Tanggal:21 February 2024

7 Cara Menjadi Idol K-Pop

Cara menjadi idol K-Pop agar terkenal bagaimana, ya? Perkembangan K-Pop telah tumbuh menjadi subkultur yang menyebar luas di berbagai belahan dunia. K-Pop adalah singkatan dari Korean Pop yang merupakan aliran budaya genre musik yang berasal dari Negeri Gingseng. Selain itu, ia juga identik dengan sekelompok boyband ataupun girlband yang multitalenta. Hal ini sering kita dengar dengan istilah ‘halyu’.

Banyak orang yang tertarik dengan Idol K-Pop, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, serta orang tua sekalipun. Bagaimana tidak? Kini industri hiburan K-Pop terus berkembang pesat dari masa ke masa. Industri ini bisa menciptakan idol baru hampir setiap tahunnya.

Fenomena ini booming di kalangan masyarakat. Seorang Idol K-Pop wajib mempunyai penampilan, wajah, suara, dan talenta yang baik. Namun, keberhasilan dunia K-Pop ini tidak semata-mata hanya ditentukan oleh artisnya saja, ya. Ada juga agensi yang turut andil di dalamnya.

Sebelum idol yang dikenal oleh masyarakat, mereka terlebih dahulu menjalani masa training. Tujuan utamanya supaya melatih para calon idol dalam mengasah talentanya agar lebih sempurna. Calon idol akan diberikan pelatihan khusus dalam olah vokal, menari, dan lainnya yang dilaksanakan dalam rentang waktu yang tidak singkat. Selama proses ini, idol akan dinaungi langsung oleh agensi. Idol dituntut untuk memiliki fisik yang ideal. Semua ini mereka lakukan demi memperoleh kesuksesan kariernya.

Para idol K-Pop pun dapat berinteraksi dengan penggemarnya di seluruh negara melalui via media sosial tanpa harus bertemu langsung. Bahkan, para penggemar juga dapat mengetahui kegiatan yang dilakukan idolanya. Adanya media sosial sangat mendukung sang idol untuk memperkenalkan diri ke khalayak luas dan menjadi terkenal. Sehingga, media sosial dapat dijadikan sebagai ajang promosi bagi pihak agensi untuk mempromosikan idol dan karyanya.

Lantas, bagaimana cara menjadi idol K-Pop supaya populer? Yuk, simak ulasannya dari Vocasia berikut ini!

Alasan Penggemar Menyukai Idol K-Pop

Girlband K-Pop (Instagram)

Layaknya sebuah stimuli dan respon, kemunculan K-Pop yang fantastis tersebut tentu saja berbuntut pada kemunculan penggemar yang sangat mengidolakan K-Pop. Seorang idola memiliki pengaruh tersendiri kepada setiap penggemarnya. Ada beragam alasan seseorang menyukai idolanya, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menemukan ideal self

Mengidolakan seseorang adalah cara individu untuk menemukan jati diri. Idola yang dilihat pada layar kaca merupakan sosok yang terlihat sempurna. Dengan kata lain, sosok idola bakal menjadi ideal self untuk individu tersebut. Karena seorang idola biasanya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh individu tersebut maupun orang lain di sekitarnya.

2. Menemukan sosok impian

Seorang idola tentu selalu menampilkan paras rupawan seperti tampan, cantik, ramah, dan multitalenta. Sehingga, tak heran bila mereka dikagumi oleh banyak orang. Kemampuan tersebut membuat para pengemarnya sangat menyukai mereka.

3. Berkeingin menjadi seperti sang idola

Kelebihan idola yang mengagumkan membuat individu membandingkan antara dirinya sendiri dengan idola tersebut. Misalnya ketika sang idola mahir bermain musik, maka individu menginginkan untuk bisa terampil sedemikian rupa. Karena secara tidak sadar, seseorang ingin disukai oleh banyak orang seperti idolanya.

Cara Menjadi Idol K-Pop

Ilustrasi Idol K-Pop Menari (Pixebay)

Tidaklah mudah untuk menjadi sosok Idol K-Pop karena banyak orang yang juga menginginkannya. Bagi kamu yang ingin menjadi seperti mereka, Vocasia akan memberikan berbagai cara yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Menyiapkan koreografi

Proses audisi akan meminta kamu untuk melakukan koreografi menari. Kamu bisa pilih lagu populer dan ciptakan koreografi sesuai karyamu sendiri. Di sinilah kamu akan diuji apakah bisa menunjukkan kreativitas atau tidak. Jika kamu bisa melakukan koreografi yang menarik, biasanya hal tersebut akan menjadi ciri khas tersendiri setelah resmi menjadi grup K-Pop.

2. Mengikuti audisi sebanyak mungkin

Ketika wabah pandemi Covid-19 menyerang, banyak agensi K-Pop yang melakukan audisi secara online. Nah, untuk itu kamu bisa mengunjungi semua situs website perusahaan agensi dengan memperhatikan kapan audisi akan digelar. Sebagian besar dunia entertainment memposting jadwal audisi di situs resmi mereka yang tersebar di media sosial. Jadi, kamu bisa melakukan persiapakan yang matang. Kamu dapat mengikuti lebih dari satu audisi agar memiliki peluang yang banyak.

3. Latihan dengan rutin

Meskipun belum resmi menjadi seorang idol, kamu harus tetap mengasah kemampuanmu dengan latihan secara rutin. Dengan sering berlatih, skill-mu pasti kian meningkat setiap harinya. Tak hanya itu saja, latihan setiap hari juga bisa jadi simulasi agar ketika jadi trainee kamu tidak kaget dengan sistem latihan yang begitu padat. Kamu bisa mencoba latihan setiap hari sambil lihat practice video idol kesayangan yang pastinya akan mambuat dirimu termotivasi!

Baca juga: 9 Idol K-Pop dengan Visual Paling Cantik 2022 Menurut Ranker

4. Menunjukkan ketertarikan lain terhadap Korea

Setiap negara pasti akan lebih senang jika mempekerjakan orang asing yang bisa mencintai negara tersebut seperti negaranya sendiri. Kamu bisa menunjukkan ketertarikan lain terhadap Korea selain K-Pop, seperti bahasa, kebudayaan, dan sejarahnya. Artinya, kamu telah menunjukkan rasa hormat kepada semua orang di negara tersebut.

Jadi, jika kamu punya pengetahuan luas lebih tentang Korea, jangan sampai lupa untuk mengatakannya pada bagian perkenalan di video audisi. Penjelasan yang baik dan tertata akan menunjukkan betapa antusiasnya kamu untuk mengikuti audisi tersebut.

5. Berpakaian menarik dan rapi

Hal utama yang akan dilihat oleh dewan juri adalah penampilan. Pastikan kamu memakai atribut yang sesuai dengan standar audisi. Audisi ini sama seperti interview kerja. Korea merupakan negara yang memiliki nilai kesopanan yang tinggi. Jadi, jangan berfikir untuk berpakaian sembarangan ketika merekam video audisi. Pilihlah pakaian yang semi formal, tetapi tetap sopan dan bagus dilihat.

6. Perkenalkan dirimu menggunakan minimal 2 bahasa

Kebanyakan yang berhasil debut jadi idol dari audisi, mereka setidaknya mampu berbicara dengan 2 bahasa dengan lancar. Misalnya bahasa Indonesia dan Inggris, Indonesia dan Korea, atau ketiganya yakni Indonesia, Inggris, dan Korea. Mengingat kepopuleran K-Pop di seluruh dunia, tentu saja agensi Korea akan lebih melirik mereka yang bisa berbahasa selain bahasa negara asal. Bahkan, kalau bisa seorang idol mampu menguasai bahasa dari negara yang memiliki peminat Kpop terbanyak, seperti Cina, Jepang, Thailand, Inggris, dan Amerika.

7. Mempunyai mental dan fisik yang kuat

Salah satu kunci sukses menjadi idol K-Pop adalah punya mental dan fisik yang sangat kuat. Kamu harus selalu ada di kondisi prima dan sehat. Kondisi mental juga penting, lho. Kamu harus siap “tahan banting” dalam menghadapi persaingan ketat saat mengikuti audisi. Karena persaingan di dunia entertainment Korea Selatan tidak main-main!


Itulah seputar cara menjadi idol K-Pop. Jadi, semua pengorbanan idol K-Pop tidak diperoleh dengan cara yang instan. Banyak pengorbanan yang dilalui hingga bisa sukses seperti sekarang. Tak perlu heran jika idol K-Pop mampu membawakan budayanya dengan penampilan yang luar biasa serta banyak digemari oleh masyarakat.

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *