Tanggal:18 May 2024

Suka Makeup? Berikut 8 Cara Menjadi MUA Sukses

Setiap orang pasti ingin menunjukkan tampilan terbaiknya di momen-momen penting, seperti wisuda, pernikahan atau menghadiri acara bergengsi. Salah satu caranya adalah menggunakan riasan atau makeup.

Sayangnya, makeup merupakan sebuah skill yang tidak semua orang miliki. Mayoritas orang-orang hanya memiliki kemampuan makeup sederhana untuk sehari-hari. Maka dari itu, peran makeup artist sangat dibutuhkan untuk mewujudkan penampilan terbaik yang diharapkan orang-orang di acara pentingnya.

Makeup artist merupakan orang yang bekerja sebagai perias wajah. Tak hanya bertugas merias untuk acara seperti wisuda, pernikahan, pemotretan model, peragaan busana, make up artist juga dibutuhkan untuk produksi teater hingga produksi film seperti untuk melakukan special effects makeup atau SFX makeup.

Maka dari itu, kata ‘artist’ dalam MUA memiliki arti seniman. Jadi, makeup artist merupakan seniman dengan alat berupa makeup.

Perlu diketahui bahwa pekerjaan makeup artist bukan hanya dapat dilakukan oleh perempuan tetapi juga dapat dilakukan oleh laki-laki. Di Indonesia sendiri sudah banyak makeup artist yang kariernya melesat hingga ke kancah internasional, diantaranya seperti Ryan Ogilvy, Archangela Chelsea, Bubah Alfian, Albert Kurniawan, dan Rama Jee.

Kalau kamu memiliki hobi makeup, kamu bisa mengasah hobi kamu untuk menjadi peluang karier yang bagus. Berikut cara yang bisa kamu terapkan untuk menjadi makeup artist (MUA) sukses:

1. Belajar Alat dan Langkah Dasar Makeup

Untuk menjadi seorang MUA, kamu harus memahami fungsi alat dan langkah dasar makeup karena itu merupakan “alat tempur” seorang MUA. MUA harus mengetahui tipe kulit klien, pemilihan warna sesuai dengan warna kulit klien, jenis makeup, alat makeup dan cara pemakaiannya, teknik pengaplikasian produk, serta urutan penggunaan produk.

Kamu bisa mulai untuk mengenali alat makeup sesuai dengan fungsinya. Seperti brush untuk bedak, blush on, highlighter, contour, dan lainnya. Lalu, untuk langkah dasar makeup, kamu harus mengetahui urutan penggunaan produk hingga bagaimana cara mengaplikasikan contour dan blush on sesuai dengan bentuk wajah.

2. Berinvestasi Pada Alat Makeup Secara Perlahan

Investasi alat makeup untuk MUA (freepik)

Untuk merias klien kamu tentu membutuhkan alat makeup yang mendukung pekerjaan kamu sebagai makeup artist. Namun, peralatan makeup sangat banyak mulai dari jenis hingga fungsi yang berbeda. Dari local brand sampai high end brand memiliki harga yang beragam.

Apabila kamu langsung membeli alat makeup, tentunya kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, kamu cukup membeli alat makeup secara perlahan yaitu dengan cara dicicil. Mulai dari yang penting terlebih dahulu seperti membeli base makeup, kemudian membeli pallete contour dan seterusnya sampai alat makeup yang kamu butuhkan lengkap.

Dalam berinvestasi alat makeup, kamu harus memerhatikan keamanan produk. Pastikan produk yang kamu beli aman dan tidak menimbulkan alergi untuk klien kamu.

Baca Juga | 7 Alat Make Up Yang Kamu Harus Bawa Saat Bepergian, Apa Aja Ya?

3. Berlatih secara konsisten

Kamu pasti pernah mendengar pepatah “practice makes perfect”. Berlatih merupakan kunci cara untuk menjadi makeup artist sukses. Berlatih dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan kamu untuk merias wajah klien. Kamu dapat mengakses platform YouTube, Instagram atau TikTok karena banyak beauty content creator atau MUA yang membagikan tips atau video tutorial makeup.

Kunci dari keberhasilan adalah konsisten. Kamu harus memiliki komitmen untuk mengasah kemampuan kamu seperti menetapkan target dalam satu minggu kamu belajar satu teknik makeup baru.

4. Buat Portofolio di Media Sosial

Abadikan hasil makeup untuk portofolio (freepik)

Setelah selesai merias wajah klien atau model, kamu perlu mengabadikannya sebagai portofolio kamu. Abadikan hasil kerja kamu baik melalui foto maupun video dan unggah ke media sosial kamu. Portofolio perlu dibuat oleh MUA untuk meyakinkan klien sebelum mereka menggunakan jasa kamu. Klien dapat mencocokkan hasil riasan kamu dengan preferensi yang mereka miliki.

5. Minta Teman untuk Menjadi Model

Jadikan teman sebagai model (freepik)

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang terdekatmu untuk menjadi model. Kamu bisa melakukan cara ini apabila kamu merupakan MUA pemula atau kamu ingin mencoba hal baru dengan bereksperimen merias wajah orang yang memiliki jenis kulit atau tipe kulit yang beragam.

6. Bereksperimen dan Tentukan Ciri Khas Kamu

Jangan takut untuk mencoba. Menjadi seorang MUA kamu harus berani untuk bereksperimen. Contohnya, seperti mencoba teknik makeup yang baru. Melalui eksperimen tersebut, kamu dapat menentukan ciri khas dari riasan kamu, misalnya bold makeup atau flawless makeup.

7. Terbuka dengan Saran dan Kritik

Saran dan kritik tentu dibutuhkan oleh MUA sebagai evaluasi untuk meningkatkan kemampuan yang kamu miliki. Maka dari itu, dengarkan saran maupun kritik dari orang lain terutama klien atau rekan sesama MUA dengan terbuka sehingga kamu tahu hal yang perlu kamu perbaiki atau  hal yang perlu kamu kembangkan dalam merias.

8. Mulai Tentukan Harga

Kamu bisa mulai menentukan harga atau memasang tarif ketika kamu sudah siap menawarkan jasa kamu sebagai MUA. Kamu harus bijak dalam menentukan tarif berdasarkan produk yang kamu pakai dan makeup apa yang diinginkan klien karena makeup untuk acara ulang tahun dengan acara pernikahan tentu memerlukan produk dan teknik yang berbeda. Agar dapat menjaring klien, maksimalkan potensi media sosial yang kamu miliki untuk promosi.

Baca juga | 6 Cara Promosi Jasa Make Up, Cocok Untuk Pemula!

Bagi kamu yang ingin menjadi makeup artist profesional, tidak ada salahnya jika kamu berinvestasi untuk mengasah kemampuan kamu untuk menjadi MUA dengan mengikuti kursus atau kelas make up online seperti kursus Beauty and Elegance with makeupbyanggia: Kupas Tuntas Teknik Dasar Dalam Merias Wajah yang bisa kamu ikuti di Vocasia.

Tidak hanya dapat mengetahui fungsi dari alat-alat makeup, melalui kursus tersebut kamu bahkan mendapat kemampuan untuk memilih tampilan makeup yang lebih sesuai dengan inner beauty yang dimiliki tiap orang. Yuk, akses sekarang dan kembangkan kemampuan kamu!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *