Tanggal:03 May 2024

Apa itu Fiverr? Berikut Cara Menggunakannya

Dahulu, mencari informasi terkait pekerjaan merupakan hal yang cukup sulit. Para calon pekerja mendapatkan informasi melalui koran dan majalah. Bahkan, mereka harus mengantarkan surat lamarannya dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk mencoba peruntungannya.

Namun, hal tersebut sudah semakin pudar semenjak lahirnya teknologi digital. Banyak informasi terkait pekerjaan yang mudah diakses dan didapatkan. Bahkan, akan ada tawaran yang datang silih berganti hanya dengan mengunggah CV dan portofolio saja. Menarik, bukan?

Selain kemudahan di atas, terdapat tren baru yang lahir akibat adanya kecanggihan teknologi digital. Tren yang muncul atas fenomena di atas bernama freelancer. Freelancer atau pekerja lepas adalah seseorang yang bekerja tanpa harus datang ke kantor. Jadi, kamu bisa mengerjakannya di mana saja dan dalam keadaan apa pun.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengunjungi marketplace bernama Fiverr. Melalui Fiverr, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang bertujuan sama meski dengan kemampuan berbeda. Platform ini menawarkan kemudahan kepada para freelancer dan perusahaan untuk melakukan proses rekrut.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai pengertian Fiverr, cara kerja, dan cara menggunakannya. Simak artikel ini hingga akhir, ya!

Baca juga: Apa itu Marketplace? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Mengenal Apa itu Fiverr

fiverr adalah

Ilustrasi Market Place (Source: pixabay)

Fiverr adalah platform online berjenis marketplace yang memberikan kemudahan bagi para freelancer agar mendapatkan penghasilan. Platform ini berpeluang sangat besar karena penggunanya berasal dari seluruh penjuru dunia.

Berdasarkan latar belakang para pengguna yang berasal dari belahan bumi yang berbeda, jasa yang ditawarkan hanya dalam bentuk digital. Sehingga, freelancer bebas menjualnya ke perusahaan mana pun dan kapan pun.

Aktivitas dalam Fiverr berkaitan dengan proses perekrutan, perjanjian kontrak, pemutusan, negosiasi, hingga hal-hal lain yang berhubungan antara perusahaan dan pekerja lepas. 

Baca juga : Rekomendasi Situs Kerja Remote untuk Profesional

Jasa Digital yang Dijual dalam Fiverr

Pekerjaan fiverr

Ilustrasi Pekerjaan Digital Fiverr (Source: pixabay)

Kategori layanan digital yang dapat dijual dalam Fiverr adalah sebagai berikut:

  • Digital Marketing
  • Data
  • Business
  • Video and Animation
  • Music and Audio
  • Programming
  • Graphic and Design
  • Writing and Translation

Berdasarkan beberapa kategori di atas, terdapat layanan-layanan yang paling banyak dicari di dalamnya. Layanan-layanan tersebut adalah seperti di bawah ini.

  • Website Content
  • Presentation Design
  • Video Editing
  • Web Application
  • 3D Modeling
  • Short Video Ads
  • Graphic, dan lain-lain.

Baca juga : Ingin Gaji Besar tapi Kerja Santai? Ini Beberapa Pekerjaannya!

Cara Kerja Fiverr

Sebelum mengetahui cara mendaftar dan menggunakan Fiverr, kamu harus tahu sistem operasionalnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu mampu memanfaatkan layanan ini secara maksimal dan tepat.

Cara kerja Fiverr adalah mengikuti keinginan pembeli. Pembeli diharuskan untuk memilih, memesan, dan melakukan pembayaran “gig” kepada penjual. “gig” dibandrol sesuai keinginan dari penjualnya dan biasanya berbentuk paket. Setelah proses pembayaran selesai, penjual akan memprosesnya selama kurang lebih 1-2 hari. Namun, durasi tersebut bisa semakin panjang apabila jasa yang dibuat memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Ketika pesanan selesai dan akan dilepas oleh platform kepada penjual, Fiverr akan memotong biaya layanan sebesar 20% dari harga yang dipasang. Jadi, penjual hanya akan mendapatkan dana sebesar 80%. Oleh karena itu, penjual harus mematok harga yang ditawarkan dengan mempertimbangkan kerumitan dan potongan layanan.

Baca juga : Rekomendasi Freelance Jakarta, Auto Nambah Penghasilan!

Cara Menggunakan Fiverr

Cara bergabung dan menggunakan platform ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu membuat akun, melengkapi profil,  menentukan gig, dan memasang harga di dalamnya. Selengkapnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Membuat akun

Langkah pertama yang dapat kamu tempuh adalah membuat akun. Caranya adalah dengan mengunjungi situs Fiverr dan pilih menu “Buat Akun”. Saat membuatnya, hal yang perlu disiapkan adalah email dan kata sandi aktif. Kamu juga bisa menghubungkannya langsung dengan akun Facebook atau Google milikmu. Setelah itu, verifikasi akun melalui pesan yang dikirimkan ke alamat email.

2. Melengkapi profil

Setelah pembuatan akun berhasil, langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah melengkapi profil. Kelengkapan profil akan mempengaruhi tingkat kredibilitas akun. Semakin lengkap profil, semakin besar juga rasa percaya yang dimiliki oleh calon pembeli. Identitas yang harus kamu bubuhkan di dalamnya adalah foto profil, deskripsi diri, skill, riwayat pendidikan, bahasa, dan informasi tambahan lainnya.

3. Membuat gig baru

Gig dibuat untuk menampilkan jasa yang kamu tawarkan. Caranya adalah dengan menekan menu “Selling” dan pilih opsi “gig”. Setelah itu, pilih menu “Create New Gig” untuk mulai penjualan pertamamu.

4. Menciptakan overview gig

Setelah membuat gig, kamu juga harus membubuhkan keterangan. Keterangan-keterangan yang harus kamu isi adalah judul gig, kategori, dan tag pencarian yang relevan.

5. Menentukan harga

Dulu, harga layanan dipukul rata secara seragam sebesar lima dolar. Kini, penjual dibebaskan untuk membandrol harga sesuai keinginannya. Namun, penentuannya tidak boleh sembarangan dan harus berlandaskan pada tiga pilihan paket. Ketiga paket yang ditawarkan berjenis Dasar, Standar, dan Premium. Semakin lengkap paket, semakin tinggi pula harga jualnya.

6. Menambahkan deskripsi gig

Deskripsi jasa merupakan hal penting dalam Fiverr. Melalui hal tersebut, pembeli dengan mudah mengetahui apa produk yang dijual dan manfaatnya. Umumnya deskripsi yang harus dituliskan memiliki panjang sekitar 120 hingga 1200 huruf.

7. Menentukan persyaratan

Selain deskripsi, persyaratan juga menjadi hal penting lain dalam proses jual beli ini. Kamu dapat menuliskan berbagai persyaratan untuk calon pembeli pada menu “Requirements”.

8. Menambahkan katalog atau galeri

Guna menarik dan meyakinkan pembeli, gambar adalah hal yang harus ditambahkan dalam gig. Dengan adanya gambar, calon pembeli akan mendapatkan gambaran mengenai produk yang akan kamu hasilkan. Perlu diingat, gambar yang disisipkan harus relevan dengan jasa.

9. Publikasi layanan

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah publikasi. Setelah akun dan seluruh elemen gig lengkap, kamu bisa mulai menjualnya. Calon pembeli akan mulai melihat jasa yang kamu tawarkan. Oleh karena itu, kamu harus siap dan melayaninya kapan pun.

Akhirnya telah sampai pada penghujung artikel. Tentu kamu telah memahami Fiverr dan cara penggunaannya dengan baik. Jika kamu tertarik, jangan lupa menerapkan langkah-langkah di atas, ya! Selamat mencoba dan semoga sukses!

Baca juga : Perbedaan Freelancer dengan Fulltimer beserta Contohnya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *