Tanggal:25 May 2024
menghilangkan iklan di hp

8 Cara Menghilangkan Iklan di HP Kamu!

Kalau kamu tiba-tiba melihat iklan di HP pasti kamu terasa terganggu, bukan? Untuk itu, kamu perlu mencari cara menghilangkan iklan di HP kesayanganmu. Tidak bisa dipungkiri, bahwa aplikasi untuk menghilangkan iklan yang kamu download justru mendatangkan masalah baru.

Selain mengganggu, iklan di HP yang muncul tiba-tiba juga berisi malware yang dapat membahayakan keamanan HP kamu. Untuk itu, Vocasia memiliki beberapa tips tentang cara menghilangkan iklan di HP kamu tanpa aplikasi sekaligus menggunakan aplikasi dengan aman dan efektif. Dibaca sampai habis, ya!

Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi

Ilustrasi Menghilangkan Iklan di HP (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan iklan muncul di HP kamu, termasuk malware dan virus. Iklan yang muncul di telepon, setidaknya secara tiba-tiba, adalah iklan sistem tentang pemberitahuan dan aplikasi default. Ada beberapa cara untuk memblokir iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di HP kamu tanpa aplikasi, sebagai berikut:

1. Manfaatkan Security Settings

Ilustrasi Security Settings (Sumber: Freepik.com)

Ketakutan terbesar tentang iklan di HP adalah intrusi virus atau malware dari aplikasi berbahaya. Beberapa iklan di HP dapat mengelabui pengguna agar menginstal aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi tersebut memiliki rating yang buruk di Play Store dan tidak dibutuhkan oleh pengguna.

Untuk mencegah HP kamu menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, kamu dapat memblokir akses untuk menginstal aplikasi dari luar Play Store melalui menu Security di Settings. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings. Lalu masuk ke menu Security dan masuk ke Privacy. Setelah itu, kamu bisa pilih untuk tidak mengizinkan HP menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal (Unknown Sources).

2. Mengaktifkan Fitur Play Protect

Google Play Protect dapat melindungi HP kamu dari aplikasi dengan iklan berbahaya. Kamu dapat menghilangkan iklan di Android dengan mengaktifkan fitur ini. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  • Buka aplikasi Google Play Store 
  • Klik ikon profil kamu di pojok kanan atas
  • Pilih Play Protect dan klik Settings
  • Aktifkan pemindaian aplikasi atau Scan Apps di Play Protect

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Menghilangkan Embun Di Kamera HP?

3. Bayar Biaya Langganan Aplikasi

Seperti yang kamu ketahui, sebagian besar aplikasi Android menayangkan iklan untuk menghasilkan pendapatan dari pengguna. Ini adalah cara paling populer pengembang aplikasi untuk menghasilkan uang. Pendapatan iklan digunakan untuk biaya operasional pengembang, pengembangan aplikasi, dan keuntungan.

Sebagian besar pengembang menawarkan kemampuan untuk menghapus iklan di perangkat seluler dengan membayar biaya berlangganan. Sistem berlangganan memungkinkan perusahaan memperoleh keuntungan bulanan atau tahunan dari pengguna yang tidak ingin melihat iklan di HP mereka. Pendapatan pengembang juga lebih stabil daripada menawarkan program pembelian.

Beberapa aplikasi sekarang menawarkan skema beli putus. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu harus membayar terlebih dahulu. Namun, sebagian besar aplikasi semacam itu jarang mendapatkan update konten, jadi akan terasa membosankan setelah jangka waktu yang lama.

4. Matikan Jaringan Wifi atau Seluler

Cara selanjutnya untuk menghilangkan iklan di HP kamu adalah dengan mematikan jaringan seluler atau WiFi kamu. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan iklan dari aplikasi yang juga bisa digunakan secara offline.

Saat menampilkan iklan, aplikasi mengunduh tema dari web terlebih dahulu. Jika konektivitas internet terputus, aplikasi tidak akan dapat mengunduh materi iklan. Aplikasi dan game offline dapat berjalan tanpa koneksi internet. Cara ini juga sangat efektif untuk mencegah HP kamu terinfeksi malware atau menginstal aplikasi tanpa sumber yang jelas.

Untuk game, kamu bisa mencoba trik menghilangkan iklan di HP ini. Hampir semua iklan seluler dimuat secara dinamis dari web, dan pastinya HP kamu harus online untuk menampilkan iklan. Jika game yang kamu mainkan dapat dibuka secara offline, cukup menutup akses internet akan menghapus iklan di HP kamu.

Kamu dapat dengan mudah memasukkan HP ke mode pesawat saat memulai permainan. Setelah kamu melakukan ini, sebagian besar iklan banner akan hilang dan iklan video tidak akan muncul lagi. Placeholder iklan mungkin masih muncul, tetapi ini hanya area kecil. Selain mode pesawat, kamu juga dapat mematikan koneksi internet dan menghapus iklan di HP kamu. 

5. Pengaturan Browser Google Chrome

Aktivitas Internet menggunakan Google Chrome akan menampilkan berbagai jenis iklan. Beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka telah mengunjungi situs web yang menampilkan iklan yang mengganggu. Untuk menghilangkan iklan di Google Chrome ada dua metode yang dapat kamu lakukan, yaitu:

Metode 1

  • Pertama, buka aplikasi Google Chrome dan pilih titik tiga di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih Setting, cari dan klik opsi “Pop-up dan redirects”.
  • Kemudian pilih toggle sehingga tampilan menjadi abu-abu dan iklan pop-up pun terblokir. 

Metode 2

  • Jika kamu mendapatkan iklan dari google chrome karena telah mengunjungi halaman atau situs tertentu, kamu dapat menghapus iklan tersebut dengan menghapus history atau riwayat pencairan. Menghapus riwayat pencarian, kamu akan menghentikan iklan yang muncul di Google Chrome. 

Adapun cara menghapus riwayat pencairan di Google Chrome sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Chrome dan klik tiga titik di pojok kanan atas.
  • Kemudian gulir ke bawah hingga kamu menemukan history.
  • Klik history untuk menghapus data penjelajahan kamu.

Baca Juga: Cara Menabung Untuk Beli HP Impian

Cara Menghilangkan Iklan di HP Menggunakan Aplikasi

Ilustrasi Menghilangkan Iklan di HP (Sumber: Freepik.com)

Untuk mengetahui cara menghilangkan iklan di HP dengan aplikasi yang tiba-tiba muncul, kamu perlu mengikuti langkah dan petunjuk di bawah ini. Nantinya, kamu bisa menghilangkan iklan di HP yang berbeda dari Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo hingga Advan.

1. Gunakan Aplikasi Adclear

Opsi selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi bernama AdClear. AdClear sendiri merupakan aplikasi dengan fungsi pemblokiran iklan saat browsing atau menggunakan aplikasi lain yang mungkin berpotensi disisipi iklan. Cara menggunakan aplikasi Adclear adalah:

  • Unduh dan buka aplikasi AdClear.
  • Konfigurasikan AdClear pada browser terkait.
  • Selesai. Semua iklan diblokir.

2. Aktifkan Aplikasi Adblock

Saat berselancar di dunia maya, iklan biasanya sering muncul tiba-tiba. Ada beberapa aplikasi atau ekstensi yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini. Adblock adalah salah satu cara terbaik untuk memblokir iklan saat pengguna menjelajahi internet dengan browser Chrome. Untuk menggunakannya, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka browser Chrome.
  • Kunjungi situs AdBlock di alamat situs https://getadblock.com/
  • Klik tombol biru GET ADBLOCK NOW di tengah halaman situs.
  • Halaman instalasi ekstensi browser yang sesuai ditampilkan.
  • Klik tombol Tambahkan ke Chrome untuk menambahkan ekstensi ke browser Chrome kamu.
  • Klik tanda berhenti berwarna merah.
  • Centang kotak untuk opsi dan pengaturan yang kamu inginkan dan simpan pengaturan tersebut.

3. Pakai Aplikasi Adguard

Adguard merupakan aplikasi yang dapat melindungi HP Android kamu dari iklan. Aplikasi ini juga akan melakukan pemindaian pada setiap aplikasi yang terinstal dan terindikasi mengandung bahaya. Aplikasi ini memiliki interface modern dan desain yang simpel. Untuk menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu ikuti langkah di bawah ini.

  • Download dan install aplikasi Adguard.
  • Klik ikon daya untuk memulai fitur pemblokiran iklan.
  • Periksa semua konfigurasi di aplikasi.
  • Iklan-iklan diblokir secara otomatis.

Kamu dapat menemukan versi Adguard di Play Store, tetapi untuk mendapatkan versi lengkapnya, kunjungi situs web Adguard (https://adguard.com/en/adguard-android/overview.html) dan download secara gratis. Beli dan instal versi lengkap untuk memblokir iklan di HP kamu. Kamu juga dapat mengelola sejauh mana setiap aplikasi memblokir iklan dan menyetel filter untuk memberi kamu kendali penuh atas pemblokiran iklan di perangkat kamu.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan Listrik PLN Dengan Mudah Lewat Handphone

Demikianlah penjelasan Vocasia tentang cara menghilangkan iklan di HP kamu baik tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu!

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *