kemudahan menyimpan dokumen kapan pun dan di mana pun melalui perangkat digitalmu. 

2. Dapat Diakses secara Gratis

Berbeda dengan platform berbayar lainnya, kamu dapat menyimpan dokumen pentingmu secara gratis. Dropbox memberikan kapasitas penyimpanan gratis selamanya, namun dibatasi hanya sebesar 2 GB tiap akun. Perlu diingat, gratis yang dimaksud bukan trial atau percobaan yang dibatasi hari dan penggunaannya.

Baca Juga: Apa itu Merchant?

3. File Recovery

Berkat adanya Dropbox, kekhawatiran terhapusnya data-data penting menjadi minim. Hal tersebut karena Dropbox memiliki fitur pemulihan dokumen yang terhapus dalam kurun waktu 30 hari. Jadi, dokumen yang telah terhapus masih dapat dikembalikan jika belum melebihi batas waktu maksimal.

4. Berbagi Dokumen Tanpa Repot

Adanya fitur kolaborasi memudahkan orang-orang untuk melakukan transfer dokumen dengan cepat. Hanya dengan membagikan tautan, satu dokumen dapat diakses oleh lebih dari berpuluh-puluh orang. Sangat menakjubkan, bukan?

5. Dokumen Dijamin Aman

Dokumen dalam Dropbox dienkripsi dengan protokol 256-bit Standar Enkripsi Lanjutan (AES), yang ditetapkan oleh Badan Keamanan Nasional A.S. untuk menyimpan dokumen. File tersebut termasuk dalam kategori sangat rahasia. Oleh karena itu, keamanan dokumen yang tersimpan di dalamnya tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga : Apa Saja Sih Keunggulan & Kekurangan dari Produk Apple?

Cara Daftar Akun

cara menggunakan dropbox

Source: Halaman Pendaftaran Dropbox

Sebelum menggunakannya, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Langkah-langkah yang dapat kamu tempuh adalah sebagai berikut:

  1. Daftar akun melalui laman pendaftaran Dropbox
  2. Pilih menu SignUp dan isi seluruh data yang diminta
  3. Centang kotak ‘I agree to the Dropbox Terms’
  4. Tekan ‘SignUp’
  5. Kemudian verifikasi akun dengan menekan tombol ‘Verify’, ikuti prosesnya hingga selesai
  6. Pada menu pilihan paket, kamu dapat memilih sesuai kebutuhanmu. Jika kamu menginginkan akses gratis dengan kapasistas penyimpanan maksimal sebesar 2 GB, pilih opsi ‘Continue with  GB Dropbox Basic Plan’. Pilihan tersebut terletak di tengah bagian bawah
  7. Setelah memilih paket, kamu akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi Dropbox
  8. Setelah berhasil terunduh, langkah selanjutnya adalah instalasi
  9. Jika berhasil terinstall, Dropbox akan terbuka dengan tampilan awal bertuliskan “Well done! Dropbox Installed”
  10. Pilih folder mana yang akan dihubungkan ke Dropbox, kemudian tekan ‘Set Up’. Hilangkan centang pada seluruh dokumen ketika kamu hanya ingin menghubungkannya saja.
  11. Pilih opsi ‘Continue with Basic’
  12. Tunggu hingga proses selesai dan tekan opsi ‘Go to Dropbox
  13. Ketika muncul notifikasi reminder, tekan ‘OK’

Baca juga : Cara Simpel Daftar Traveloka Eats untuk Merchant & Driver

Cara Menggunakan Dropbox

Setelah mengunduh, menginstal, dan memiliki akun, hal lain yang perlu kamu pahami adalah cara menggunakannya. Cara penggunaan Dropbox terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan drag dokumen yang ingin dipindahkan pada direktori Dropbox. Hal sebaliknya dapat dilakukan saat ingin memindahkan file Dropbox ke laptop atau PC. Selain itu, kamu juga dapat mengunggahnya secara langsung melalui website dengan memilih menu ‘upload files’.

Selain memindah dan mengunggah dokumen, kamu juga dapat membagikannya kepada orang lain. Caranya adalah dengan menekan tombol ‘Share’ lalu tulis alamat email kolaborator. Jenis akses dokumen yang kamu berikan dapat dibatasi dalam menu yang telah disediakan. Selain itu, kamu juga dapat membuat tautan untuk jalan akses pada siapa pun yang memiliki tautan tersebut.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Dropbox. Kini kamu sudah memahami definisi, manfaat, cara mendaftar, dan menggunakannya. Maksimalkan fitur dan kecanggihan yang tersedia dalam Dropbox untuk menunjang aktivitasmu. Pilih dan gunakan paket yang tersedia sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

Baca juga : Apa itu Fiverr? Berikut Cara Menggunakannya

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *